Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Cincin Berlian Wanita Simple

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Cincin Berlian Wanita Simple

Membeli cincin berlian wanita simple tidak hanya asal memilih. Agar mendapatkan cincin yang terbaik, ada baiknya kamu memperhatikan banyak faktor. Tak hanya dari modelnya yang simpel saja tetapi ada faktor lain mengenai berlian yang perlu kamu perhatikan. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan cincin berlian yang terbaik.

Ada banyak faktor penting yang membuat kamu harus berhati-hati dalam membeli cincin berlian wanita. Misalnya dari karat hingga potongan berlian. Banyak orang yang hanya melihat bentuk dan keindahannya tanpa melihat perbedaan harga. Misalnya dibanding membeli cincin berlian dengan berat 1.00 karat maka kamu bisa mengambil yang di bawahnya 0.95 karat.

Berat berlian ini kerap kali tidak disadari orang karena hanya fokus pada desainnya saja. Selain dari berlian, kamu juga harus memperhatikan bahan cincin yang akan dipakai. Banyak orang merasa malas memakai cincin emas kuning karena dianggap jadul. Padahal, emas kuning punya harga jauh lebih murah.

Ini bisa jadi pertimbangan bila kamu ingin mencari cincin berlian simple dan harganya tidak terlalu mahal. Kamu juga jangan khawatir jika memilih emas kuning lalu cincin akan cepat pudar. Kamu tinggal membawanya ke toko perhiasan lalu minta untuk dipoles kembali. Harga perawatannya juga bisa dibilang terjangkau hanya sekitar Rp 100 ribuan.

Terakhir jika kamu memang mencari cincin berlian wanita simple, tetaplah berpegang teguh pada budget. Jika ingin berinvestasi, maka kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan saja. Bila ingin dipakai untuk cincin nikah misalnya, kamu juga harus memastikan cincin yang dikeluarkan sesuai dengan budget yang kamu dan pasangan miliki.

Setelah memahami faktor-faktor penting sebelum membeli cincin berlian simple, ada baiknya kamu juga memahami betapa pentingnya mengetahui kualitas berlian. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan cincin berlian terbaik.

Cara Mendapatkan Cincin Berlian Simple yang Terbaik
CINCIN BERLIAN WANITA SIMPLE

  1. Kejernihan Berlian

    Batu mulia yang terbaik adalah yang paling jernih. Berlian pastinya tidak luput dari cacat atau noda lain yang dapat memberi pengaruh terhadap tingkat kejernihan dari berlian. Cacat ini biasanya berbentuk goresan, titik atau bentuknya seperti gelembung air. Tingkat kejernihan ini ditentukan dari besarnya cacat.

    Pastinya semakin besar cacat akan semakin besar pula harganya akan turun. Letak cacat inilah yang kemudian menentukan grade atau level dari berlian. GIA sendiri sudah membuat standar mengenai tingkat kejernihan dari sebuah berlian. Tingkat yang paling tinggi adalah FL atau Flawless. Dalam tingkatan ini, tidak ada kecacatan yang dimiliki oleh berlian.

    Grade berikutnya adalah Internally Flawless atau IF. Dalam grade ini, berlian memang tidak memiliki cacat pada bagian dalam. Tetapi ada tanda di bagian luar berlian yang hanya bisa dilihat dengan alat khusus. Level di bawahnya adalah VVS atau Very Very Slightly Included. Dalam level ini ada cacat di bagian dalam berlian yang hanya bisa dilihat memakai teropong berlian.

    Berikutnya adalah Included yang merupakan tingkatan terendah. Level cacat pada berlian ini mudah dilihat memakai kaca pembesar atau cacatnya dalam jumlah banyak sehingga akan mudah jika dilihat dengan mata telanjang.

  2. Cek Warna

    Siapa sangka ternyata tips memilih cincin berlian wanita simple bisa dilihat dari segi warnanya. Sebab, warna menentukan harga dan juga keindahannya. Maka dari itu, warna berlian merupakan faktor utama di saat kita sedang  memilih berlian. Perlu kamu ketahui bahwa berlian sebenarnya muncul dari karbon yang mengalami proses pemampatan hingga akhirnya mengeras.

    Proses ini akhirnya menghasilkan batu keras yang berwarna kering. Namun seiring dengan prosesnya kerap kali ada zat-zat lain yang muncul sehingga membuatnya menjadi warna. Misalnya ketika ada zat nitrogen akhirnya membuat warna berlian menjadi sedikit agak kekuningan.

    Maka tak heran jika berlian yang benar-benar bersih tanpa warna termasuk ke dalam jenis berlian yang langka. Bila dilihat dari standar yang dibuat oleh Gemological Institute of America atau GIA, warna berlian dibagi skalanya mulai dari D sampai Z. Lembaga internasional yang dipercaya untuk menganalisis kualitas berlian ini menggolongkan berlian yang paling sedikit jejak warnanya ke dalam skala D.

    Sementara berlian yang masih tampak banyak warnanya akan masuk ke dalam Z. Dengan kata lain semakin banyak warna yang ikut ke dalam berlian maka kualitasnya akan semakin menurun. Tentu hal ini wajib diperhatikan sebagai tips memilih berlian untuk cincin. Lalu, bagaimana caranya agar bisa melihat warna dari berlian tersebut.

    Sebagai awam kamu mungkin tak bisa melihat secara jelas jejak warna yang dimaksud. Kamu membutuhkan alat khusus yang bisa memperbesar ukuran berlian. Dengan begitu, kamu jadi bisa melihat dan menentukan kualitas dari berlian tersebut. Maka dari itu, GIA menjadi ukuran atau standar internasional yang dipercaya untuk mengukur kualitas berlian.
    Namun, kamu pasti pernah melihat berlian yang memang ada warnanya. Tentu saja hal ini berbeda karena ada standarnya sendiri. Bila berlian memiliki warna akan masuk ke dalam kelompok Fancy Color Diamond. Tentu saja parameter untuk mengukur kualitas berlian ini akan berbeda dengan yang memiliki warna bening.

  3. Cek Potongan Berlian

    Siapa sangka ternyata potongan berlian cukup memainkan peran penting dalam  menentukan kualitas sebuah berlian. Potongan berlian ternyata bisa menentukan bagaimana batu tersebut bisa memantulkan cahaya sehingga dapat menghasilkan sebuah tingkat kecemerlangan tertentu. Berlian yang sudah dipotong dengan tepat akan menghasilkan pantulan cahaya yang cemerlang.

    Meskipun warna atau kejernihannya tidak begitu bagus, tetapi potongan yang bagus akan membuatnya bagus. Sebaliknya percuma jika warna dan kejernihannya bagus jika potongannya buruk. Maka hal ini membuat banyak orang berhati-hati dalam melakukan pemotongan berlian. GIA sendiri juga menentukan standar untuk tingkat pemotongan berlian.

    Jika dilihat tingkat pemotongan bisa dilihat dari yang tertinggi sampai yang terendah. Mulai dari kelas Excellent sampai Poor. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Namun yang utama adalah bentuk dari berlian itu sendiri.

  4. Kandungan Berlian

    Setelah warna, kamu juga harus mengetahui tingkat atau kandungan dari berlian itu sendiri. Untuk menghitungnya, kamu tak bisa hanya mengukur berdasarkan volume tetapi dari berat. Dalam hal ini satuan pengukur kandungan berlian disebut dengan karat. Memang mirip dengan pengukuran kandungan emas.

    Tapi ukuran karat di sini cukup berbeda dengan ukuran pada emas. Bila pada emas, karat merupakan penunjuk dari tingkat kemurnian sebuah perhiasan. Misalnya ada perhiasan senilai 24 karat. Artinya perhiasan tersebut terdiri dari emas murni.

    Sementara pada berlian, tingkat karat dilihat dari beratnya. Semakin besar bentuk berlian maka akan semakin tinggi karatnya. Tentu hal ini juga akan bersamaan dengan harganya yang semakin tinggi. Namun tentu tidak hanya dilihat beratnya saja. Ada faktor lainnya yang mungkin harus diperhatikan seperti warna yang sudah dijelaskan di atas.

Cincin berlian wanita simple untuk fashion memang pada dasarnya tidak akan terlalu besar ukurannya sehingga karatnya akan kecil. Biasanya berlian dengan ukuran 0,5 karat ke atas adalah berlian yang cocok untuk dijadikan investasi. Meski simple, namun ada kalanya cincin dengan model ini yang cocok untuk style kamu. Tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *