Mengintip Trend Cincin Nikah di Tahun 2021

Mengintip Trend Cincin Nikah di Tahun 2021

Di setiap momen pernikahan, biasanya ada satu tradisi yang sangat umum atau selalu rutin dilakukan, yakni memasangkan cincin nikah di jari masing-masing pasangan calon pengantin. Namun, tahukah kamu bahwa tren cincin nikah berbeda-beda  dan berubah setiap tahunnya, pastinya kamu tidak ingin ketinggalan tren bukan? Oleh karena itu, berikut ini akan kami jabarkan secara lengkap bagaimana tren cincin nikah 2021 ini.

Momen pernikahan adalah suatu momen yang memiliki arti mendalam bagi setiap pasangan yang ingin melanjutkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius. Karena momen pernikahan ini adalah masa permulaan dua orang insan yang memutuskan untuk menua bersama. Sekaligus menyatukan dua keluarga menjadi kerabat.

Untuk menyempurnakan momen spesial ini, kamu tentunya wajib up to date dalam setiap persiapan pernikahannya. Salah satu yang trennya sering berubah adalah tren cincin nikah. Seperti apa trennya di tahun ini?

Trend Cincin Nikah 2021

Di tahun 2021 ini, ada beberapa trend cincin nikah yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk memilih model cincin nikah yang up to date dan tidak ketinggalan zaman. Tren cincin nikah tahun 2021 ini memiliki beragam model, gaya, dan material yang cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Yuk, intip bagaimana tren cincin nikah di tahun 2021 ini!

1. Cincin Emas dengan Berlian

Memahami Berat Cincin Kawin yang Ideal

Di tahun 2021 ini, model cincin emas yang simple masih banyak digandrungi oleh para pasangan pengantin yang hendak menikah. Cincin emas banyak dipilih karena bisa dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. Jika kamu masih ingin memakai tren cincin emas simple, cobalah untuk memadukan cincin emas tersebut dengan aksen berlian.

Perpaduan antara emas kuning yang dimodel seperti lekukan sederhana akan memanjakan mata orang yang melihatnya. Kesan sederhana yang terpancar dari cincin model ini bisa membuat seseorang yang tidak suka menggunakan perhiasan pun akan mau memakainya. Desain cincin seperti ini cocok untuk pasangan pengantin yang menyukai kesederhanaan tapi tidak meninggalkan kesan keindahan.

2. Cincin Emas Polos

Trend Cincin Nikah 2021

Tak hanya cincin emas yang diberikan aksen berlian, cincin emas polos juga masih banyak diminati di tahun 2021 ini. Jika kamu bukan termasuk orang yang menyukai model cincin pertama tadi dan ingin yang lebih sederhana, cincin emas polos mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Memang cincin ini terlihat polos biasa jika dilihat hanya sekilas saja.

Namun, tidak perlu khawatir karena saat dipakai, cincin emas polos ini akan terlihat lebih elegan. Model cincin ini sangat cocok untuk kamu dan pasangan yang menyukai desain simple dan elegan. Terutama jika kamu dan pasangan termasuk ke dalam orang yang tidak suka mengenakan perhiasan cincin, cincin model ini sangat pas karena tidak terlalu mengganggu penampilan dan tetap akan terlihat sederhana tanpa aksen yang memberikan kesan berlebihan.

3. Cincin Palladium Ornamen Simple

Masih dalam ranah cincin dengan gaya simple, selain emas kamu juga bisa memilih cincin berbahan palladium yang satu ini. Tak perlu kamu ragukan lagi, bahan palladium memang tidak kalah bagus dengan logam mulia yang lainnya. Sehingga kamu juga tidak akan ketinggalan zaman saat memakainya.

Aksen ornamen seperti berlian maupun model garis minimalis pada cincin yang tidak terlalu ramai akan memberikan kesan simple namun tetap elegan. Kamu bisa menambahkan aksen berlian kecil di sekeliling cincin untuk cincin nikah wanita, sedangkan untuk cincin nikah pria, pilihlah model atau desain minimalis seperti garis yang melingkar di sepanjang cincin.

4. Cincin Palladium Desain Belahan Hati

Trend Cincin Nikah 2021

Apakah kamu termasuk orang yang suka dengan desain-desain unik, terutama sebagai bentuk kasih sayang kepada pasangan? Jika iya, mungkin cincin palladium yang satu ini akan sangat cocok dipasangkan di masing-masing jari milikmu dan pasangan. Karena selain unik, kamu juga akan merasakan makna yang sangat mendalam pada kedua cincin tersebut.

Tren cincin belahan hati ini bermakna bahwa kedua pasangan saling menemukan belahan jiwa mereka dan menyatu atas nama pernikahan. Masalah desain atau ornamen rumit umumnya tidak disematkan ke dalam cincin ini. Bentuk setengah hati di masing-masing cincin yang apabila disatukan akan menjadi bentuk hati sempurna merupakan poin yang paling penting.

Alasan Menikah Memerlukan Cincin

Ada banyak sekali perbedaan pendapat tentang keharusan adanya cincin dalam suatu pernikahan. Namun, apakah benar menikah harus dan wajib memakai cincin nikah, lalu apa alasan menikah memerlukan sebuah cincin? Simak jawaban dari pertanyaan tersebut pada penjelasan di bawah ini.

Pada dasarnya, tidak ada aturan memikat yang mengatakan bahwa cincin adalah hal yang wajib dimiliki ketika menikah. Karena, pemakaian cincin nikah sebenarnya kembali ke tradisi dan kepercayaan di masing-masing daerah. Beberapa orang beranggapan bahwa cincin tidak dibutuhkan dalam pernikahan, tetapi sebagian besar orang percaya bahwa tradisi pemakaian cincin nikah merupakan tradisi turun menurun yang dianggap sebagai lambing kesetian.

Dari penjelasan tersebut, dapat diartikan bahwa memang tidak diwajibkan, tetapi suatu pernikahan tanpa cincin nikah akan terasa tidak sempurna. Kamu juga harus mengetahui tentang sejarah dan tradisi pemasangan cincin nikah di Indonesia seperti apa. Dengan begitu, kamu akan dapat menyimpulkan apakah cincin nikah memang diperlukan atau tidak.

Sejarah Lahirnya Tradisi Cincin Nikah

Sejarah lahirnya tradisi cincin nikah berawal dari masa kekaisaran Romawi, sebuah cincin nikah mereka gunakan untuk acara melamar seorang wanita. Nantinya, cincin tersebut yang merupakan implementasi sebuah janji seorang laki-laki untuk meminang wanitanya. Artinya, cincin lamaran tersebut adalah awal bagi seorang laki-laki yang hendak meminta wanita kepada orang tuanya.

Tradisi tersebut terasa sangat kental sehingga banyak masyarakat yang mengikutinya, bahkan tradisi cincin nikah juga telah masuk ke dalam aliran agama Kristen. Ketika abad 9, sebuah gereja memasukkan tradisi pasang cincin ini sebagai sebuah tradisi baru untuk permulaan perkawinan.

Pada abad ke-10 dan ke-11, sebuah cincin nikah tidak hanya sekadar merupakan bagian dari upacara pernikahan semata, melainkan prosesnya mulai disertai dengan adat pemberian berkat. Pemberian berkat tersebut diiringi dengan pemasangan cincin ke jari masing-masing pasangan.

Tradisi Cincin Nikah di Indonesia

Setelah mengetahui perjalanan panjang lahirnya tradisi cincin nikah di dunia, saatnya kamu mengetahui bagaimana tradisi cincin nikah di Indonesia sendiri. Negara Indonesia umumnya memakai tradisi cincin nikah sama seperti sejarahnya, tetapi agama di Indonesia masih menganggap cincin hanyalah sebuah bukti bahwa seseorang telah melangsungkan pernikahan. Agama Islam yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia juga ikut mempengaruhi adat dan tradisi pemakaian cincin nikah ini.

Perbedaan pendapat di antara kalangan ulama masih tidak menemukan titik terang tentang penggunaan cincin nikah. Sebagian ada yang membolehkan, sebagian juga malah melarangnya. Sebagai gantinya, pemberian cincin nikah bisa dimasukkan ke dalam mahar dengan tetap memperhatikan larangan penggunaan emas di dalam cincin tersebut.

Itulah penjabaran singkat tentang tren cincin nikah di tahun 2021 ini. Melihat dari sejarah dan tradisi, cincin nikah memang telah mengalami perkembangan di setiap tahunnya, terutama pada bagian modelnya. Agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman, kamu bisa melihat model cincin nikah di V&Co Jewellery.

Toko cincin kawin di Melawai Plaza dan Cikini Gold Center Jakarta ini, selalu mengupdate setiap desain cincinnya agar tetap kekinian dan sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk desain lengkapnya, kunjungi tombol di bawah ini ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *