Beli Emas Antam Secara Online VS Offline

Beli Emas Antam Secara Online VS Offline

Kamu tertarik untuk beli emas antam? Emas antam merupakan alat investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, harga emas antam relatif stabil bahkan cenderung naik dari tahun ke tahun. Fakta inilah yang membuat emas antam dapat dilipatgandakan nilainya saat harga emas sedang meroket tinggi. Tak heran jika banyak kaum konglomerat hingga pejabat negara yang menyimpan aset kekayaannya dalam bentuk emas.

Emas antam adalah emas batangan yang diproduksi sendiri oleh PT Aneka Tambang sejak tahun 1968. Perusahaan ini memiliki reputasi yang sangat baik dan menghasilkan emas antam asli yang berkualitas. Pasalnya, kadar emas yang dikandung dalam sebuah emas batangan antam adalah sekitar 99,99%. Dibandingkan dengan emas perhiasan, emas antam jauh lebih mudah dijual kembali. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang berbondong-bondong ingin membeli emas antam.

Salah satu alasan yang membuat kebanyakan orang tertarik membeli emas antam adalah karena prosesnya yang sangat mudah untuk dicairkan. Selain itu, menyimpan harta dalam bentuk emas antam dinilai lebih aman karena tidak akan terancam hangus ketika terjadi kebakaran atau robek karena terkena banjir. Sifatnya yang keras dan kokoh membuatnya tidak cepat rusak dan jauh lebih tahan lama dibandingkan uang kertas. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir jika terjadi musibah atau bencana darurat yang mungkin akan menguras hartamu.

Tidak seperti menjual emas perhiasan, emas antam tidak dikenakan biaya potongan sepeserpun saat dijual sehingga tidak akan menguras kantongmu. Berbeda halnya ketika kamu menyimpan uang di bank, meskipun terbilang aman, namun tabunganmu akan dikenai biaya potongan administrasi bulanan yang mungkin akan membuatmu tidak nyaman dan merasa was-was.

Harga emas antam cenderung berubah-ubah setiap harinya. Harganya berkisar antara 400 ribu – 700 ribu per gramnya. Perubahan harga emas ini terjadi akibat faktor-faktor seperti keadaan ekonomi/politik, nilai dolar Amerika, suku bunga bank, ketersediaan tambang penghasil emas, dan masih banyak lagi. Harga inilah yang akan menjadi acuanmu dalam menentukan kapan harus membeli emas antam atau justru menjualnya.

Tips Beli Emas Antam untuk Investasi

Ada banyak sekali teknik yang bisa kamu gunakan dalam berinvestasi dengan emas antam, seperti teknik investasi emas klasik, tabungan emas, berkebun emas, hingga trading gold forex. Apapun teknik investasi yang nantinya kamu gunakan, kamu harus tahu tips sukses dalam berinvestasi emas antam. Berikut tips yang perlu kamu lakukan saat berinvestasi dengan emas antam:

1.  Menjual dan membeli emas antam di waktu yang tepat
2.  Memahami cara mengambil keuntungan dalam berinvestasi emas antam
3.  Membeli emas antam di kantor/toko yang berkualitas
4.  Menghindari membeli emas antam dengan berat yang sama setiap unitnya
5.  Melakukan negosiasi tentang adanya biaya tambahan yang dikenakan oleh pihak penjual
6.  Menyimpan emas antam di tempat yang aman

Membeli emas antam tidak bisa dilakukan secara asal. Perlu cara jitu agar bisa mendapatkan harga yang murah sehingga kamu bisa mendapatkan selisih keuntungan yang cukup tinggi. Membeli emas antam harus dilakukan secara hati-hati dan penuh pertimbangan. Hal ini karena emas antam merupakan barang yang mewah yang tentunya akan sangat rugi jika barang yang sampai adalah palsu. Dewasa ini ada 2 pilihan yang dapat kamu gunakan untuk membeli emas antam, yaitu secara online dan offline. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang mungkin harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu resikonya.

Kelebihan dan Kekurangan Beli Emas Antam Secara Offline

Sebagian orang lebih memilih membeli emas antam secara offline. Mereka menilai bahwa cara ini lebih aman ketimbang online dan kualitasnya terjamin. Berikut ini ada kelebihan dan kekurangan membeli emas antam secara offline:

  • Kelebihan

1.  Bisa menguji keaslian emas secara langsung
2.  Proses penerimaan emas antam fisik lebih cepat
3.  Peluang penipuan sangat minim
4.  Emas antam yang dibeli dijamin sesuai dengan ekspektasi
5.  Tidak dikenai biaya tambahan berupa ongkos kirim dan asuransi

  • Kekurangan

1.  Harus keliling ke beberapa toko/kantor untuk mengetahui harga emas termurah
2.  Mengeluarkan banyak tenaga dan waktu karena harus mengantri

  • Berikut cara membeli emas antam secara offline:

Pada umumnya, secara teknis membeli emas antam secara offline hampir mirip dengan pembukaan rekening di bank. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mendatangi lokasinya, mengantri, dan membayar sejumlah uang. Jika kamu ingin membeli emas antam secara offline, berikut kami jelaskan caranya secara rinci:

1.  Memeriksa harga emas pada website resmi PT Antam, Tbk
2.  Membawa identitas diri seperti KTP, SIM, dan lain-lain
3.  Mendatangi kantor pusat/cabang PT Antam terdekat
4.  Memberitahu satpam tentang maksud tujuan kamu
5.  Mengisi formulir dan mengambil nomor antrian
6.  Jika nomor antrianmu sudah dipanggil, jelaskan kepada pihak penjual berapa jumlah emas antam yang ingin kamu beli
7.  Perhatikan baik-baik penjelasan dan instruksi pihak penjual
8.  Melanjutkan transaksi di kasir
9.  Menyimpan bukti pembayaran emas antam
10.  Menerima emas batangan fisik di ruangan penyerahan emas
11.  Menentukan tempat penyimpanan emas antam yang aman
12.  Menyimpan emas antam dan menunggu hingga tiba waktu yang tepat untuk menjualnya kembali

Membeli Emas Antam Secara Online

Di era yang serba digital ini, banyak orang juga lebih memilih beli emas antam secara online. Kamu yang sibuk dengan pekerjaan dan memiliki keterbatasan waktu sangat cocok untuk membeli emas antam secara online. Berikut ini kelebihan dan kekurangan membeli emas online.

  • Kelebihan beli emas Antam secara online

1.  Tidak perlu repot-repot keluar rumah
2.  Tidak perlu mengantri panjang hingga berjam-jam lamanya
3.  Bisa mendapatkan harga yang termurah hanya dengan mencari di Internet

  • Kekurangan beli emas Antam secara online

1.  Dikenai biaya ongkos kirim dan asuransi
2.  Harus menunggu emas antam sampai di rumah cukup lama
3.  Emas antam yang sampai di rumah belum terjamin kualitasnya
4.  Khawatir terjadinya penipuan

  • Berikut cara membeli emas antam secara online

1.  Memeriksa harga emas antam hari ini di situs resmi PT Antam, Tbk
2.  Mengunjungi situs toko emas penjual emas antam
3.  Melakukan registrasi online
4.  Memilih jenis emas antam dan berapa gram yang ingin dibeli
5.  Melakukan pembayaran melalui transfer bank
6.  Mengambil emas antam fisik di toko emas tersebut atau pihak penjual akan mengirimkannya ke alamat kamu

Nah, itu tadi cara membeli emas antam secara online maupun offline. Cara mana yang lebih membuatmu tertarik? Dalam membeli emas antam baik secara online maupun offline, perlu dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, sekarang banyak sekali toko emas yang menjual emas antam dan tersebar di seluruh sudut kota. Dengan menjamurnya penjual emas antam, dikhawatirkan akan terjadi penipuan dan pemalsuan emas antam. Tentu kamu ingin mendapatkan emas antam asli sesuai harapanmu, bukan? Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu menguji keaslian emas antam yang ingin kamu beli. Caranya kamu bisa meminta sertifikat keaslian emas yang menjelaskan informasi berupa tingkat kadar kemurnian, ukuran, berat, dan nomor id unik yang dimiliki emas antam tersebut. Sertifikat ini nantinya akan membantu kamu dalam menjual emas antam yang bisa dilakukan dimanapun. Selain itu, kami sarankan kamu untuk membeli emas antam hanya di tempat yang terpercaya dan memang sudah tidak diragukan lagi reputasinya. Tunggu apalagi, segera beli emas antam untuk menyimpan aset kekayaan kamu sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *