Cara Mengukur Size Jari untuk Cincin yang Tepat

Salah satu elemen penting dalam pernikahan adalah cincin. Sebagai calon pengantin, tentu kamu dan pasangan perlu merundingkan pemakaian cincin. Mulai dari desaign serta bahan yang akan dipakai. Salah satu faktor yang tak boleh dilupakan adalah ukuran cincin. Lalu bagaimana cara mengukur size jari?

Ukuran cincin sendiri sebenarnya adalah hal pertama yang perlu kamu ketahui saat ingin membeli cincin nikah maupun untuk koleksi pribadi. Sebab, ukuran ini juga berpengaruh pada model yang bisa dipakai hingga harga dari cincin itu sendiri. Setelah mengetahui ukurannya barulah kamu  bisa mengetahui model serta bahannya. 

Ada banyak alasan mengapa kamu perlu tahu cara mengukur size jari. Salah satunya karena ada perasaan tidak nyaman saat dipakai. Ukuran cincin yang sempit bisa membuat kulitmu iritasi. Dalam kondisi yang lebih parah, cincin bisa menyumbat aliran darah. Namun jika cincin terlalu longgar maka cincin juga bisa mudah terlepas.

Jenis-jenis ukuran cincin biasanya sudah ada ukuran tersendiri di toko perhiasan. Standar ukuran cincin yang biasanya dipakai oleh perempuan Indonesia adalah ukuran 10 sampai 18. Ukuran ini biasanya ditentukan dari diameter cincin itu sendiri. Dengan ukuran ini, kamu tinggal menyebutkan ke toko perhiasan sehingga mereka tahu berapa besaran cincin yang akan dibuat.

Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui seputar cara mengukur size jari. Pertama, pastikan ukuran yang kamu buat karena logam cincin tidak bisa mengganti ukurannya. Bila ingin mengukur sendiri, pastikan kamu sudah menanyakan dan berkonsultasi kepada penjual.

Kenapa Harus Mengetahui Cara Mengukur Size Jari Sendiri?

Ingin Memberi Hadiah Cincin Tapi Tidak Tahu Ukuran Cincin Pasangan

Biasanya hal ini penting untuk para laki-laki yang ingin melamar sang kekasih secara diam-diam. Biasanya cincin yang diberikan akan dibuat tanpa mengukur jari pasangan terlebih dahulu. Kamu bisa berkonsultasi dengan toko perhiasan dan pastinya mungkin bisa memakai cara-cara mengukur ukuran jari di bawah ini.

Baca juga:  Banyak Model Cincin Emas, Mana Favoritmu?

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah perubahan ukuran jari. Seseorang sangat mungkin mengalami perubahan ukuran jari terutama saat pengobatan tertentu. Beberapa kondisi seperti saat sedang hamil atau terkena penyakit tertentu akan mengubah ukuran cincin. Maka, pastikan hal ini sebelum kamu melakukan pengukuran.

Kamu juga harus cerdas dalam memilih toko perhiasan. Biasanya toko perhiasan akan memberikan layanan untuk mengukur ukuran cincin. Memang ada biaya yang dibayarkan untuk mengukur cincin. Tetapi, toko perhiasan yang baik biasanya tidak akan memberikan biaya tambahan bila ingin melakukan perubahan ukuran.

Kondisi ini sebaiknya kamu tanyakan sebelum memutuskan membeli. Terakhir, pastikan toko perhiasan mengetahui tujuan dari cincin yang kamu buat. Bila kamu ingin membeli cincin kawin, maka kamu harus memberi tahu kepada toko perhiasan. Dengan begitu perhiasan yang akan dibuat memiliki lingkar comfort fit. Artinya, cincin yang dipakai akan dibuat senyaman mungkin karena akan dipakai sehari-hari.

Jika kamu akan membeli cincin pernikahan, cari tahu apakah cincin kamu memiliki lingkar comfort fit (pas nyaman). Sesuai namanya, comfort fit terasa lebih nyaman di jari, dan terkadang memengaruhi ukuran cincin. Beri tahu penjual cincin jika kamu berencana membeli cincin jenis ini.

Sekarang mungkin kamu bingung bagaimana cara mengukur size jari. Selain pastinya datang ke toko perhiasan, kamu juga bisa mengukurnya sendiri di rumah. Maka dari itu, ikuti sederet langkah berikut yang bisa membantu kamu untuk menemukan ukuran cincin yang tepat.

3 Cara Mengukur Size Jari  Cincin yang Tepat

  1. Mengukur Jari

    Untuk mengukur jari sendiri, kamu bisa melakukan dengan berbagai cara. Pertama balutkan pita pengukur mengelilingi jari. Kamu bisa memakai kertas biasa yang sudah dipotong panjang. Jangan membalut kertas tersebut terlalu ketat. Ingat bahwa cincin kawin harus terpasang dengan pas dan harus terasa nyaman.

    Jari-jari kita memiliki ukuran yang berbeda jadi kamu harus mengetahui bahwa perhiasan tersebut akan diletakkan di sisi kanan atau kiri. Jadi pastikan dengan betul mengukur jari yang tepat. Misalnya untuk cincin kawin yang akan dipasangkan pada jari manis tangan kanan. Kamu harus mengukur jari manis pada bagian tangan kanan bukan tangan kiri.

    Mungkin kamu bertanya kapan waktu terbaik untuk mengukur size jari? Jawabannya adalah malam hari sebab ini adalah ukuran paling akurat sebab bisa jadi ukuran jari sedikit berubah bila beda waktu. Hal ini mirip dengan mengukur ukuran kaki.

    Setelah sudah selesai diukur, kamu tinggal mencatat ukuran tempat pita yang saling bertemu. Tuliskan di lembaran kertas untuk mencatat ukuran dalam satuan inchi atau milimeter. Ukuran ini tergantung pada penjual cincin. Biasanya toko perhiasan memakai dua satuan itu. Tapi kamu bisa menanyakannya kepada tempat perhiasan tersebut.

    Berikutnya, kamu tinggal membandingkan hasil pengukuran tadi dengan tabel ukuran. Untuk melihat tabelnya, kamu tinggal mencarinya di internet karena sudah banyak informasi ini. Tapi agar jauh lebih yakin, kamu bisa menanyakan tabel ukuran pada toko perhiasan tempat kamu akan membuat cincin.

    Tabel ini akan mengubah ukuran jari yang sudah diukur tadi menjadi ukuran cincin. Misalnya jari kamu berukuran 60 mm maka ukuran cincinnya adalah 9. Jika hasil pengukuran tersebut ada dua ukuran, kamu sebaiknya memilih ukuran yang terbesar.

  2. Memakai Bagan Ukuran Lingkaran

    Kamu bisa mencari bagan ukuran lingkaran yang ada di internet. Setelah menemukannya, kamu bisa mencetak bagan tersebut. Bagan itu akan berisi banyak lingkaran dengan berbagai ukuran. Agar lebih akurat, kamu juga bisa meminta bagan ini dengan toko perhiasan di mana kamu membuat cincin. Dengan begitu, ukurannya akan jauh lebih tepat.

    Kamu tinggal mengira-ngira ukuran mana yang cocok dengan jari yang akan dipakaikan cincin. Kamu tinggal menggunting lingkaran tersebut dan mencobanya. Ada cara lain yang bisa kamu coba yaitu melilitkan kawat ke jari kemudian membandingkan dengan bagan tadi. Pastikan bahwa ukuran yang kamu coba sudah benar-benar tepat. Tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu longgar. Selain menggunakan kawat atau langsung mencoba dengan bagan tersebut, kamu juga bisa memakai bantuan cincin lama yang kamu miliki. Caranya mudah. Cukup letakkan cincin tersebut ke atas bagan.

    Coba cari mana lingkaran yang paling menyerupai dengan ukuran cincin tersebut. Bila ternyata ada dua ukuran yang sama atau hampir mendekati ukuran cincin tersebut, pilihlah ukuran yang lebih besar. Ingat bahwa jari seseorang sangat mungkin membesar seiring berjalannya waktu. Ukuran yang terlalu kecil akan mengakibatkan iritasi karena terlalu sempit.

  3. Langsung ke Toko Perhiasan

    Dua cara mengukur size jari di atas adalah cara yang bisa kamu lakukan di rumah. Cara yang pastinya lebih akurat adalah mengukurnya langsung ke toko perhiasan. Tak hanya pengukuran yang lebih akurat, pastinya kamu bisa mencicipi langsung ukuran cincin agar memastikan cincin tersebut benar-benar nyaman dipakai.

Baca juga:  6 Mitos Tentang Investasi Emas yang Tidak Harus Dipercaya

Untuk langkah lebih mudah lainnya, kamu bisa juga melihat video dari instagram V&Co Jewellery berikut ini:

Itu dia sederet cara mengukur size jari yang bisa kamu lakukan di rumah. Tentu kamu dan pasangan harus memastikan bahwa ukuran tersebut pas karena cincin kawin harus dipakai kemana-mana. Bila tidak nyaman tentu akan menghambat aktivitas kamu.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin