Memahami Berat Cincin Kawin yang Ideal

Berapa Berat Cincin Kawin yang Ideal?

Dalam memilih cincin kawin, umumnya kamu dan pasangan dihadapkan pada besar gram yang akan dipilih untuk dijadikan sebagai cincin kawin. Mungkin terdengar sepele, tetapi berat cincin kawin juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pemakaian cincin itu di berbagai aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kamu dan pasanganmu harus mengetahui berapa gram berat cincin kawin yang ideal agar lebih nyaman ketika dipakai.

Berat Gram Idealnya Cincin Kawin

Tidak ada aturan baku yang mengatakan berapa pastinya besar gram pada cincin kawin. Hal ini tentu saja hanya berpengaruh langsung terhadap berapa besarnya berat cincin berdasarkan bentuk dari cincin tersebut. Secara umum, biasanya cincin kawin emas memiliki berat sebesar 3,5 gram.

Aturan cincin kawin sebesar 3,5 gram yang biasa dipakai secara umum telah menjadi besaran angka yang tepat. Hal ini dikarenakan beratnya yang cukup ringan sehingga tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kembali lagi, 3,5 gram ini bukanlah sebuah patokan yang harus kamu ikuti. Kamu bisa memilih cincin kawin yang memiliki berat di bawah angka tersebut karena hal itu tergantung pada budget serta kemampuan masing-masing. Seperti misalnya, pada cincin yang memiliki berat 2 gram akan menghasilkan bentuk cincin dengan model tipis dan ringan.

Jika kamu dan pasangan termasuk ke dalam orang yang tidak suka membersihkan cincin atau perhiasan lainnya, maka berat 3,5 gram menjadi berat yang ideal dan cukup untuk dimiliki. Kamu bisa memilih berbagai model cincin yang kamu inginkan dengan menyesuaikan berat cincin itu sendiri. Jadi, kesimpulannya adalah cincin kawin yang ideal dan lebih dari cukup adalah sebesar 3,5 gram, tetapi angka tersebut tidak bisa menjadi patokan untuk mereka yang lebih menyukai cincin kawin yang lebih berat maupun lebih ringan.

Aturan Berat Cincin Kawin Sebagai Mahar Pernikahan

Berat cincin kawin ideal sendiri sebenarnya bergantung kepada ajaran serta budaya dan agama di setiap adat. Misalkan saja, dalam agama Islam dianjurkan untuk menggunakan mahar pernikahan yang bisa saja berupa cincin kawin atau mas kawin. Untuk cincin kawin sendiri, diperuntukkan sebagai persembahan dari pengantin pria kepada pengantin wanitanya.

Dalam aturannya, biasanya cincin yang dipakai nanti tidak boleh terbuat dari bahan dasar emas karena dalam agama Islam hukumnya haram. Tak perlu sedih, karena selain berbahan dasar emas, ada juga bahan dasar lain yang boleh dipakai dan tidak kalah menarik daripada bahan dasar emas. Seperti titanium, perak, palladium, dan platinum.

Seperti pembahasan di poin sebelumnya bahwa tidak ada aturan khusus yang mengatur tentang berapa berat cincin kawin untuk dijadikan sebagai mahar dalam pernikahan. Hal ini kembali disebabkan karena semuanya tergantung dengan berapa besarnya budget dan kemampuan dari masing-masing pengantin.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Kawin

Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Kawin

1. Kadar Karat

Karat yang ada dan dimiliki oleh sebuah emas hanya berkisar pada maksimal 24 karat saja. Kamu hanya perlu menghitung berapa besaran kadar emas dengan cara yaitu membagi sebuah kadar emas itu dengan 24 karat, yakni kadar karat maksimal yang dimiliki emas. Pada dasarnya, semakin tinggi kadar karat pada cincin emas tersebut, semakin tinggi pula harga yang diberikan.

2. Bahan Baku

Bahan baku memiliki pengaruh yang besar terhadap kisaran harga pada cincin kawin, umumnya yakni cincin berbahan emas. Namun, banyak bahan cincin lain yang bisa kamu pilih seperti perak, karena perak memiliki harga yang jauh lebih murah dari pada emas. Jadi, kamu bisa menentukan bahan apa yang hendak kamu pilih sesuai dengan ketersediaan budget yang kamu miliki.

3. Kadar Bahan

Selanjutnya, kandungan bahan pada cincin juga berpengaruh terhadap harga pada cincin itu sendiri. Sama dengan perhitungan pada berat cincin, semakin besar persentase logam murni pada cincin, maka harganya akan lebih mahal. Jadi, pemilihan bahan juga bisa kamu pertimbangkan dengan matang.

4. Desain dan Model

Cincin kawin memiliki desain yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk batik, polos bergelombang, bahkan inisial nama. Hal ini yang membuat desain dan model cincin menjadi faktor penentu harga cincin per gram. Tentunya desain yang unik dan rumit memiliki harga lebih tinggi daripada desain yang sederhana.

5. Penyematan Batu Permata

Para pengrajin cincin biasanya juga mendengar permintaan para pembelinya tentang cincin kawin. Batu permata menjadi pilihan yang tepat untuk itu, mereka memberikan batu permata sebagai tambahan aksen di sekitar cincin kawin. Semakin langka, bagus, dan menawan batu permata yang dipilih, semakin tinggi juga harga cincin kawinnya.

6. Berat pada Cincin

Faktor terakhir adalah berat pada cincin kawin itu sendiri. Gramasi cincin bisa dibuat untuk menentukan harga cincin per gramnya. Karena tergantung kepada ukuran di setiap masing-masing cincin emas tersebut.

Harga dan Model Cincin Kawin Per Gram

Harga cincin kawin per gram dibedakan dengan bahan cincin kawin itu sendiri. Pada pembahasan kali ini, kami akan menjabarkan berat cincin kawin emas per gramnya. Karena emas merupakan bahan cincin yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat.

Seperti yang kita ketahui, bahwa harga cincin emas dari satu toko akan berbeda dengan toko yang lainnya. Memang bukan tanpa alasan, karena itu kamu sebagai calon pembeli harus bisa mengetahui aspek apa yang mempengaruhi adanya perbedaan harga tersebut.

Di tahun 2021 ini, harga emas per gram sendiri sudah mencapai pada angka 831.000, dengan patokan harga tersebut, kamu sudah bisa menelusuri lebih lanjut tentang berapa kisaran harga untuk cincin emas per gram di toko emas yang hendak kau kunjungi.

  • Simple WR0196
cincin kawin palladium

Model cincin kawin yang satu ini memiliki berat 3 gram untuk ukuran tangan wanita 11. Bentuknya yang glossy and doff bisa memberikan kesan yang elegan dan tidak ketinggalan zaman karena unik modelnya. Cincin emas putih dengan penyematan Swarovski atau center diamond atau bahkan polosan saja, bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 4,9 jutaan saja.

  • Simple WR0042

Selanjutnya, masih untuk ukuran jari wanita 11, cincin emas putih WR0042 ini juga memiliki berat 3 gram. Dilapisi dengan rhodium dan dapat memilih ingin menambahkan Swarovski, center diamond atau polos saja. Harga cincin ini yakni Rp. 5,8 jutaan.

  • Simple WR0148

Terakhir, cincin sederhana dengan model yang mewah ini juga bisa kamu pilih untuk ukuran jari wanita 11 dengan berat 3 gram. Model round diamond dengan bahan emas putih bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 4,9 jutaan saja.

Itulah penjelasan singkat mengenai harga cincin kawin per gram yang ideal dan bisa menjadi inspirasi ketika kamu hendak membeli cincin kawin bersama pasangan. Kesimpulannya, cincin kawin per gram memiliki harga yang berbeda-beda di setiap tokonya. Karena banyak faktor yang mempengaruhi harga cincin kawin per gram, seperti kadar karat, kadar bahan, bahan baku, desain dan model, penyematan batu permata, dan berat cincin itu sendiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *