Cara Memilih Cincin Berlian Mata Satu yang Tepat

Cara Memilih Cincin Berlian Mata Satu yang Tepat

Ada banyak jenis cincin berlian yang bisa kamu coba dan pakai sebagai perhiasan. Salah satunya adalah cincin berlian mata satu atau solitaire. Sebelum kamu memilih cincin berlian yang tepat, ketahui beberapa cara memilih yang tepat. Mulai dari model yang tepat sampai pemilihan berlian supaya mendapatkan cincin yang indah dan berkualitas.

Ada banyak model yang bisa kamu pilih untuk cincin berlian mata satu. Tentu saja kamu bisa menyesuaikan dengan kesukaan dan favorit kamu. Setiap bentuk tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kira-kira mana yang jadi favoritmu dari bentuk berikut ini?

1. Bentuk Bulat

Salah satu bentuk cincin yang paling banyak dipakai adalah cincin dengan bentuk bulat. Mengapa banyak orang senang dengan model ini? Salah satunya adalah refleksi cahaya yang dihasilkan dari model bulat. Refleksi cahaynya tidak tertandingi kecantikannya bila dibandingkan dengan bentuk lainnya.

Maka tak heran jika harga dari model ini umumnya lebih mahal bila dibandingkan bentuk lainnya. Model pemasangan dari model cincin ini juga mirip dengan bunga teratai. Hal tersebut membuat berlian utama bisa jauh terlihat lebih besar. Apalagi jika memakai bahan emas putih yang membuat cincin berlian ini tampak semakin indah dan elegan.

Cincin berlian berbentuk bulat memiliki makna bahwa kamu akan menikah dengan pasanganmu yang awalnya adalah seorang teman. Bulat dipercaya mengartikan sebagai simbol keceriaan dengan penuh canda dan tawa. Cincin bentuk bulat juga bisa disebut sebagai simbol cinta yang terus menerus ada.

2. Bentuk Emerald

Model cincin berlian berikutnya adalah berbentuk persegi panjang. Bentuknya yang seperti emerald membuat cincin ini termasuk menjadi favorit. Ada ciri khas dari cincin ini yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah bagian sudut yang tampak sedikit dibulatkan. Teknik ini disebut dengan bevel.

Berlian biasanya akan dipotong bagian permukaan untuk membentuk sebuah bentuk yang unik. Dengan bentuk yang unik ini, berlian tidak hanya memiliki bentuk yang tidak biasa. Cahaya juga bisa sangat memancar dengan bentuk tersebut sehingga tampak elegan dan mewah.

Bila dipakai untuk pasangan, cincin ini bermakna bahwa kamu mampu menerima pasangan kamu apa adanya baik itu kebaikan dan keburukannya. Apabila kamu orang yang romantis, cincin bentuk emerald sangatlah cocok untuk kamu.

3. Bentuk Kotak

Model cincin berlian mata satu berikutnya biasa disebut dengan model Princess. Pada model ini semua sudutnya memiliki besaran 90 derajat. Desain cincin emas ini ternyata sudah ada sejak 1980 dan pertama kali muncul dari Amerika Serikat. Model berlian ini ternyata jauh lebih bernilai dan mahal bila dibandingkan dengan bentuk berlian persegi panjang.

4. Bentuk Oval

Bentuk oval pada dasarnya mirip dengan model bulat. Namun ada sedikit perbedaan pada bagian ujungnya yang memanjang. Maka bisa dibilang bentuk oval ini umumnya lebih besar bila dibandingkan model cincin bulat. Tentu saja ini bisa menjadi variasi bila kamu merasa bosan dengan bentuk cincin bulat.

5. Model Marquise

Cincin berlian mata satu berikutnya memiliki model yang memanjang dengan ujung meruncing. Siapa sangka model satu ini terinspirasi dari senyum selir Raja Louis XV di Perancis. Modelnya pun masih menjadi primadona di kalangan kolektor perhiasan.

6. Model Hati

Tentu saja model hati akan selalu menjadi model yang diminati banyak orang. Perempuan biasanya akan senang dengan model cincin yang satu ini. Modelnya modern dan juga romantic. Tidak hanya itu saja, model ini juga tetap memberikan kesan yang cantik namun simpel.

Cincin berlian mata satu tidak hanya memilih sesuatu yang kekinian saja. Kamu harus menentukan sendiri model cincin yang sesuai dengan selera. Misalnya saja seperti apa bentuk berlian yang diinginkan. Tak hanya sampai di berlian saja tetapi juga bentuk dan bahan dari badan cincinnya. Bahkan, kamu bisa membuat kreasi dari badan cincin tersebut.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Cincin Berlian Mata Satu?

Cincin Berlian Mata Satu 2
Tak hanya dari bentuknya saja, membeli cincin berlian mata satu juga harus memperhatikan banyak faktor. Tiap orang memiliki selera masing-masing. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan selera. Bentuk cincin berlian mata satu biasanya memiliki batu berlian yang tidak sampai pada 1 karat dengan rentang 0,07-0,75 karat. Sedangkan emas yang membalut batu cincin tersebut biasanya berkadar 18 karat.

Artinya berlian yang dipakai tidak terlalu besar. Sebab, cincin ini juga bisa dipakai untuk cincin nikah sehingga akan dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Bila batunya terlalu besar maka justru akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pastinya akan repot bila memiliki cincin dengan model terlalu besar.

Berikutnya dari segi bahan cincin. Logam yang dipakai juga harus disesuaikan. Emas putih dianggap sangat cocok dengan batu berlian yang berwarna murni. Namun ada hal yang harus diperhatikan. Salah satu yang penting adalah ketebalan badan cincin berbahan emas tersebut.

Layaknya memilih sebuah pakaian, cincin berlian juga perlu dicocokkan dengan jenis jari. Misalnya jari yang cenderung ramping, sebaiknya dipasangkan dengan badan cincin yang sedikit tebal. Hal ini untuk menambah kesan ideal pada jari. Sementara jika jari terlalu besar sebaiknya memakai badan cincin yang jauh lebih tipis.

Model cincin berlian terbaru solitaire ini memang memiliki model cincin yang memiliki satu batu berlian di tengah badan cincin. Tapi untuk bentuk badan cincin sendiri, kamu bisa jauh lebih kreatif. Misalnya saja ada model kekinian yang cukup banyak dipakai orang adalah ukiran dari badan cincin itu sendiri.

Beberapa ukiran yang diukir pada badan cincin adalah seperti ukiran batik, fingerprint, nama, dan syahadat. Kembali lagi hal-hal seperti ini adalah contoh semata dan disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Model cincin lain yang cukup terkenal dan kekinian adalah cincin dengan tema rustic.

Cincin dengan tema rustic sangat cocok dengan kamu yang ingin mengabadikan cincin dan momen pernikahan dengan tema yang senada. Misalnya saja kamu bisa memilih badan cincin yang berbentuk seperti tanduk rusa. Cincin berlian dengan desain unik ini tidak berfokus pada batu berliannya melainkan emas pada badan cincin. Batu berlian disematkan di sekeliling badan cincin dengan ukuran kecil atau satu di pertengahan badan cincin.

Bentuk cincin yang unik juga dipadupadan dengan tempat cincin yang senada. Tentu saja cincin berlian terbaru ini bisa dikreasikan sehingga membuat cincin pernikahan tidak hanya itu-itu saja tetapi memberikan warna tersendiri.

Dengan hal-hal di atas, sudah dipastikan kamu tidak salah lagi memilih cincin berlian mata satu. Kamu memang bisa menyesuaikan dengan selera. Namun, jangan lupa untuk memilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kamu justru salah pilih ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.