Venue yang Cocok untuk Dekorasi Pernikahan Jawa

Venue yang Cocok untuk Dekorasi Pernikahan Jawa

Dekorasi pernikahan Jawa menjadi salah satu tema pernikahan adat yang banyak dipilih di Indonesia. Hal ini mungkin dipengaruhi dengan banyaknya populasi suku Jawa di nusantara.

Di tengah menjamurnya tema pernikahan modern yang simpel, dekorasi pernikahan Jawa sepertinya tetap menjadi yang terfavorit. Sama seperti tema pernikahan adat lainnya, tema pernikahan Jawa juga mengandung aneka ritual yang harus dijalani dengan baik secara urut dan tidak boleh terlewat satupun, baik bagi kedua calon pengantin maupun keluarga besarnya.

Dekorasi pernikahan Jawa yang selalu terlihat mewah juga menghadirkan suasana sakral yang penuh filosofi. Oleh karena itu, sebaiknya tidak boleh sembarangan memilih venue atau tempat pernikahan.

Pilihan Venue untuk Dekorasi Pernikahan Jawa

Ada 4 venue yang dapat dipilih bagi kamu yang ingin melangsungkan resepsi dengan dekorasi dengan adat pernikahan Jawa. Masing-masing venue tentunya memiliki keunggulannya tersendiri. Yuk, cek 4 venue yang cocok untuk dekorasi pernikahan Jawa impianmu di bawah ini:

  1. Rumah

Menggelar resepsi di rumah tentunya memiliki banyak keuntungan. Salah satu keuntungannya, kedua mempelai tidak perlu repot-repot merogoh kocek terlalu dalam untuk biaya penyewaan gedung. Dekorasi pernikahan Jawa yang diinginkan juga dapat dengan mudah diwujudkan sesuai kemauan.

Namun, perlu dilihat dulu ukuran dan lokasi rumah yang akan digunakan sebagai tempat resepsi. Apakah memang memiliki luas yang sesuai atau justru menjadi lebih sempit ketika dekorasi pernikahan diaplikasikan.

Jika rumah yang digunakan memiliki desain yang minimalis, sebaiknya gunakan dekorasi pernikahan yang simpel, tetapi tidak menghilangkan unsur keJawaannya.

  1. Taman atau Ruang Terbuka

Bagi generasi milenial, menikah di area terbuka atau taman tampaknya menjadi salah satu tema pernikahan yang diidam-idamkan. Hal ini banyak dipengaruhi oleh budaya pop modern yang berasal dari film, serial, komik, dan novel dari luar negeri. Pernikahan di taman dinilai lebih romantis dan lebih bermakna.

Dekorasi pernikahan Jawa juga dapat diterapkan di venue luar ruangan. Bila area yang digunakan luas, kamu dapat mendekorasinya dengan berbagai ornamen pernikahan Jawa yang lengkap. Untuk menggelar resepsi di area terbuka, sebaiknya perhatikan pula kondisi cuaca agar tidak mengganggu jalannya acara.

  1. Gedung Serbaguna

Venue gedung serbaguna menjadi pilihan yang paling tepat untuk menggelar pernikahan dengan tema adat dari berbagai daerah manapun, termasuk dekorasi pernikahan adat Jawa. Tata ruangan gedung serbaguna biasanya memang sudah didesain untuk acara-acara tertentu, seperti pesta pernikahan.

Gelaran resepsi di gedung serbaguna tentunya sangat memudahkan calon pengantin, karena proses pemasangan dekorasinya langsung dikerjakan oleh tim vendor wedding organizer atau tim pemilik persewaan peralatan dekorasi.

Bagi calon pengantin yang ingin praktis tanpa banyak terlibat di hal-hal teknis semacam ini, gedung serbaguna menjadi venue yang tepat untuk menggelar acara resepsi pernikahan impian.

  1. Restoran

Untuk calon pengantin yang menginginkan pernikahan sederhana dengan undangan terbatas, tetapi tetap ingin menggunakan dekorasi pernikahan Jawa, restoran dengan tema Jawa dapat menjadi pertimbangan yang tepat.

Saat ini, khususnya di kota-kota besar, sudah banyak berdiri restoran yang menawarkan paket pernikahan komplit. Mulai dari dekorasi hingga konsumsi tersedia lengkap tanpa perlu mengambil dari tempat lain.

Tidak hanya restoran bertema Jawa saja, restoran-restoran modern juga kini mampu menyulap tempat mereka menjadi venue resepsi dengan dekorasi pernikahan Jawa yang lengkap.

Namun, terkadang karena keterbatasan tempat, tamu yang dapat diundang oleh pengantin dan keluarga juga terbatas. Meskipun demikian, atmosfir Jawa yang kental dan kuat dapat diciptakan secara sempurna oleh tim manajemen restoran.

Buat kamu yang akan menikah dalam waktu dekat dan sudah memilih dekorasi pernikahan dengan adat Jawa sebagai temanya, kira-kira apakah akan menggunakan salah satu venue di atas?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *