Anting Emas Flowry

6 Perbedaan Anting Emas Dewasa dengan Anting Emas Anak-anak

Perbedaan anting emas dewasa dengan anting emas anak-anak mungkin tidak semua orang dapat mengetahuinya secara spesifik. Namun jika kamu lebih teliti melihatnya, maka akan terlihat beberapa perbedaan yang sangat signifikan.

Perlu diketahui dulu sebelumnya, bahwa anting emas dewasa merupakan perhiasan atau aksesoris yang digunakan oleh orang dewasa untuk beberapa kepentingan, baik yang sifatnya resmi maupun tidak resmi. Misalnya untuk keperluan menghadiri acara resmi pernikahan, reuni, arisan atau acara lainnya.

Sementara itu, anting emas anak-anak cenderung sebagai perhiasan atau aksesoris yang hanya digunakan untuk kepentingan mempercantik diri atau sebagai identitas anak tersebut. Biasanya anting emas anak-anak diberikan saat ia masih bayi sebagai hadiah, yang berasal dari orang tuanya atau kerabat dekat keluarga.

Dari penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa salah satu perbedaan yang sangat mendasar antara anting emas dewasa dengan anting emas anak-anak adalah dari segi kegunaannya. Untuk lebih jelas lagi, berikut uraian selengkapnya:

  • Ukuran 

anting emas putih
White gold earrings GWH0066 – V&Co Jewellery

Salah satu perbedaan paling dasar untuk mengetahui anting emas tersebut untuk dewasa atau untuk anak-anak adalah dapat terlihat dari ukurannya. Biasanya anting emas dewasa cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran anting anak-anak. Hal tersebut disebabkan oleh bahwa anting emas dewasa mengikuti spesifikasi yang telah ditentukan sesuai ukuran orang dewasa pada umumnya. 

Sementara untuk anting emas anak-anak cenderung memiliki ukuran yang sangat kecil, mulai dari diameter  hingga jarumnya. Hal tersebut sangat disesuaikan untuk anak-anak, yang bertujuan memberikan kenyamanan saat digunakan. 

  • Manfaat

Selain dapat membedakan dari ukuran, perbedaan lain yang bisa kamu lihat adalah dari manfaat. Anting emas dewasa biasanya memberi manfaat untuk menambah nilai tersendiri untuk orang yang menggunakan, sebagai aksesoris kecantikan, serta sebagai tempat investasi yang tidak banyak orang lain sadari. 

Banyak anak muda saat ini memanfaatkan anting emas sebagai bagian dari investasi jangka panjang untuk dirinya sendiri. Sedangkan anting emas anak-anak cenderung tidak lebih jauh dari sebagai aksesoris untuk mempercantik diri semata tanpa berpikir sebagai tempat investasi. Namun, ada kesamaan secara umum dari keduanya yaitu pada cara merawatnya.

  • Bahan

Anting Emas Flowry
Anting Emas Flowry GWH033 – V&Co Jewellery

Kemudian perbedaan lainnya adalah terdapat pada bahan dasar pembuatan anting emas. Untuk anting emas dewasa secara umum bahannya jauh lebih beragam,  bisa menggunakan beberapa campuran logam serta permata di dalamnya. Salah satu contoh adalah anting emas dengan hiasan berlian murni yang menambah nilai anting tersebut. Tidak heran apabila anting emas dewasa banyak jenisnya dan harganya cenderung bervariasi sehingga hal ini dijadikan sebagai pembeda dari anting emas lainnya. 

Sementara anting emas anak-anak jika kita lihat secara rinci, maka hal bahan baku pembuatannya cenderung monoton dan kurangnya variasi. Walaupun hal ini tidak secara umum dapat menjelaskan, tetapi kita semua sadar bahwa anting emas anak-anak sangat dan mudah ditebak mulai dari motif, desain hingga kadar emas di dalamnya.

  • Daya guna

Selain itu perbedaan lain antara anting emas dewasa dan anting emas anak-anak adalah terletak pada daya gunanya. Secara umum kita tahu bahwa daya guna anting emas dewasa cenderung beragam dari anting emas anak-anak. Mulai dari sebagai perhiasan semata, mas kawin, tempat investasi jangka panjang hingga dapat dimanfaatkan sebagai hadiah. Sedangkan anting emas anak-anak secara umum cenderung hanya sebagai perhiasan atau aksesoris semata. Hal ini disebabkan oleh bahwa anak-anak belum paham terkait kegunaan lain dari sebuah anting emas. Maka dari itu, wajar jika daya guna anting emas anak-anak cukup terbatas.

  • Harga

Perbedaan selanjutnya terletak pada harga. Anting emas dewasa harganya cukup beragam, mulai dari yang murah hingga paling mahal mencapai ratusan juta. Biasanya hal tersebut tergantung tujuan pemakaian, motif hingga desain anting tersebut. Semakin sulit dan bagus desain serta motifnya, maka harga anting tersebut jauh lebih mahal daripada yang memiliki motif biasa atau sederhana. 

Sedangkan harga anting emas anak-anak memiliki standarnya tersendiri karena jauh lebih simpel dan tidak banyak desain yang membuat harganya jadi lebih mahal. Biasanya harga anting emas anak-anak dibanderol mulai dari 500 ribu hingga 2 juta rupiah tergantung berapa gram kandungan emas di dalamnya.

  • Motif dan Desain

anting-anting emas
White gold earrings DE447 – V&Co Jewellery

Tidak hanya itu saja, perbedaan antara anting emas dewasa dengan anting emas anak-anak terlihat pada motif dan desainnya. Secara umum motif dan desain anting dewasa sangat beragam, dengan model yang jauh lebih banyak dan bervariatif. Sehingga kamu dapat memilih anting yang kamu suka sesuai selera. Hal ini sangat wajar karena anting-anting orang dewasa cenderung bertujuan untuk berbagai halseperti lamaran, kado pernikahan dan lain sebagainya. 

Sementara itu, motif dan desain anting emas anak-anak secara umum akan terlihat jauh lebih sederhana dari anting emas orang dewasa. Ternyata hal tersebut sangat berpengaruh dan memiliki alasan tersendiri yaitu bahwa menggambarkan sifat anak-anak yang masih polos dan belum tahu apa-apa tentang kehidupan.

Walaupun di sisi lain banyak perhiasan untuk anak-anak yang memiliki motif dan desain keren. Hanya saja, tidak sebanding dengan perhiasan anak-anak lainnya yang memiliki motif dan desain sederhana.

Itulah beberapa perbedaan antara anting emas dewasa dengan anting emas anak-anak yang bisa kamu ketahui. Perlu diingat bahwa dalam memilih perhiasan, baik anting, cincin atau perhiasan lainnya wajib memperhatikan beberapa langkah penting untuk terhindar dari penipuan dan kerugian materi yang cukup besar. Salah satu cara yang harus diperhatikan adalah toko perhiasan, surat-surat pembelian, cek keaslian, hingga rajinlah dalam up date harga terbaru perhiasan yang kamu miliki.

V&Co Jewellery merupakan platform yang dapat kamu akses untuk mencari beragam perhiasan impian baik untuk keperluan hadiah ulang tahun, kado anniversary maupun keperluan pernikahan. Tidak perlu takut barang palsu, karena dijamin keasliannya sesuai yang kamu pesan, dapatkan segera!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *