Mengenal Lebih dalam Tentang Cincin Emas Kawin

Mengenal Lebih dalam Tentang Cincin Emas Kawin

Emas merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam bentuk perhiasan, salah satunya adalah bentuk cincin kawin. Walaupun cincin emas kawin terkenal dengan harganya yang cukup mahal, tetapi kualitas dari cincin kawin tersebut sebanding dengan budget yang harus dikeluarkan. Untuk mengenal lebih dalam tentang cincin emas kawin, simak kelebihannya di bawah ini.

1. Lunak dan mudah dibentuk

Kelebihan pertama yang paling umum diketahui banyak orang yakni emas merupakan salah satu logam mulia memiliki sifat lunak, bahkan lebih lunak daripada perak. Dengan sifat tersebut, tentunya emas akan lebih mudah ditempa dan dibentuk dengan berbagai macam bentuk cincin yang unik.

2. Mudah ditemukan

 Tak heran jika di toko perhiasan, rata-rata yang dijual adalah perhiasan dengan bahan dasar emas. Hal tersebut didukung oleh fakta bahwa emas memang sangat mudah ditambang dan diolah menjadi perhiasan. Itulah alasan mengapa cincin emas sangat mudah untuk ditemukan.

3. Memiliki beragam pilihan jenis

Pasti kamu sudah familiar dengan sebutan emas kuning dan emas putih. Kedua jenis emas tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tak hanya lunak dan mudah ditemukan, tetapi cincin kawin emas juga memiliki beragam jenis pilihan yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan.

Aturan Besaran Gram Cincin Kawin

Tidak pernah ada aturan baku yang mengatakan berapa pastinya besar gram pada cincin kawin. Hal ini tentu saja hanya berpengaruh langsung terhadap berapa besarnya berat emas berdasarkan bentuk dari cincin tersebut. Secara umum, biasanya cincin kawin emas memiliki berat sebesar 3,5 gram.

Aturan cincin kawin sebesar 3,5 gram yang biasa dipakai secara umum telah menjadi besaran angka yang tepat. Hal ini dikarenakan beratnya yang cukup ringan sehingga tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kembali lagi, 3,5 gram ini bukanlah sebuah patokan yang harus kamu ikuti. Kamu bisa memilih cincin kawin emas yang memiliki berat di bawah angka tersebut karena hal itu tergantung pada budget serta kemampuan masing-masing. Seperti misalnya, pada cincin yang memiliki berat 2 gram akan menghasilkan bentuk cincin dengan model tipis dan ringan.

Hubungan Besar Gram dengan Kadar Emas

Kerap kali banyak orang yang tidak menggubris hal penting yang satu ini ketika membeli cincin emas kawin. Kebanyakan dari mereka hanya melihat cincin dari segi tampilannya yang tampak mewah, elegan, ataupun glamor. Mereka tidak menyadari bahwa besarnya kadar emas juga memiliki peranan penting dalam dunia perhiasan.

Kadar emas adalah suatu jumlah emas yang terkandung di dalam sebuah perhiasan. Kita ambil contoh, ada sebuah perhiasan yang dikatakan mengandung 80% emas. Hal ini berarti bahwa 80% dari suatu kandungan dalam perhiasaan tersebut adalah logam mulia berupa emas. Sedangkan sisanya yang sebanyak 20%, merupakan kandungan bahan lainnya yang sudah menjadi campuran contohnya nikel dan tembaga.

Emas sendiri memiliki tingkatan karat yang berbeda yaitu 24 karat, 22 karat, 18 karat, sampai 9 karat yang paling kecil. Tentu saja semakin kecil kadar karat, semakin murah harganya, namun juga semakin rendah kualitas pada cincinnya.

Selain itu, pertimbangan berupa cocok tidaknya cincin tersebut dipakai dalam kegiatan sehari-hari juga berhubungan dengan kadar karat. Apabila kamu memilih membeli cincin kawin emas 24 karat, rasanya bukanlah pilihan yang benar karena akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jadi, sebelum membeli cincin emas, ada baiknya kamu pertimbangkan kadar karat dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan kamu masing-masing.

Kadar Emas untuk Cincin Kawin

Kadar emas untuk cincin kawin juga bukan merupakan patokan yang harus kamu utamakan. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kadar emas disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing. Seperti pada contoh emas 24 karat, yang memang tidak cocok untuk kamu pakai di kegiatan sehari-hari.

Kesimpulannya, tidak pernah ada aturan baku yang mengatakan dengan pasti patokan kadar emas yang dipakai pada cincin kawin. Kadar emas hingga berat yang ada pada cincin kawin disesuaikan dengan kemampuan pada masing-masing pengantin.

Jenis-jenis Batu Permata Untuk Cincin yang Elegan dan Glamor

  • Berlian

Batu permata yang pertama dan banyak sekali dijadikan pilihan untuk menghiasi cincin emas milikmu. Berlian sendiri merupakan mineral paling keras yang ada di Bumi dan kemudian dibentuk sedemikian rupa dan secara alami memantulkan cahaya sekitarnya. Kilauan cahaya yang terkesan mewah dan elegan inilah yang membuat banyak orang ingin cincin kawin berlian.

  • Amethyst

Bagi kamu yang lahir di bulan Februari, mungkin kamu akan sangat cocok dengan batu permata ini. Warnanya yang cantik yaitu ungu dan terkesan lembut membuat batu permata ini tidak kalah populer dengan batu permata yang lainnya.

Terlebih lagi ketika kita tahu bahwa warna ungu sangat erat dikaitkan dengan sejarah raja, ratu, dan para keluarga kerajaan lainnya. Hal ini tentu membuat batu permata Amethyst kian digandrungi banyak orang.

  • Sapphire

Umumnya, batu permata ini memiliki warna biru yang sangat menawan. Namun, ada juga batu Sapphire yang memiliki warna lain seperti kuning, putih, sampai merah maroon. Batu ini biasanya disematkan pada cincin yang berukuran sangat besar dengan dikelilingi batu permata berbentuk kecil di bagian samping batu Sapphire.

  • Ruby

Yang terakhir adalah batu permata Ruby. Batu ini memiliki warna dasar merah yang sangat identik dengan kisah cinta romantis. Batu permata ini juga sering disebut dengan batu permata merah delima. Seperti nama buah, bukan? Batu ini juga tak kalah populer karena warnanya yang memiliki lambang cinta.

Tips Sebelum Membeli Cincin Kawin Emas

  1. Sesuaikan budget

    Seperti yang kita tahu bahwa cincin emas memang memiliki harga yang lebih mahal daripada beberapa logam jenis lain, seperti perak. Jadi, sebelum menentukan cincin mana yang akan kamu pilih, ada baiknya kamu sesuaikan terlebih dahulu antara budget dengan kualitas cincin tersebut.

  2. Memperhatikan kadar emas

    Kadar emas akan mempengaruhi harga cincin emas kawin itu sendiri. Maka tidak ada salahnya jika kamu menghitung terlebih dahulu berapa kadar emas sesuai dengan penjelasan peraturan kadar emas diatas.

  3. Memilih desain dan model sesuai kemampuan dan kemauan

    Desain dan model cincin emas kawin memiliki pengaruh yang sangat besar pada harga cincin tersebut. Desain dan model yang rumit tentu saja dijual dengan harga lebih mahal daripada desain dan model biasa.

Itulah tadi ringkasan mengenai cincin emas kawin yang bisa kamu simak agar dapat lebih mengenal dengan cincin tersebut. Memilih cincin kawin berbahan emas memang bisa dianggap gampang-susah, karena kamu harus memperhatikan beberapa aspek sebelum membelinya.

Namun, kamu bisa memilih produk cincin yang sesuai kemampuan dan kemauan kamu dan pasangan dengan berkonsultasi lebih lanjut kepada para jewellery consultant kami. Kunjungi link di bawah ini dan segera miliki cincin kawin terbaikmu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *