cara menabung untuk menikah

7 Cara Jitu Menabung untuk Biaya Nikah, Siap Menuju Halal!

Seperti yang kita ketahui, pernikahan adalah salah satu momen paling penting dalam hidup seseorang, di mana penuh dengan kebahagiaan dan harapan. Namun, seringkali biaya yang terkait dengan pernikahan dapat menjadi beban keuangan yang signifikan, meskipun sebenarnya biaya nikah di KUA bisa saja gratis.

Akan tetapi, siapa sih yang tidak menginginkan pernikahan yang meriah dan penuh kebahagiaan? Hal tersebut tentunya mimpi setiap pasangan yang ingin segera meresmikan statusnya sebagai suami istri. Untuk mewujudkan pernikahan impian tanpa harus menguras kantong terlalu dalam, pastinya menjadi tantangan tersendiri.

Nah, buat para pasangan yang ingin segera menuju halal, berikut kami bagikan beberapa cara jitu menabung untuk biaya nikah.

1. Rencanakan Budget Nikah dengan Teliti

menghitung budget nikah
Foto: freepik/wirestock

Langkah pertama dalam menabung untuk pernikahan yang sukses adalah merencanakan anggaran secara teliti. Tentukan berapa banyak yang biaya pernikahan yang kamu butuhkan dengan mengalokasikan dana untuk setiap aspek dalam persiapan pernikahan. Termasuk menentukan budget untuk sewa venue pernikahan, catering, busana, dekorasi, mas kawin dan lain sebagainya. Dengan anggaran yang jelas, kamu dan pasangan dapat memiliki visi yang lebih baik tentang berapa banyak yang perlu kalian tabung.

2. Buat Tabungan Nikah yang Terpisah

Setelah menetapkan besar biaya nikah, langkah selanjutnya adalah pertimbangkan untuk membuka rekening tabungan yang terpisah. Rekning tabungan nikah ini adalah khusus untuk biaya pernikahan. Ini membantu kamu memisahkan dana pernikahan dari dana lainnya dan membuatnya lebih terorganisir.

Kemudian, pastikan untuk menabung secara teratur sesuai dengan anggaran yang telah kamu dan pasangan tetapkan. Apabila ingin membuka tabungan bersama pacar, diskusikan terlebih dahulu berapa besaran dana yang perlu kalian tabung rutin setiap bulannya agar bisa mencapai jumlah sesuai target yang sudah kalian tentukan.

3. Kendalikan Pengeluaran Harian

menghitung biaya nikah
Foto: freepik/benzoix

Sadar atau tidak, kebiasaan sehari-hari juga memengaruhi kemampuan kamu untuk menabung biaya nikah. Maka, pertimbangkan untuk mengontrol pengeluaran harianmu dengan lebih bijaksana. Catat setiap pengeluaran dan identifikasi area-area di mana kamu bisa berhemat.

Misalnya, kamu bisa menghindari kebiasaan membeli sesuatu secara impulsif, padahal barang tersebut sebetulnya tidak begitu diperlukan. Atau, dengan mulai mengurangi kebiasaan jajan atau makan di luar yang sering kali membuat pengeluaran membengkak. Langkah-langkah tersebut bisa kamu terapkan untuk mengontrol pengeluaran seminimal mungkin, sehingga tak ada celah untuk mengganggu tabungan nikah yang sudah kamu rencanakan.

4. Investasikan Dana Tabungan

Cara yang satu ini bersifat opsional. Selain menabung di rekening biasa, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menginvestasikan dana tabungan pernikahanmu. Khususnya, apabila jangka waktu pernikahan kamu masih cukup lama.

Investasi yang bijaksana dapat membantu dana pernikahanmu tumbuh seiring berjalannya waktu. Meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu signifikan, tetapi cukup menguntungkan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penasihat keuangan yang berpengalaman untuk saran jenis investasi apa yang paling sesuai serta aman.

5. Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menabung dana pernikahan lebih cepat adalah dengan mencari peluang sumber tambahan pendapatan. Kamu bisa mencoba pekerjaan paruh waktu, menjalankan usaha sampingan, atau mendapatkan proyek-proyek lepas (freelance). Pendapatan tambahan ini tentunya dapat menjadi tambahan yang signifikan untuk tabunngan dana pernikahan kamu.

6. Pertimbangkan Pilihan Pernikahan yang Terjangkau

Wedding planning perencanaan pernikahan
Foto: freepik/rawpixel.com

Selain poin-poin di atas, kamu juga dapat menghemat uang pernikahan dengan mempertimbangkan pilihan paket pernikahan yang lebih terjangkau. Beberapa opsi yang bisa kamu pertimbangkan antara lain: pilihlah tanggal pernikahan di luar musim ramai, pertimbangkan pilihan tempat pernikahan yang lebih ekonomis, atau mungkin pertimbangkan konsep pernikahan sederhana namun intim.

Selain itu, kamu juga bisa memangkas budget nikah dari hal-hal yang sebenarnya bisa lebih hemat, seperti meminimalisir biaya prewedding, meniadakan after party, mengganti undangan konvensional dengan undangan pernikahan digital, hingga membuat souvenir DIY. Pilihlah opsi-opsi yang memungkinkan dan sesuai dengan kemampuan keuanganmu.

7. Pertimbangkan Dana Bantuan Keluarga

Last but not the least, tak ada salahnya juga untuk menerima bantuan dari keluarga atau teman. Jika keluargamu bersedia membantu biaya pernikahanmu, maka pertimbangkan untuk berbicara dengan mereka tentang kontribusi keuangan yang mungkin mereka berikan. Tentunya hal ini bisa membantu mengurangi beban biaya pernikahan kamu.

Menabung untuk biaya pernikahan bisa menjadi tantangan, tetapi dengan perencanaan yang cermat dan komitmen untuk menghemat, kamu  dapat mewujudkan pernikahan impian tanpa mengorbankan kesejahteraan finansialmu. Ingatlah bahwa pernikahan sejatinya adalah tentang cinta dan komitmen. Persoalan biaya pernikahan pun sebenarnya tak perlu menjadi permasalahan. Sebab dengan perencanaan yang baik, kamu juga dapat menghadirkan momen berharga ini tanpa stres keuangan yang berlebihan.

Nah, kalau urusan mas kawin atau perhiasan untuk melengkapi tampilanmu di hari pernikahan, kamu bisa percayakan pada V&Co Jewellery, ya! Temukan cincin kawin atau perhiasan impianmu dengan harga yang bersahabat, desain eksklusif dan kualitas terjamin. Cek katalognya di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *