5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Anting Emas Putih

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Anting Emas Putih

Anting emas putih memang bukanlah barang baru di dunia aksesori. Emas putih sudah sejak dulu digunakan sebagai alternatif andalan bagi mereka yang enggan terus-menerus mengenakan perhiasan yang terbuat dari emas kuning. Akhir-akhir ini pun kepopuleran perhiasan yang terbuat dari emas putih mulai menanjak naik kembali, sehingga semakin banyak orang yang mengenakan anting-anting atau cincin dari emas putih.

Meskipun demikian, tidak banyak orang yang benar-benar mengetahui karakteristik khusus yang dimiliki oleh emas putih. Jika kamu tertarik untuk menunjang penampilanmu dengan mengenakan aksesori yang satu ini, ada 5 hal penting yang harus kamu ketahui. Apa saja, sih? Mari kita simak!

Anting Emas Putih Terbuat dari Campuran Nikel

Jika emas kuning dibuat dengan campuran seng (zinc/Zn) dan tembaga (Cu), anting emas putih dihasilkan dengan mencampurkan emas dengan nikel (Ni). Kenapa, sih, kita perlu mengetahui fakta ini? Banyak orang mungkin menganggap emas kuning dan emas putih hanya berbeda warna saja. Kemudian, karena emas kuning tidak menyebabkan alergi, banyak yang menganggap emas putih juga tidak menyebabkan alergi karena sama-sama merupakan logam mulia. Padahal, emas kuning tidak menyebabkan alergi karena campuran yang digunakan adalah seng dan tembaga yang memang memiliki sifat hypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi. Di sisi lain, nikel dapat menimbulkan reaksi alergi pada pemilik kulit sensitif.

Jadi, meskipun sama-sama terbuat dari emas, kamu perlu tahu bahwa kandungan nikel dalam anting emas putih mungkin bisa membuatmu mengalami alergi. Jika kamu memiliki kulit yang tergolong sensitif, ada baiknya kamu mempertimbangkan ulang keinginanmu untuk membeli perhiasan dari emas putih, terutama anting yang akan bersentuhan langsung dengan kulit dalam waktu yang lama. Namun, meskipun dapat menyebabkan alergi, kandungan nikel pada emas putih juga memiliki keuntungan, yaitu membuat perhiasan menjadi jauh lebih kuat dan tahan lama dibanding emas kuning.

Sebagian besar anting emas putih dilapisi rhodium

Agar kilau yang dihasilkan bisa lebih cemerlang, kebanyakan perhiasan yang terbuat dari emas putih akan dilapisi dengan rhodium. Kenapa, sih, kita perlu mengetahui fakta ini? Lapisan rhodium memang memiliki manfaat yang sangat besar karena dapat mengeluarkan kilau perhiasan yang kita kenakan. Namun, lapisan rhodium tidak tahan lama dan dapat pudar atau terkikis seiring dengan berlalunya waktu sehingga harus dilapis ulang setidaknya setahun sekali.

Karena lapisan rhodium pada anting emas putih dapat memudar, ada baiknya kamu terlebih dahulu bertanya di mana bisa melapisi ulang perhiasan yang kamu inginkan sebelum membelinya. Banyak orang yang tidak tahu bahwa rhodium perlu dilapisi ulang setelah beberapa waktu dan akhirnya harus mengalami kesedihan karena perhiasan yang mereka kenakan tidak lagi berkilau terang. Dengan mengetahui ini, kamu jadi bisa bersiap-siap terlebih dahulu. Namun, jangan putus asa dulu. Selain membuat perhiasan makin berkilau, lapisan rhodium juga berfungsi sebagai perlindungan tambahan terhadap paparan zat kimia yang korosif, lho! Ini juga alasan yang membuat perhiasan dari emas putih cenderung lebih tahan lama.

Lebih Mahal dari Emas Kuning, Lebih Murah dari Titanium dan Platinum

Meski masih tergolong berharga serta bernilai tinggi, seringnya emas dipakai sebagai perhiasan membuat orang-orang mulai bereksplorasi dan mencari alternatif bahan pembuat perhiasan lain yang lebih variatif. Titanium dan platinum pun muncul sebagai alternatif yang memberikan warna berbeda di bidang aksesori. Namun, langkanya kedua jenis logam tersebut membuat harganya melambung jauh di atas anting dari emas kuning. Nah, untuk masalah ini, emas putih pun muncul sebagai solusi.

Meski harga emas putih di atas emas kuning, tetapi harga tersebut masih terhitung murah jika dibandingkan dengan harga titanium serta platinum. Jadi, kalau kamu merasa bosan mengenakan perhiasan dari emas kuning, tetapi enggan merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli anting-anting dari titanium atau platinum, anting emas putih merupakan pilihan yang lebih terjangkau. Di samping itu, bahan dasar emas putih juga lebih ringan dibanding dengan titanium, sehingga perhiasan yang dibuat dari emas putih cenderung lebih enteng dan mudah dibentuk dibanding logam-logam tersebut.

Anting Emas Putih Memiliki Kesan Modern

Mengingat warna tema untuk millennial adalah perak atau abu-abu, emas putih dapat memberi kesan milenium baru yang lebih modern, berbanding terbalik dengan perhiasan dari emas kuning yang cenderung memberikan kesan klasik yang elegan. Dengan mengetahui hal ini, kamu jadi bisa mengira-ngira dalam kesempatan apa kamu bisa mengenakan perhiasan emas putih untuk menunjang penampilanmu. Jika kamu ingin datang ke acara dengan dresscode warna-warna tanah atau pastel, anting emas putih milikmu yang memiliki kesan modern mungkin akan terlihat kurang cocok dengan gaun yang mesti kamu kenakan nanti.

Karena kesan modern yang dimilikinya, emas putih sangat tepat disandingkan dengan berlian. Jika emas kuning akan membuat berlian terlihat sedikit kekuning-kuningan, emas putih justru membuat berlian bersinar semakin terang. Dengan kata lain, anting emas putih dengan mata batu berlian merupakan kombinasi sempurna yang dapat membuatmu tampil menawan di suatu acara. Sebagai warna modern, perhiasan dari emas putih lebih mudah dipadupadankan, baik dengan pakaian yang ingin kamu kenakan maupun gaya riasan yang senangi.

Tampil Menawan Tanpa Berlebihan

Satu hal yang membedakan antara anting emas putih dengan emas kuning adalah karakteristik kilaunya yang cenderung mendekati abu-abu atau perak, bukan kuning keemasan. Dengan karakteristik kilau yang lebih lembut, emas putih tidak akan terlihat terlalu mencolok ketika dikenakan. Meski harganya yang lebih mahal dibanding emas kuning, karakteristik kilaunya yang lebih mirip dengan perak, titanium, atau platinum membuatnya cocok bagi kamu yang ingin tampil elegan, tetapi tanpa terkesan terlalu berlebihan. Ini juga alasan yang membuat perhiasan dari emas putih mulai banyak digemari akhir-akhir ini. Kesan anggun dan elegan yang dimilikinya bisa didapatkan tanpa terlihat terlalu mencolok atau menonjol.

Nah, lima hal di atas harus kamu perhatikan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli anting emas putih maupun perhiasan dari emas putih lainnya. Tentu akan sayang sekali jika kamu tidak bisa mengenakan perhiasan emas putih yang sudah kamu beli karena kamu ternyata memiliki kulit yang sensitif dan mudah alergi dengan jenis logam tertentu atau perhiasan yang kamu beli memiliki kesan yang bertabrakan dengan gayamu sehari-hari, kan? Tidak ada salahnya untuk bertanya-tanya dan mencari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *