7 Model Anting Emas Populer di Indonesia

Cara Mengecek Perbedaan Anting Emas Palsu dan Anting Emas Asli. Bisa Kamu Lakukan Sendiri!

Anting emas merupakan perhiasan yang terbuat dari emas dan tambahan beberapa bahan logam lainnya, tetapi tidak merusak nilai anting itu sendiri. Dalam dunia perhiasan, terdapat beberapa jenis kadar emas di setiap perhiasan baik kalung, cincin, gelang atau pun anting. Biasanya, dibedakan berdasarkan kandungan yang terdapat pada perhiasan itu sendiri, mulai dari 17 karat hingga 24 karat. 

Pembeda tersebut sering dijadikan acuan seseorang dalam membeli perhiasan, semakin tinggi tingkat karat yang terdapat pada perhiasan maka harganya akan semakin mahal. Sebab dalam pengertiannya menyebutkan bahwa persentase karat dalam perhiasan menggambarkan seberapa banyak kandungan emas tersebut. Misalnya anting emas 17 karat memiliki arti bahwa anting tersebut mengandung emas sebesar kurang lebih 75 persen dan lain sebagainya.

Dalam dunia perhiasan terutama emas, kita sering menjumpai berbagai macam masalah seperti emas palsu atau imitasi yang sangat meresahkan masyarakat. Terkadang perhiasan palsu tersebut sering disalahgunakan untuk kejahatan penipuan dan berdampak pada kerugian materi yang cukup besar.

Pentingnya pengecekan terlebih dahulu saat kamu memutuskan membeli anting emas atau perhiasan lainnya. Apalagi, jika akan kamu jadikan sebagai kado pernikahan, mas kawin atau instrumen investasi jangka panjang.

Membedakan anting emas asli dari yang palsu bisa sulit karena teknologi untuk membuat logam palsu semakin canggih. Namun, ada beberapa cara yang bisa membantu kamu membedakan anting emas asli dan palsu. Berikut ulasannya!

1. Penandaan Kualitas

Penanda emas
Foto: invaluable.com

Emas asli memiliki penandaan yang menunjukkan kadar emasnya. Biasanya, emas asli memiliki cap atau stempel yang menunjukkan karatnya, misalnya, “750” untuk emas 18 karat, “585” untuk emas 14 karat, atau “999” untuk emas murni (24 karat). Pastikan untuk memeriksa penandaan ini.

Tidak jauh berbeda dengan pengecekan anting emas asli dan palsu, namun hanya saja cap atau bukti stempel terletak pada sertifikat atau bukti suratnya. Pengecekan ini bisa kamu lakukan ketika membeli perhiasan langsung ke toko untuk persiapan pernikahan atau tunangan.

Mengecek penanda kualitas emas cukup penting, sebab hal ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan jika kamu membeli emas dari pihak ke 2. Jangan terima jika emas yang kamu beli tidak memiliki penanda kualitas yang jelas sebab akan merugikan kamu di kemudian hari.

2. Harga

Jika kamu merasa ragu atas kepemilikan anting, salah satu cara yang dapat menjadi dasar pembuktian adalah dengan cara mengecek harganya. Biasanya terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara anting emas asli dan anting emas palsu. 

Emas asli memiliki nilai pasar yang tinggi. Jika harga anting terlalu murah atau tidak sesuai dengan standar pasar, maka mungkin itu adalah emas palsu. Namun, ini bukan metode yang pasti, karena ada emas palsu cenderung sangat mirip dengan emas asli. Jika kamu ragu dengan cara ini, kamu bisa melakukan pengecekan lain yang lebih tepat dan cepat.

3. Uji Magnetik

anting emas rose gold
Anting emas Leona GWD0008 – V&Co Jewellery

Tidak hanya itu saja, cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengecek keaslian emas adalah dengan menggunakan metode pengecekan magnet. Karena anting emas palsu merupakan barang imitasi yang terbuat bukan dari logam murni, maka dapat terlihat dengan uji magnetik.

Emas asli tidak reaktif terhadap magnet. Gunakan magnet kecil untuk melihat apakah anting-anting tersebut terpaku pada magnet. Jika iya, kemungkinan besar itu adalah palsu.

4. Uji Uap Air

Kemudian cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek anting asli atau palsu adalah dengan menguji ketahanan air. Biasanya cara ini sering dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Karena sifat emas yang terbuat dari logam mulia, jika terkena air yang cukup lama hal tersebut tidak akan berpengaruh sedikitpun baik dari tampilan hingga kualitas. Berbeda dengan anting emas palsu.

Emas asli biasanya tahan terhadap air dan tidak akan berkarat atau berubah warna saat terkena air dalam jangka waktu cukup lama. Berbeda dengan emas palsu, ia bisa berkarat atau mengalami perubahan warna yang cukup signifikan jika terkena air.

5. Tes Asam Nitrat

anting Widya GWH0117
Anting Widya GWH0117 – V&Co Jewellery

Tes asam nitrat dapat digunakan oleh profesional untuk memeriksa apakah anting emas asli. Namun, ini bukan metode yang disarankan untuk dicoba sendiri karena melibatkan bahan kimia berbahaya.

Cara ini cukup dianjurkan jika kamu merasa tidak yakin dengan anting emas yang kamu miliki. Menguji keaslian anting emas dengan tes asam nitrat tidak jauh berbeda dengan tes ketahanan air namun terdapat sedikit perbedaan seperti tentang hasil yang didapatkan. Tes asam nitrat cukup akurat dan cepat daripada tes ketahanan air.

6. Uji Spesifik Gravitas

Emas memiliki berat jenis yang khas. kamu dapat mengukurnya dengan menggunakan peralatan yang disebut piknometer, tetapi ini memerlukan pengetahuan dan peralatan khusus.

7. Pemeriksaan oleh Ahli

Gold earrings Stasia GWH0095
Gold earrings Stasia GWH0095 – V&Co Jewellery

Jika kamu tidak yakin, sebaiknya minta bantuan dari ahli perhiasan atau gemologi. Mereka memiliki peralatan dan pengetahuan untuk memeriksa keaslian anting-anting emas dengan akurat. Metode ini mungkin terlihat terlalu berlebihan, namun bagi sebagian orang dengan melakukan pengecekan melalui ahli di bidangnya hal tersebut cukup sesuai karena sebanding dengan harga perhiasan yang ia miliki.

Para kolektor yang memiliki berbagai perhiasan emas sering melakukan keaslian dengan bantuan ahli. Hal tersebut adalah hal yang wajib, sebab mereka menganggap bahwa emas merupakan salah satu bentuk investasi yang tidak pernah gagal.

8. Periksa Kualitas Permukaan

Walaupun secara kasat mata emas asli dan palsu tidak bisa kita bedakan secara spesifik, maka untuk mengetahui bahwa itu asli atau palsu adalah dengan cara melakukan pengecekan kualitas permukaan. Emas murni umumnya memiliki tekstur yang halus dan bersinar, sedangkan emas palsu cenderung memiliki permukaan yang kasar atau terlihat “murahan”.

9. Uji Goresan

Velda DEP000030
Earrings Velda DEP000030 – V&Co Jewellery

Emas asli adalah logam yang relatif lunak. Kamu bisa mencoba menggores anting dengan benda tumpul. Jika itu mudah tergores, itu mungkin bukan emas asli. Cara ini sering dilakukan oleh beberapa orang yang berani melakukannya. Sebab cara menggoreskan emas ke benda tumpul bagi sebagian orang cukup merugikan karena kadar atau keaslian akan berkurang. Tetapi cara ini perlu kamu lakukan jika dalam keadaan tertentu untuk mengetahui apakah emas tersebut asli atau palsu. Sehingga kamu tak tertipu!

Selalu pastikan untuk membeli emas dari penjual yang terpercaya dan meminta sertifikat keaslian jika memungkinkan. Jika kamu ragu tentang keaslian anting-anting emas, lebih baik berkonsultasi dengan ahli.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek anting emas asli atau palsu. Namun sebelum membeli emas dalam bentuk apapun, perlunya kehati-hatian yang serius sebab sebagai orang awam emas asli atau palsu tidak bisa dibedakan secara jelas.Jika kamu merasa ragu membeli perhiasan, saatnya hilangkan semua keraguan itu dengan cara membeli perhiasan di V&Co Jewellery. Kamu bisa melihat perhiasan secara langsung melalui website resminya. Tunggu apa lagi, saatnya beli perhiasan tanpa ragu di vncojewellery.com.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *