cara mengukur lingkar jari

Cara Mengetahui Ukuran Cincin di Jari Berdasarkan Berat Badan, Memang Bisa?

Salah satu hal yang penting ketika ingin membeli cincin adalah mengetahui ukuran jari, agar cincin yang kamu beli tidak kebesaran atau kekecilan. Hal ini tentu mudah jika kamu ingin beli cincin untuk diri sendiri dan bisa mengukur jari sendiri. Akan tetapi, bagaimana caranya mengetahui ukuran jari orang lain ketika kamu ingin membelikan cincin sebagai hadiah

Tak usah bingung, karena kamu bisa mengestimasi ukuran jari seseorang melalui berat badannya. Simak cara mengetahui ukuran cincin di jari dari berat badan yang akan kami bahas selengkapnya di bawah!

Ukuran Cincin

Ukuran cincin untuk pria dan wanita tentu berbeda, mengingat ukuran tubuh jari yang berbeda pula. Ada banyak pilihan ukuran cincin seperti yang bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:

Untuk mempermudah pemilihan cincin, kamu bisa mengikuti ukuran lingkar jari rata-rata orang Indonesia. Seperti misalnya rata-rata lingkar jadi wanita Indonesia adalah 12 dengan diameter 16 mm. Sementara itu untuk laki-laki, biasanya pada ukuran 17 dengan diameter 17,9 mm.

Cara Mengukur Cincin

White Gold with diamond
White Gold with diamond Ring – V&Co Jewellery

Mengukur lingkar jari bisa kamu lakukan di toko perhiasan atau mengukur sendiri di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, kamu bisa mendatangi toko perhiasan di mana mereka biasanya akan menyediakan ring sizer. Alat ini berupa logam berbentuk cincin dengan berbagai ukuran yang bisa kamu pakai dan coba sebagai salah satu cara mengetahui ukuran cincin di jari tanganmu.

Tidak punya waktu untuk mendatangi toko perhiasan dan mengukur langsung? Atau ingin beli cincin via online saja? Tenang, kamu juga bisa kok mengukur cincin sendiri.

Untuk mengukur cincin di rumah bisa kamu lakukan dengan menggunakan pita meteran dan melingkarkannya pada jari yang diinginkan, kemudian tuliskan hasil ukurannya. Jika tidak memiliki pita meteran, kamu bisa menggunakan benang atau kertas. 

Caranya, lingkaran pada jari, lalu tandai ujung kertas dengan pena. Pastikan untuk tidak melingkarkan benang atau kertas dengan ketat atau terlalu longgar agar bisa mendapatkan ukuran yang akurat. Setelah itu, kamu bisa bentangkan kertas dan benang di atas penggaris untuk mengetahui ukurannya.

Kamu juga tidak perlu melakukan pengukuran jari lagi jika ada cincin lama yang masih muat untuk dipakai. Jadi kamu hanya perlu membawa cincin tersebut ke toko perhiasan dan meminta cincin dengan ukuran yang sama. 

Cara ini tentu lebih mudah jika kamu ingin membelikan cincin untuk seseorang tanpa bertanya langsung mengenai ukuran cincin mereka. Kamu cukup meminjamnya dan membawanya ke toko perhiasan kepercayaanmu.

Sedikit tips mengenai cara mengetahui ukuran cincin di jari, sebaiknya kamu mengukur jari di pagi atau menjelang siang hari. Kamu juga bisa melakukannya di sore hari. Hal ini karena jari sedang berada dalam keadaan normal. Pastikan juga kamu mengukur lebih dari satu kali untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan pas.

Cara Mengetahui Ukuran Cincin di Jari Berdasarkan Berat Badan

Cincin berlian
Cincin berlian – V&Co Jewellery

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengetahui lingkar jari berdasarkan berat badan, loh. Hal ini tentunya lebih memudahkan kamu yang ingin membelikan cincin untuk pasangan tanpa bertanya ukuran jarinya. Pastikan kamu juga mengetahui tinggi badan pasangan agar ukuran cincin yang diinginkan bisa lebih tepat.

Cara mengetahui ukuran cincin di jari berdasarkan berat badan ini mungkin terdengar asing dan tidak masuk akal, ya? Begini logikanya, ukuran jari dipengaruhi dari berat badan. Semakin tinggi bobot kamu, maka semakin tebal pula jemari kamu. Inilah mengapa kamu bisa mengetahui ukuran cincin dari berat badan. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan bentuk jari agar ukuran cincinnya bisa lebih pas.

Apakah cara mengetahui ukuran cincin di jari dengan berat dan tinggi badan bisa mendapatkan hasil yang akurat? Kamu belum tentu akan mendapatkan hasil yang tepat, akan tetapi kamu bisa mendapatkan gambaran ukuran secara garis besarnya. Hal ini karena ukuran dan postur tubuh seseorang juga bisa mempengaruhi ukuran jari mereka, jadi kamu bisa mengetahui ukuran cincin dari berat badan dan tinggi badan mereka.

Berikut panduan cara mengetahui ukuran cincin di jari berdasarkan berat badan yang bisa kamu coba:

tabel ukuran cincin

 

  • Berat badan di bawah 50 kg

Untuk wanita berbadan kurus, biasanya ukuran cincinnya sekitar 4-6 dengan diameter 14,8-16,5 mm. Sedangkan untuk pria yang memiliki berat badan di bawah rata-rata dengan tubuh tinggi sendiri ukuran cincinnya sekitar 7-10 dengan diameter 17,4-19,8 mm. Tapi bisa juga ukurannya lebih kecil atau lebih besar daripada itu, tergantung tinggi badannya.

  • Berat badan 50-60 kg

Untuk berat badan wanita sekitar 50-60 kg sendiri juga bisa menggunakan cincin ukuran 4-6 (diameter 14,8-16,5 mm) jika memiliki bentuk jari yang ramping. Namun jika jarinya berukuran lebih besar atau gemuk, kamu bisa memilih cincin dengan ukuran yang lebih besar pula agar tidak terlalu sempit saat digunakan.

  • Berat badan 60-70 kg

Cara mengetahui ukuran cincin di jari wanita dengan berat badan 60-70 kg adalah dengan memilih cincin ukuran 6 atau 7. Ukuran cincin berdiameter 16,5-17,4 mm ini akan pas dipakai jika sang wanita memiliki tubuh yang proporsional dengan tubuh langsing dan tinggi rata-rata. Namun jika sang wanita memiliki berat badan 60-70 dengan tubuh pendek, maka ukuran cincin yang dibutuhkan juga lebih besar karena dapat dipastikan ukuran jarinya juga lebih besar. Kamu juga bisa memilih cincin dengan ukuran yang lebih kecil jika sang wanita memiliki tinggi badan diatas rata-rata karena pasti jarinya lebih ramping.

  • Berat badan 70-80 kg

Wanita dengan berat badan 70-80 kg biasanya memiliki ukuran tulang yang lebih besar pula. Ukuran cincin yang pas untuk berat badan ini sekitar 7-9 yang berdiameter 17,4-18,9 mm. Tentunya tinggi badan turut mempengaruhi ukuran cincin ini. Namun meskipun tubuhnya ramping dan badannya tinggi, ukuran jarinya tentu lebih besar dibandingkan dengan 3 berat badan sebelumnya.

  • Berat badan di atas 80 kg

Untuk wanita yang memiliki berat badan di atas 80 kg bisa kamu pilihkan cincin dengan ukuran 9-11, yaitu cincin dengan diameter 18,9-20,7 mm. Ada kemungkinan ukurannya akan lebih besar atau lebih kecil. Agar lebih nyaman, kamu bisa mengurangi atau menambah ukurannya sedikit, bisa seperempat atau setengah di atas atau di bawah ukuran asli.

Setelah membaca cara mengetahui ukuran cincin di jari berdasarkan penjelasan di atas, kamu jadi bisa mengetahui ukuran jarimu sendiri atau pasangan. Meskipun hasilnya tidak akan seakurat dengan melakukan pengukuran langsung, tapi setidaknya kamu bisa mendapatkan ukuran kasarnya secara garis besar, sehingga kamu bisa membelikan cincin untuk pasangan. Butuh referensi desain cincin? Kepoin berbagai model cincin mulai dari desain simpel hingga eksklusif yang bisa kamu pilih di V&Co Jewellery sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *