Cara Mudah Menguji Keaslian Berlian

Cara Mudah Menguji Keaslian Berlian

Kamu ingin membeli perhiasan berlian namun tidak tahu cara menguji keaslian berlian asli dan palsu? Berlian memang merupakan batu mulia cantik yang banyak didambakan oleh kaum Hawa.

Batu yang dielu-elukan sebagai simbol glamor ini cukup banyak beredar pemasarannya karena target pasar yang begitu luas sampai-sampai banyak juga beredar berlian imitasi di luar sana. Berlian memang begitu mempesona, batu ini juga menduduki predikat nomor satu materi yang paling keras di dunia dan hanya berlian lain yang dapat menggores berlian.

Berlian berasal dari bahasa Yunani, “Adamas”, yang berarti tidak terkalahkan atau tidak bisa dihancurkan. Banyak kebudayaan kuno yang mempercayai bahwa berlian saat digunakan dapat memberikan kekuatan dan keberanian selama pertempuran. Karenanya, beberapa raja pun menggunakan berlian pada baju besi yang mereka gunakan saat perang. Bangsa  Romawi dan Yunani kuno pun percaya bahwa berlian merupakan air mata dari seorang dewa yang menangis yang berjatuhan seperti bintang jatuh. Kemasyuran berlian memang sudah terkenal sejak dahulu kala, bahkan perdagangan berlian sudah terjadi sekitar awal abad ke-4 sebelum masehi di India.

Cara Menguji Keaslian Berlian

Mengetahui beberapa fakta menarik mengenai berlian, tentu kamu menjadi lebih bersemangat untuk membeli perhiasan berlian atau menjaga baik-baik perhiasan berlian yang kamu miliki sekarang. Namun, pertanyaannya selanjutnya, apakah berlian yang kamu miliki sekarang merupakan berlian asli? Bagaimana jika kamu simak ciri-ciri berlian asli berikut ini. Lengkap dengan cara-cara menguji keaslian berlian.

Tingkat Kerasnya

Menguji Keaslian Berlian

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, berlian terbentuk dari 100% karbon dan terbentuk di inti bumi yang sangat panas. Membuat batu mulia satu ini memegang predikat benda terkeras di bumi. Berlian yang terletak dan terbentuk di dalam inti bumi ini muncul karena meletusnya gunung berapi yang memuntahkan isi perut bumi.

Berlian yang dulunya tinggal di lingkungan yang sangat ekstrim tentunya membuatnya sangat berkuasa saat berada di permukaan bumi. Membuatnya tidak terkalahkan. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetes keaslian berlian adalah dengan cara membenturkan pada permukaan yang keras. Apabila berlian tersebut retak, terbelah atau rusak saat terkena benturan. Maka jelas berlian tersebut bukanlah berlian asli.

Range Warna

Perlu diingat bahwa berlian bukan hanya berwarna putih atau bening. Ada beberapa berlian langka yang memiliki warna selain bening. Jadi, kamu tidak perlu ragu saat ada yang menawarkan berlian berwarna. Range warna dari berlian langkah ini ialah pink, kuning, dan biru. Selain dari tiga warna ini, dapat dipastikan bahwa berlian tersebut palsu. Jangan sampai tertipu ya.

Dapat Menggores Benda Apapun

Berlian asli dapat menggores benda apapun dan tidak dapat tergores. Fakta ini dapat diuji dengan menggoreskan berlian pada kaca. Apabila kaca tersebut tergores dan berlian kamu tetap berada pada kondisi yang baik, dapat dipastikan bahwa berlian kamu merupakan berlian asli. Cara selanjutnya ialah menggosok berlian kamu dengan amplas. Berlian asli tidak tidak akan tergores saat diamplas.

Pencerminan Tidak Jelas

Saat kamu meletakkan berlian di atas sebuah buku atau koran, apakah kamu dapat melihat huruf-huruf tersebut? Struktur dari berlian asli akan menghalangi cahaya yang masuk sehingga kamu tidak dapat  melihat tulisan apapun yang sedang ditimpa oleh berlian yang asli. Sebaliknya, jika kamu bisa membaca tulisannya, besar kemungkinan berlian tersebut palsu.

Warna Bayangan

Bayangan berlian asli mempunyai pantulan warna abu-abu. Apabila kamu melihat lurus dari atas berlian, kamu dapat melihat warna apa yang berlian itu pantulkan. Tapi jika kamu melihat pantulan warna pelangi, berarti kemungkinan besar berlian tersebut berkualitas rendah atau bahkan palsu.

Tidak Berkabut

Berlian asli tidak dapat berkabut, dapat dibuktikan dengan fog test atau uji kabut dengan cara yang amat mudah dan sederhana. Coba kamu letakkan berlian di depan mulut kamu dan hembuskan nafas ke arah berlian seperti saat kamu ingin membersihkan cermin dengan bantuan hawa panas dari mulut kamu. Kemudian lihat apakah kabut pada berlian menghilang dengan cepat? Apabila kabut pada berlian tersebut hilang dengan cepat, maka berlian tersebut merupakan berlian asli karena konduktivitas panas yang baik dari berlian yang asli akan membuat embun menghilang dengan sangat cepat.

Refleksi Cahaya

Berlian asli dapat merefleksikan cahaya di setiap sisinya, sehingga membuatnya terlihat berkilau. Sedangkan berlian palsu biasanya hanya terlihat berkilau di bagian atasnya saja.

Tidak Dapat Dipanaskan

Kurang lebih sama seperti konsep fog test, uji keaslian berlian selanjutnya menggunakan pemahaman konduktivitas panas yang sama yang dapat kamu lakukan dengan cara memanaskan berlian. Apabila berlian tersebut terasa panas, maka berlian tersebut adalah palsu.

Goresan

Berlian asli tidak dapat tergores, seperti yang dijelaskan sebelumnya benda yang dapat menggores berlian adalah berlian lain. Apabila kondisi berlian Anda terlihat memiliki banyak goresan, maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut palsu.

Tidak Dapat Mengapung

Menguji Keaslian Berlian

Tes terakhir merupakan tes yang paling mudah dan gampang. Berlian asli tidak dapat mengapung sehingga kamu dapat mencoba memasukan berlian ke dalam air. Apabila berlian tersebut mengapung, besar kemungkinan berlian tersebut merupakan hasil penggabungan berlian asli dan berlian palsu atau benar-benar berlian palsu total.

Selain cara-cara di atas, tentunya kamu dapat mengecek keaslian berlian dengan sertifikat yang mendampinginya seperti Sertifikat GIA yang merupakan sertifikasi bertaraf internasional yang menunjukan keaslian berlian tersebut. Selain itu juga, kamu dapat membeli perhiasan berlian kamu di toko perhiasan terpercaya atau langganan kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *