cara mengetahui ukuran cincin pasangan

10 Cara Mengetahui Lingkar Jari Pasangan Tanpa Bertanya Langsung

Mau kasih surprise lamaran untuk pasangan, tapi bingung gimana cara mengetahui lingkar jari si doi tanpa bertanya langsung? Nih, kami berikan tips dan triknya! Yuk, kepoin cara selengkapnya dalam artikel ini!

Salah satu hal yang harus dilakukan sebelum menikah adalah melakukan lamaran. Ada yang memilih prosesi lamaran bersama keluarga besar, namun ada juga yang lebih suka melamar pasangan secara langsung dan privat sebelum melangsungkan acara lamaran bersama keluarga.

Pilihan kedua, banyak dilakukan oleh pasangan karena terasa lebih privat dan bermakna untuk kedua belah pihak. Hal ini juga yang membuat pihak laki-laki kebingungan mencari cara mengetahui lingkar jari pasangan tanpa bertanya secara langsung karena ingin menjadikan lamaran tersebut sebagai kejutan.

Tenang aja, kamu bisa mengikuti 10 cara mengetahui lingkar jari pasangan tanpa perlu bertanya atau mengukurnya secara langsung, loh. Cara ini juga bisa kamu aplikasikan untuk jari orang lain seperti orang tua, teman, atau saudara yang ingin kamu beri hadiah berupa cincin. 

1. Minta pasangan mencoba cincin

cara mengukur lingkar jari
Cincin Berlian Solitaire – V&Co Jewellerry

Cara mengetahui lingkar jari pasangan yang pertama adalah dengan memintanya untuk mencoba cincin. Namun, kamu harus pintar-pintar membuat skenario agar pasangan tidak merasa curiga dengan permintaan ini.

Misalnya saja kamu meminta bantuan teman yang memakai cincin, kemudian kamu bisa meminta teman ini untuk membuat pasanganmu mencoba memakai cincinnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui ukuran cincin pasangan apakah lebih besar atau lebih kecil daripada ukuran cincin temanmu. Pastikan kamu meminta pasangan untuk mencoba cincin di jari manis, ya. Karena cincin tunangan dan cincin pernikahan akan dipakai di jari tersebut.

2. Meminjam cincin pasangan

Kamu akan lebih mudah mengetahui ukuran cincin pasangan jika pasanganmu sering menggunakan cincin. Kamu cukup meminjam cincin pada pasangan lalu bisa bawa ke toko perhiasan secara langsung dan pilih cincin dengan ukuran yang sama. Pastikan cincin yang kamu pinjam dikenakan di jari manis.

Namun jika kamu tidak ingin ketahuan meminjam cincin, kamu bisa diam-diam mengambil cincin pasangan lalu gambarkan cincinnya di selembar kertas. Caranya, gambar ukuran dalam dan luar cincin dengan pena pada kertas. Usahakan buat garis sedekat mungkin dengan sisi cincin agar ukuran yang didapatkan bisa akurat ya. Setelah itu kamu bisa mengembalikan cincin pasangan ke tempat semula.

3. Pakai cincin pasangan

Engagement ring
Cincin berlian V&Co Jewellery

Cara mengetahui lingkar jari pasangan yang selanjutnya adalah dengan mencoba cincin pasangan pada jarimu sendiri. Kamu bisa menggunakannya di jari kelingkingmu, lalu tandai bagian di mana cincin terletak.

Selanjutnya kamu bisa langsung ke toko perhiasan dan minta bantuan untuk mengetahui ukuran cincin pasangan. Kamu juga bisa mengukurnya sendiri dengan menggunakan pita meteran. Jika tidak memiliki pita meteran, kamu bisa memanfaatkan benang atau kertas yang dililitkan pada jari. Setelah itu, tandai titik temu benang atau kertas dengan pena. Selanjutnya, bentangkan kertas atau benang lalu ukur panjangnya. Taraa, kamu sudah berhasil mendapatkan lingkar jari pasangan.

4. Gambar telapak tangan pasangan

Kamu juga bisa mengetahui ukuran cincin dengan menggambar telapak tangan mereka pada selembar kertas, loh. Agar pasangan tidak curiga, kamu bisa membuat permainan di mana kamu dan pasangan menggambar telapak tangan masing-masing. Gambar telapak tangan sedekat mungkin dengan garis kulit agar ukuran cincin tidak terlalu besar nantinya.

5. Dari berat badan dan tinggi badan

tabel ukuran cincin

Percaya nggak kalau salah satu cara mengetahui lingkar jari pasangan adalah dari berat dan tinggi badan? Ternyata, ukuran tubuh juga mempengaruhi ukuran jari, loh. Semakin besar berat dan tinggi badannya, maka akan semakin besar pula ukuran jarinya.

Biar kamu nggak bingung, akan kami berikan sedikit panduan untuk memilih cincin dari berat dan tinggi badan. Wanita dengan berat badan di bawah 50 kg biasanya ukuran cincinnya adalah 4-6 atau cincin dengan diameter 14,8-16,5 mm. Untuk wanita dengan berat badan 50-60 kg juga bisa menggunakan ukuran cincin yang sama dengan yang memiliki berat badan di bawah 50 kg. 

Akan tetapi, kamu perlu mempertimbangkan juga apakah tinggi badan pasangan termasuk standar, di atas rata-rata, atau di bawah rata-rata. Hal ini tentu akan mempengaruhi ukuran jari pasangan. Jika pasangan memiliki postur tinggi dan ramping, kemungkinan bisa menggunakan cincin dengan ukuran lebih kecil. Namun jika tubuh pasangan berisi, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih cincin dengan ukuran yang lebih besar.

Selanjutnya wanita dengan berat badan 60-70 kg dapat memakai cincin dengan ukuran 6-7 atau cincin berdiameter 16,5-17,4 mm. Wanita dengan berat badan 70-80 kg bisa menggunakan cincin berukuran 7-9 dengan diameter 17,4-18,9 mm. Dan untuk wanita dengan berat badan di atas 80 kg, bisa pilihkan cincin berukuran 9-11 atau cincin dengan diameter 18,9-20,7 mm.

6. Minta bantuan keluarga

cara mengetahui lingkar jari
Koleksi perhiasan berlian – V&Co Jewellery

Coba cara mengetahui lingkar jari pasangan tanpa terlibat secara langsung dengan meminta bantuan kepada salah satu anggota keluarga pasangan. Kamu bisa meminta tolong keluarga untuk mengajak pasangan ke toko perhiasan. Bisa berpura-pura untuk membeli perhiasan sambil meminta pasangan melihat-lihat perhiasan lain.

Selanjutnya, keluarga juga bisa meminta pasangan kamu untuk mencoba beberapa cincin. Selanjutnya, pastikan keluarga ini bisa mendapatkan informasi ukuran cincin pasangan yang tepat.

Dengan mencoba cara mengetahui lingkar jari ini, kamu tidak hanya mengetahui ukuran cincin pasangan saja, tapi juga mengetahui model cincin yang disukai oleh pasangan, loh.

7. Ukur jari pasangan saat terlelap

Untuk mendapatkan ukuran cincin yang akurat memang harus mengukur di jarinya secara langsung. Kamu bisa melakukan cara mengetahui lingkar jari ketika pasangan sedang tertidur. Pastikan kamu memiliki pita meteran agar bisa mengetahui ukurannya dengan lebih tepat. Pemakaian pita meteran juga lebih aman karena mudah dan cepat dipakai, sehingga tidak beresiko membangunkan pasangan dan merusak rencanamu.

8. Bawa teman dengan postur yang sama seperti pasangan ke toko perhiasan

V&Co Jewellery
Gerai V&Co Jewellery

Cara ini hampir sama dengan cara nomor 5, namun kamu bisa mengetahui ukuran cincin dengan lebih tepat. Kamu bisa mengajak teman atau saudara ke toko perhiasan yang memiliki berat, tinggi, dan postur yang mirip dengan pasangan. Dengan begitu kamu bisa meminta mereka untuk mencoba beberapa cincin hingga menemukan ukuran yang tepat.

9. Bawa foto pasangan

Percaya nggak kalau orang yang sudah bekerja di industri perhiasan dalam waktu yang cukup lama bisa mengetahui ukuran cincin hanya melihat foto jarinya saja? Cara mengetahui lingkar jari ini memang terkesan mustahil, akan tetapi pada kenyataanya kamu bisa melakukan cara ini karena biasanya di toko perhiasan selalu ada ahli yang bisa mengetahui ukuran jari seseorang melalui foto atau gambar. Gak percaya? Cobain aja dan buktikan sendiri!

10. Bertanya ke keluarga pasangan

Ini adalah cara mengetahui lingkar jari pasangan yang paling mudah, yaitu dengan bertanya kepada keluarganya. Jika pasangan kamu memang suka perhiasan, dapat dipastikan bahwa ia juga membahas perhiasan dengan orang tua atau saudaranya. Biasanya orang tua juga akan mengetahui ukuran cincin anaknya sendiri.

Itu dia 10 cara mengetahui lingkar jari pasangan tanpa perlu bertanya secara langsung. Mana cara yang ingin kamu coba? Semoga cara dan tips ini bisa membantu, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *