Cara menghemat budget nikah

10 Tips Menghemat Budget Nikah Bagi Kamu Para Generasi Sandwich yang Ingin Cepat Ke Pelaminan!

Generasi saat ini dihadapkan pada banyak tuntutan termasuk tuntutan ekonomi, terutama di usia yang sudah cukup untuk menikah. Generasi ini biasa disebut generasi sandwich, dimana mereka harus memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga selain ekonomi dirinya sendiri. Tentu hal ini mempengaruhi mereka dalam mengumpulkan uang untuk mewujudkan pernikahan impian mereka. Jika kamu salah satunya, maka kamu harus mulai memikirkan bagaimana cara menghemat budget nikah untuk pernikahan impianmu. Tidak perlu khawatir, artikel ini sudah merangkumnya untuk membantu kamu menghemat budget nikah walau kamu seorang generasi sandwich.

1. Membuat rincian anggaran pernikahan

budget nikah sederhana
Foto: pinterest

Dari semua tips, yang menjadi dasar untuk kamu menghemat budget pernikahan adalah membuat rincian anggaran pernikahan. Hal ini merupakan langkah awal yang wajib kamu lakukan untuk mulai merancang pernikahan. Agar budget yang kamu keluarkan hemat, maka kamu bisa membuat daftar apa saja yang kamu butuhkan untuk pernikahan. Kamu juga dapat menentukan nominal untuk setiap kebutuhan pernikahan sehingga budget nikah kamu lebih terkontrol. 

2. Mengadakan pesta pernikahan di rumah

dekorasi pernikahan di rumah
Foto via WeddingMarket

Salah satu yang membuat biaya pernikahan menjadi cukup tinggi adalah biaya penyewaan venue pernikahan. Venue pernikahan seperti ballroom hotel maupun gedung pernikahan tentu memiliki biaya sewa yang tidak sedikit. Untuk menghemat biaya pernikahan kamu bisa melakukan resepsi pernikahan di rumah. Dengan melakukan pesta pernikahan di rumah, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa venue pernikahan.  Budget yang kamu butuhkan ketika menggelar pesta pernikahan di rumah adalah sewa tenda dan dekorasi yang bisa lebih hemat dari harga sewa venue.

3. Membatasi tamu undangan pernikahan 

rangkaian acara akad nikah
Foto: Incore Photograph

Saat ini konsep pernikahan intimate wedding sangat disukai banyak calon pengantin, selain persiapannya simple, intimate wedding juga mampu menghemat budget nikah. Sesuai dengan namanya intimate wedding merupakan pesta pernikahan yang hanya mengundang sedikit tamu undangan. Kamu bisa mengundang orang-orang terdekatmu dan keluargamu saja. Dengan begitu budget nikah kamu bisa terpangkas dan jauh lebih hemat.

4. Menikah di KUA

menikah di KUA
Foto via WeddingMarket

Saat ini sedang tren menikah di KUA, dikarenakan biayanya yang gratis. Jika kamu menikah namun di luar KUA maka biaya yang dikeluarkan untuk proses akad nikah yaitu 600 ribu. Tentu hal ini sangat menguntungkan pasangan yang ingin menghemat budget nikah. Kamu bisa mendapatkan layanan akad nikah gratis di KUA dalam jam operasional Senin-Jumat pada jam kerja. Bahkan beberapa pasangan tidak mengadakan lagi resepsi dan hanya melangsungkan pernikahan di KUA saja untuk lebih menghemat budget nikah mereka.

5. Menggunakan undangan digital

Undangan pernikahan digital
Foto via WeddingMarket

Jika kamu mengundang banyak tamu undangan, maka biaya yang harus kamu keluarkan untuk mencetak undangan pernikahan akan banyak. Namun itu hanya untuk undangan fisik, jika kamu menggunakan undangan online maka kamu bisa menghemat biaya mencetak undangan. Saat ini banyak jasa menawarkan untuk pembuatan undangan digital. Biasanya undangan bisa dalam bentuk gambar digital ataupun website. Biaya yang ditawarkan jasa pembuatan undangan digital juga tidak sebanyak jika kamu menggunakan undangan fisik. Kamu hanya cukup menyebarkan gambar digital atau link website melalui media sosial seperti WhatsApp kepada para tamu undangan. 

6. Tidak menggunakan wedding organizer

wo pernikahan
Foto via Drupadi Wedding Organizer

Wedding organizer merupakan jasa yang membantumu dalam mempersiapkan pernikahan hingga berjalannya pernikahan. Jasa ini cukup membantumu dalam berlangsungnya pernikahan sehingga pernikahan berjalan lebih lancar dan sistematis. Namun, jasa wedding organizer membuatmu mengeluarkan budget nikah lebih. Jika kamu memilih tidak memakai wedding organizer kamu bisa meminta kerabat dekat maupun sanak saudaramu untuk menggantikan peran wedding organizer dalam memperlancar acara pernikahanmu.

7. Meminimalisir budget souvenir pernikahan

souvenir pernikahan murah tapi mewah
Foto via WeddingMarket

Pemilihan souvenir juga sangat berpengaruh pada pengeluaran budget pernikahan. Kamu harus pandai dalam mengatur budget yang digunakan untuk membeli souvenir pernikahan. Saat ini banyak beredar souvenir dengan harga murah. Mulai dari harga 2000 rupiah bahkan juga ada yang dibawah 1000 rupiah. Meskipun dengan harga murah, souvenir ini tetap menarik dan bermanfaat bagi para tamu undangan, seperti alat makan, cermin hingga gunting kuku.

8. Menggunakan jasa teman atau kerabat untuk MUA dan dokumentasi pernikahan

venue pernikahan jakarta murah
Foto: Instagram/nuwansa_grahaelnusa

Memakai jasa teman dan kerabat yang memiliki keahlian dalam persiapan pernikahan juga mampu menghemat budget nikah kamu. Dua hal yang menjadi bagian dalam pernikahan yaitu make up pengantin dan dokumentasi berlangsungnya acara pernikahan. Skill fotografi dan make up teman atau kerabatmu bisa kamu gunakan untuk bagian ini. Dengan cara ini kami bisa mendapatkan biaya yang lebih terjangkau daripada menyewa jasa MUA atau fotografi. Kamu bisa lebih leluasa dalam menentukan harga sewa dengan kerabat atau teman kamu yang memiliki skill ini, sehingga membantu kamu dalam menghemat budget nikah.

9. Menyewa busana nikah

vendor gaun pernikahan
Gaun pengantin: Gisela Privee

Beberapa hal yang digunakan pada pernikahan dapat disewa tanpa dibeli seperti perlengkapan dekorasi pernikahan dan yang paling utama busana yang digunakan pengantin. Membeli perlengkapan pernikahan tentu akan meningkatkan budget yang tinggi. Kamu bisa menyewa seperangkat busana nikah mulai dari gaun hingga heels  pengantin juga jas untuk pengantin. Kamu juga harus pandai dalam memilih tempat sewa yang terjangkau sehingga budget nikahmu tetap aman.

10. Mengatur biaya catering

Biaya Catering pernikahan sederhana
Foto: Al’s Catering

Hidangan makanan menjadi hal wajib yang ada dalam pesta pernikahan. Hal ini menjadi salah satu list dalam budget nikah kamu. Oleh sebab itu kamu dapat menghematnya dengan memilih menu catering yang masih terjangkau namun tetap memiliki cita rasa lezat. Kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu untuk menemukan catering dengan harga terjangkau. Akan lebih hemat lagi jika kamu memasak sendiri catering yang akan kamu hidangkan. Kamu bisa memanfaatkan jasa teman atau kerabat untuk mempersiapkan proses memasak hidangan untuk pernikahanmu yang tentu akan membuat budget nikahmu menjadi lebih hemat.

Mempersiapkan budget menikah memang cukup menguras pikiran, apalagi bagi kamu generasi sandwich yang harus tricky dalam mengatur keuangan. Namun dengan rencana yang matang kamu bisa mengatur budget nikah sesuai dengan kapasitas ekonomi yang kamu miliki. Tentu hal ini akan mengurangi beban kamu sebagai pengantin sehingga kamu dapat melaksanakan pernikahan dengan nyaman dan tenang tanpa harus berhutang. Dengan melakukan tips di atas kamu dapat memulai merencanakan hari spesial yang sudah lama kamu impikan. Kamu bisa temukan tips-tips lain seputar pernikahan di sini.