Promise Ring, Cincin Buat Pacar untuk Rencanakan Masa Depan

Kamu pasti sudah mengenal cincin kawin dan cincin tunangan, tapi pernah dengar promise ring atau cincin buat pacar? Lain dengan cincin kawin yang dipakai oleh pasangan yang sudah menikah atau pun cincin tunangan yang dipakai sebelum pasangan akan melangsungkan pernikahan, promise ring ini diberikan jauh sebelum kamu bertunangan. Jadi, prosesnya adalah promise ring, kemudian cincin tunangan, dan terakhir cincin kawin.

Promise ring atau cincin buat pacar ini baru muncul pada beberapa abad belakangan ini. Berbeda dengan cincin pertunangan yang diberikan delapan bulan atau satu tahun sebelum pada akhirnya melangsungkan pernikahan dan menggantinya dengan cincin kawin, promise ring atau cincin buat pacar ini diberikan jauh sebelum kamu benar-benar siap untuk hubungan yang lebih serius lagi dengan kekasihmu. Promise ring atau cincin buat pacar memiliki arti janji dan setia.

Di Indonesia tentunya tidak mengenal konsep promise ring atau cincin buat pacar ini. Para pasangan cenderung melihatnya sebagai sekedar menjadi hadiah ulang tahun atau hadiah peringatan hari jadi pada saat masih berpacaran atau saling mengenal, padahal promise ring atau cincin buat pacar ini memiliki artian lebih dalam daripada itu, yaitu bersedia untuk berkomitmen di masa depan. Selain itu ada sisi dimana promise ring dipergunakan untuk membatasi naluri atau insting kamu untuk penasaran terhadap orang lain pada saat kamu sedang dalam sebuah hubungan asmara.

Bagaimana, masih bingung? Mari lihat jangka waktu fungsi cincin masing-masing. Kamu pasti sudah tidak bertanya lagi tentang cincin kawin, bukan? Namun, bagaimana dengan cincin tunangan? Cincin tunangan diberikan dengan jangka waktu tertentu sebelum akhirnya melangsungkan pernikahan dan saling bertukar cincin kawin. Pada jangka waktu tertentu tersebut, kamu dan pasanganmu sudah serius untuk berkomitmen dan mulai menabung untuk pesta pernikahan kalian.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Cincin Tunangan Emas

Lalu kapan promise ring diberikan? Promise ring atau cincin buat pacar ini diberikan pada awal-awal kamu dan pasanganmu baru saling mengenal karakter atau watak masing-masing dengan itikad untuk berkomitmen terhadap satu sama lainnya. Di Barat sendiri, promise ring sangat penting untuk menjaga harmonisasi sebuah hubungan yang masih muda tapi tetap mau serius. Banyak contoh dimana hubungan asmara para pasangan muda dimulai pada saat masih SMA, lalu promise ring atau cincin buat pacar diberikan pada saat lulus atau masuk kuliah, setelah kuliah selesai pasangan akan bertunangan, dan kemudian menikah setelah bekerja.

Baca juga:  Buat Cincin Couple Tunangan Custom, Yuk!

Tidak sedikit pasangan, terutama pihak perempuan, yang terbuai dengan rasa berbunga-bunga ketika diberikan cincin dan berpikir bahwa segalanya akan berjalan lancar hingga kamu dan pasanganmu lebih dewasa dan bisa mengulang kembali itikad ini ke jenjang yang lebih serius, yaitu bertunangan. Tidak seperti itu. Promise ring ini jauh lebih rapuh untuk dipatahkan karena kamu dan pasanganmu berada pada masa-masa perkenalan yang masih sangat awal. Banyak kasus yang mengira rasa berbunga-bunga itu adalah tanda-tanda cinta yang telah bersemi dan siap menerima terjangan badai dan topan. Itu adalah salah persepsi.

Ketika kamu menerima cincin dari awal-awal hubungan kamu, tanyakan apakah status cincin itu adalah promise ring atau bukan dan pastikan jawaban yang diberikan haruslah separuh logis. Promise ring is a big deal. Fungsi dan kuasanya sama seperti cincin tunangan, jadi sebaiknya kamu tanyakan kembali apakah dia memang bersedia untuk mengikat janji setia dalam berhubungan denganmu.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin