Mengenal Tentang Cincin Tunangan Perak

Mengenal Tentang Cincin Tunangan Perak

Jika kamu sedang mencari cincin tunangan dengan harga terjangkau dan mudah ditemui, mungkin cincin tunangan perak bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang perlu kamu pertimbangkan. Selain emas, akhir-akhir ini perak juga banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan perhiasan, contohnya cincin. Tidak hanya karena harganya, perak juga dipilih karena memiliki sifat halus serta berkilau ketika dipandang.

Sifat tersebut menjadi alasan mengapa perak menjadi salah satu logam yang paling banyak diminati oleh para pengrajin perhiasan. Perak sendiri banyak dijadikan sebagai perhiasan seperti cincin tunangan dan banyak diincar oleh pria maupun wanita. Hal tersebut tidak terlepas dari sifat perak yang cocok dipadukan dengan berbagai jenis pakaian.

Kamu bisa mengenakan setelan formal maupun non formal saat menggunakan cincin perak ini. Cincin perak akan memberikan kesan yang menarik dan matching saat dipadukan dengan pakaian apa saja. Bagi kamu yang sangat mendambakan emas putih tetapi tidak dapat memilikinya, cincin tunangan dari perak ini bisa menjadi alternatif pilihan karena tidak kalah menarik.

Selain itu, harga cincin perak juga lebih bersahabat daripada harga cincin emas putih. Cincin perak juga cocok untuk kamu yang tidak memiliki budget yang tinggi tetapi ingin tampil memukau. Cincin perak ini juga mudah ditemui dimana saja, serta bisa dipadukan dengan aksen batu permata ataupun aksen manik-manik.

Alasan Perak Dijadikan Cincin Pertunangan

Alasan Perak Dijadikan Cincin Pertunangan

Cincin perak memang cukup populer dan banyak digunakan sebagai cincin tunangan. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai alasan pendukung. Berikut ini akan kami jabarkan alasan mengapa cincin perak biasa dijadikan sebagai cincin tunangan.

  • Anti korosi

Berbeda dengan logam mulia yang lainnya, perak justru merupakan suatu bahan yang memiliki sifat anti korosi. Karena sifatnya yang tidak korosif ini, maka wajar saja perhiasan dari perak seperti cincin cenderung lebih awet daripada yang lainnya. Oleh karena itu, tidak jarang para pengrajin perhiasan memilih perak sebagai bahan utama mereka dalam membuat perhiasan.

  • Mudah dibentuk

Dalam pemrosesannya, perak merupakan bahan yang memiliki sifat mudah diubah menjadi berbagai macam bentuk. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi pasangan calon tunangan yang menginginkan bentuk cincin tidak biasa atau unik.

Jadi, apabila kamu menginginkan bentuk rumit seperti lambang hati, sulur pohon yang melilit, bentuk hewan atau bentuk tertentu lainnya, maka memilih cincin berbahan perak bisa menjadi alternatif yang bisa kamu pilih.

  • Mudah disolder, dipoles, dan dilapisi

Alasan ketiga yakni perhiasan berbahan perak juga mudah untuk disolder, dipoles, maupun dilapisi dengan bahan apa saja. Hal tersebut dipengaruhi oleh warna asli perak yakni campuran abu-abu ke putih yang netral sehingga cocok dipadukan dengan warna apa saja.

Tak hanya tetap cantik saat dipadukan dengan batu mulia berbagai warna, perak juga bisa dilapisi dengan berbagai macam lapisan bahan sehingga akan tetap unik dan berbeda dengan yang lain.

  • Harga jauh lebih murah

Perak memang terkenal dengan harganya yang sangat murah sehingga populer di berbagai kalangan, seperti kalangan bawah sekalipun. Bahkan, bahan perak ini jauh lebih murah dan relatif stabil dibandingkan dengan perhiasan berbahan emas.

Jika kamu dan pasangan tidak memiliki cukup budget untuk membeli cincin tunangan berbahan emas, mungkin cincin dengan material perak bisa menjadi pilihan selanjutnya yang bisa kamu beli.

  • Mencegah infeksi, iritasi, serta termasuk antimikroba

Alasan kelima mengapa cincin perak dijadikan sebagai perhiasan cincin pada cincin tunangan karena memiliki sifat alami sebagai antimikroba serta anti iritasi. Dengan sifat tersebut, maka cincin tunangan yang terbuat dari perak akan aman ketika bersentuhan dengan kulit yang sensitif sekalipun.

Jika kamu atau pasanganmu memiliki alergi saat memakai cincin tunangan berbahan logam mulia lain, cincin perak bisa kamu pilih karena aman ketika dipakai untuk semua jenis kulit bahkan saat dipakai beraktifitas.

  • Dapat dijual kembali

Selanjutnya, pertimbangan perak sebagai cincin tunangan adalah karena cincin perak bisa dijual kembali. Berbeda dengan cincin emas yang seiring berjalannya waktu, harganya semakin murah bahkan tidak bisa dijual, cincin perak justru sebaliknya. Meskipun harganya tidak bisa dilawankan dengan cincin mahal lainnya, tetapi harga perak yang relatif stabil bisa mencukupi.

  • Investasi perak memiliki nilai yang tinggi

Terakhir, meskipun sudah dibahas tentang harga cincin perak yang relatif murah, tetapi banyak orang yang memilih menyimpan cincin perak sebagai sebuah investasi jangka panjang. Seperti yang sudah disebutkan, bahwa cincin perak memiliki harga yang lebih stabil jika dibandingkan dengan harga emas yang cenderung menurun setiap tahun. Jadi, jika suatu hari kamu dan pasangan sedang memiliki kesulitan ekonomi, maka cincin tunangan perak bisa membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Berapa Harga Cincin Tunangan Perak?

Setelah mengetahui alasan mengapa logam ini dijadikan sebagai cincin tunangan, selanjutnya kamu juga harus tahu berapa kisaran harga cincin tunangan perak. Umumnya, setiap cincin di dalamnya memiliki kandungan logam yang berbeda-beda. Kandungan perak dalam sebuah cincin tidak murni sebanyak 100 persen, melainkan terdapat campuran logam lainnya.

Campuran logam tersebut bertujuan untuk memberikan kesan yang elegan dan indah pada cincin tunangan tersebut. Harga termurah yang bisa kamu dapatkan dari toko cincin tunangan ketika mencari cincin dengan material yang berkualitas yakni berada pada kisaran harga mulai dari 1,5jt saja. Sedangkan kisaran harga lainnya bisa tergantung dari pengaruh lain seperti model, harga jasa, campuran logam di dalamnya.

Namun, meskipun begitu cincin tunangan perak masih menempati posisi harga yang paling murah daripada cincin tunangan berbahan logam lainnya. Jadi, cincin perak sangat cocok untuk kamu dan pasangan yang hendak menghemat budget untuk acara pertunangan. Untuk harga cincin perak yang terjangkau dengan kualitas terbaik, bisa kamu dapatkan di V&CO jewellery.

Itulah pembahasan singkat mengenai cincin berbahan perak sebagai cincin pertunangan mulai dari pengertian hingga harga cincin untuk ukuran pria. Perak memang memiliki harga yang relatif murah, tetapi bukan berarti kualitas cincin perak harus disepelekan. Karena cincin tunangan perak juga memiliki beragam kelebihan lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *