Kisaran Harga Cincin Palladium Untuk Pria

Kisaran Harga Cincin Palladium Untuk Pria

Cincin palladium merupakan salah satu cincin yang terbuat dari bahan logam mulia Platinum Group Metal. Cincin palladium memiliki ciri khas berwarna putih dengan kilauan alami serta tingkat kekokohan keras yang tinggi. Pasti sebagian besar kaum pria terutama yang memeluk agama Islam, sudah paham dengan cincin palladium yang satu ini. Namun tidak jarang yang belum mengetahui berapa harga cincin palladium pria.

Sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pemeluk agama Islam, oleh sebab itu pasti banyak yang tahu tentang cincin palladium ini. Banyak pria mengganti ketentuan cincin emas mereka dengan cincin palladium dengan alasan tertentu. Untuk mengetahui alasannya, berikut ini penjelasan singkat mengenai cincin palladium bagi pria.

Bolehkah Pria Mengenakan Cincin Emas?

Seperti yang telah disebutkan, bahwa sebagian besar penduduk di Indonesia memeluk agama Islam. Sedangkan di agama Islam, sebenarnya tidak mengenal tradisi pemakaian cincin pada acara pernikahan. Dalam budaya Islam juga tidak mengenal adat pemasangan cincin selain bahan emas sekalipun, karena sebagian besar para ulama menganggap bahwa sebuah cincin kawin merupakan tradisi yang berasal dari budaya barat.

Budaya bertukar cincin sebenarnya tidak ada dalam sejarah manapun dalam islam. Budaya ini hanyalah tradisi dan budaya dari kelompok masyarakat tertentu saja. Namun, menurut sebagian ulama mereka mengatakan bahwa yang sebenarnya adalah pemakaian cincin ini bermula dari budaya barat. Maka tidak heran jika orang-orang barat selalu menyertakan proses pertukaran cincin antara kedua mempelai.

Namun, berbeda lagi dengan yang namanya tradisi pemberian mahar dimana dalam agama Islam sendiri, seperti yang kita tahu terdapat suatu tradisi bernama pemberian mahar. Mahar dalam islam sendiri memang jelas budayanya, hal ini didasarkan pada suatu hadits yang diriwayatkan oleh Nabawi. Di dalamnya disebutkan Rasulullah bersabda, “Berikanlah calon istrimu mahar meski hanya berupa cincin dari besi.”

Namun jangan salah, yang dimaksud di sini adalah hanya laki-laki yang memberikan mahar pada wanitanya meski hanya sebuah cincin dari besi. Dan sang wanita tidak memberikan cincin kepada calon suaminya. Hal ini menjelaskan tidak adanya budaya bertukar cincin dalam islam. Sampai saat ini, kebenaran budaya tukar cincin masih banyak dipertanyakan, hingga diperpanjang dalam hukum tersendiri tentang memakai cincin emas bagi pria muslim.

Banyak sumber hukum di dalam agama Islam yang mengatakan haram hukumnya bagi seorang pria muslim memakai cincin emas. Hal ini didasarkan pula dari berbagai hadits, contohnya hadits riwayat An-Nasai dan Ahmad, bahwa Rasulullah bersabda, “Sutra dan emas memang dihalalkan bagi para wanita dari umatku, namun haram hukumnya bagi para pria.” Ingat, bahwa yang menjadi poin di sini adalah ‘Emas’.

Setelah membaca hadits di atas pasti kamu sudah paham bahwa lelaki tidak dianjurkan memakai cincin emas di jarinya. Rasulullah sendiri hanya memakai cincin berbahan dasar perak dengan ukiran sendiri di jarinya. Untuk segi keformalan, bertukar cincin tidak memiliki larangan atau perbuatan haram. Namun, tetap saja laki-laki tidak diperbolehkan bahkan haram hukumnya memakai cincin berbahan dasar emas di jarinya.

Cincin Palladium Sebagai Alternatif Beserta Kelebihannya

Karena pemakaian cincin emas diharamkan dalam agama Islam, banyak yang menanyakan bahan apa yang bisa menjadi alternatif pengganti untuk dipakai oleh seorang pria. Salah satu rekomendasinya yakni cincin berbahan palladium, yang mubah atau diperbolehkan hukumnya dikenakan oleh pria muslim dalam Islam. Hal tersebut juga didukung dengan fakta bahwa Rasulullah memakai cincin selain bahan emas, yakni cincin perak.

Cincin kawin palladium adalah cincin yang terbuat dari bahan logam mulia yang berwarna putih dan mengkilap. Logam palladium ini masih satu kesatuan dengan logam rhodium, platinum, osmium, ruthenium, serta iridium. Selain diperbolehkan dalam agama Islam, cincin palladium ini juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah untuk didapatkan.

Palladium tidak mudah teroksidasi, tahan terhadap goresan, tidak mudah berkarat, serta mempunyai sifat anti terhadap alergi. Cincin palladium ini juga sangat cocok bagi pria yang aktif dalam beraktivitas di luar ruangan sekalipun, karena sifat palladium yang memiliki sifat tahan terhadap segala kondisi. Jika dibandingkan dengan cincin perak, memang harganya lebih tinggi, tetapi masih sebanding dengan kualitas yang dimiliki oleh cincin palladium ini.

Kelebihan cincin palladium jika dibandingkan cincin lainnya yakni, warnanya yang tidak mudah luntur karena putih alami sehingga akan tetap cantik dan awet. Cincin palladium juga mudah dibersihkan, ringan, dan sangat ekonomis harganya. Hypoallergenic juga merupakan sifat dari palladium yang dapat menjadi alternatif untuk kulit sensitif, serta memiliki ketahanan sebesar 15 persen lebih tinggi daripada emas sehingga lebih awet dan tahan lama.

Kisaran Harga Cincin Palladium Pria

Setelah mengenal lebih dalam tentang cincin palladium untuk pengantin pria, apakah kamu sudah tertarik dengan bahan cincin yang satu ini? Berikut ini kisaran harga cincin palladium untuk pria yang akan dijabarkan di bawah ini.

1. Simple Wedding Ring WR0176

harga cincin palladium lelaki

Cincin palladium simple yang satu ini memiliki desain yang bisa kamu custom sesuai dengan keinginan. Bahan logam yang dipakai juga bisa diubah ke bahan berlian atau Swarovski. Kisaran harga cincin palladium untuk ukuran pria yakni Rp. 3,7 jutaan saja.

2. Simple Wedding Ring WR0187

harga cincin palladium lelaki

Selanjutnya, cincin palladium yang satu ini juga bisa kamu custom untuk pilihan bahan logam yang hendak dipakai. Apakah ingin menambahkan center diamond dan menggunakan berlian atau Swarovski, atau bahkan tidak keduanya. Cincin palladium simple ini memiliki harga sekitar Rp. 3,9 jutaan saja untuk ukuran pria.

3. Simple Wedding Ring WR0384

Ketiga, masih dalam ranah cincin yang simple look, cincin ini juga bisa kamu custom dengan penambahan center diamond, penggunaan berlian atau Swarovski, maupun tidak keduanya. Jika kamu memilih tidak menambahkan berlian atau Swarovski, harga yang diberikan untuk ukuran pria yakni seharga Rp. 5,4 jutaan saja.

4. Simple Wedding Ring WR0332

Keempat, cincin palladium yang satu ini juga bisa kamu custom untuk pilihan bahan logam yang hendak dipakai. Apakah ingin menambahkan center diamond dan menggunakan berlian atau Swarovski, atau bahkan tidak keduanya. Cincin palladium simple ini memiliki harga sekitar Rp. 4,6 jutaan saja untuk ukuran pria.

5. Simple Wedding Ring WR0218

Terakhir, cincin palladium yang satu ini juga bisa kamu custom untuk pilihan bahan logam yang hendak dipakai. Apakah ingin menambahkan center diamond dan menggunakan berlian atau Swarovski, atau bahkan tidak keduanya. Cincin palladium simple ini memiliki harga sekitar Rp. 4,3 jutaan saja untuk ukuran pria.

Itulah pembahasan singkat mengenai cincin palladium untuk pria lengkap dari pengertian, kelebihan, serta harga cincin palladium pria. Kesimpulannya, pria memang tidak diperbolehkan memakai cincin berbahan emas, tetapi masih bisa memakai cincin bahan lain seperti palladium. Cincin palladium ini memiliki banyak kelebihan dan harganya jauh lebih terjangkau serta mudah untuk didapatkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.