Sebagian besar orang menyimpan emas di bank dan sebagian kecil masih menyimpan emas di rumah dengan berbagai alasan.

Berinvestasi emas memang tidak pernah kekurangan peminatnya.  Namun, amankah menyimpan emas di rumah?

Memiliki brankas atau safe deposit box di rumah merupakan salah satu tempat yang bagus untuk dijadikan tempat menyimpan emas atau dokumen-dokumen berharga lainnya. Hanya saja, kamu tidak bisa langsung membeli safe deposit box apa pun yang ada di toko tanpa memperhatikan detail tertentu.

Berikut adalah 7 tips memilih safe deposit box untuk menyimpan emas:

  1. Tingkat Ketebalan

Safe deposit box dibuat dengan menggunakan jenis bahan yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhannya.Tentunya, safe deposit box yang dipergunakan untuk menyimpan emas menggunakan bahan yang tebal dan kokoh dan juga memiliki harga yang relatif tinggi.

  1. Fireproof

Menyimpan emas di safe deposit box pribadi tentunya rentan dengan berbagai risiko yang menyertai tempat atau lokasi penyimpanannya. Rumah memiliki tingkat resiko kebakaran yang jauh lebih tinggi dibandingkan bank.

Selain memiliki titik picu api seperti dapur yang terdapat risiko kebakaran juga bisa muncul dari sumber listrik yang tersebar di penjuru rumah dan dapat menyebabkan korsleting. Sebaiknya kamu bertanya kepada penjual mengenai jangka waktu brankas atau safe deposit box berhadapan dengan api, karena kebanyakan brankas hanya bisa bertahan selama beberapa jam saja.

  1. Waterproof

Tidak hanya jam tangan yang bisa tahan air, beberapa merek safe deposit box juga ada yang waterproof. Tipe safe deposit box ini dibuat selain kokoh untuk menyimpan emas juga cocok bagi area-area yang tidak atau kurang aman terhadap air atau banjir.

  1. Alarm Security

Pastikan safe deposit box tempat kamu menyimpan emas memiliki alarm keamanan.Menyimpan emas dalam rumah merupakan pilihan yang sangat berisiko.

Melengkapi safe deposit box dengan alarm security dimana jika da keadaan yang tidak semestinya terjadi, data peringatan akan membunyikan sirene atau berita ke nomor telpon tertentu yang sudah kamu program.

  1. Mekanisme Magnetic Lockdan Finger Print

Selain alarm, pastikan safe deposit box dilengkapi juga dengan sensor magnet yang mendeteksi apakah pintu dalam keadaan terbuka atau tertutup.

Keamanan berupa finger print atau sidik jari untuk mengunci atau membuka safe deposit box kamu juga lebih disarankan. Kamu pasti tidak mau kalau tempat menyimpan emas dan dokumen-dokumen berharga kamu diotak-atik oleh orang lain, terlebih para pencuri, bukan?

  1. Built-in Box

Melihat kenyataan bahwa tidak ada brankas yang 100% aman atau tidak bisa dibongkar. Pilihan safe deposit box untuk menyimpan emas sebaiknya bukan tipe yang bisa kamu geser-geser sesuka hati.Lebih disarankan untuk kamu memilih yang paling sulit untuk dibongkar oleh para pencuri. Kotak yang built-in akan lebih sulit dan lama prosesnya untuk dibongkar karena lebih banyak menggunakan baja dan semen dalam pe ngaplikasiannya.

  1. Sertifikasi

Pastikan safe deposit box tempat menyimpan emas memiliki sertifikasi terhadap paten atau kualitasnya. Hal ini penting karena itu menandakan safe deposit box kamu sudah teruji.

Berpikirlah layaknya para pencuri. Menyimpan emas dalam rumah mungkin bukan lagi pilihan aman bagi kamu yang paranoid atau tinggal dalam lingkungan yang kurang baik, tapi kalau kamu bisa mengupayakan lokasi-lokasi yang sulit dipikirkan oleh mereka, tentunya kamu akan jauh lebih tenang, bukan?

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin