Cincin Kawin Palladium untuk Hari Bahagiamu

Kamu dan pasangan mungkin sering mendengar salah satu bahan cincin kawin yang kerap dipakai banyak orang yaitu palladium. Bahan satu ini punya banyak keunggulan sehingga banyak orang yang memakainya. Sebenarnya, apa saja keunggulan cincin kawin palladium? Seperti apa karakteristik cincin satu ini?

Bagaimana Sejarah Palladium Menjadi Bahan Cincin?

Logam satu ini awalnya ditemukan sekitar tahun 1803. Palladium pertama kali ditemukan oleh seorang kimiawan asal Inggris yang bernama William H. Wollaston. Sosok kimiawan ini juga menemukan unsur rodium di tahun yang sama. Kala itu, ia sedang memeriksa sisa-sisa dari residu platinum. Kebetulan Wollaston sedang melakukan eksperimen dengan melarutkan aluminium dengan bahan lain seperti nitrat terkonsentrasi, aqua regia serta larutan asam hidroklorat. Setelah mendapatkan sisa-sisa dari eksperimen tersebut, ia pun menyimpannya rapat-rapat sebagai bahan reaksi kimia.

Ia pun menyiapkan palladium sianida yang sudah dipanaskan sebagai bahan untuk mengekstrak logam palladium. Akhirnya ia sukses membentuk sebuah senyawa logam putih berwarna perak. Ia pun menamai logam tersebut dengan Palladium karena menggunakan ekstrak bernama palladium untuk membentuknya. Wollaston kala itu membagikan apa yang ia temukan dengan cara yang tidak semua. Ia pun meninggalkan logam Palladium ke berbagai agen mineral di London. Kala itu, jual beli mineral memang sesuatu yang lazim dilakukan. Gerrard Street di London menjadi salah satu pusat agen mineral di Inggris.

Untuk nama Palladium sendiri berasal dari sebuah nama asteroid yaitu Asteroid Pallas yang juga diambil dari julukan nama Dewi Athena. Dalam sebuah legenda Pallas disebutkan sebagai musuh Dewi Athena dan Dewi Athena akhirnya bisa mengalahkan Pallas pada suatu pertempuran sehingga Dewi Athena di beberapa kebudayaan juga dikenal sebagai Dewi Pallas Athena.

Baca juga:  8 Model Cincin Palladium untuk Pria yang Kekinian
Bagaimana Karakteristik Palladium?

Sebagai logam mulia, Palladium bisa dibilang adalah logam yang langka. Ia memiliki tingkat racun yang rendah sehingga sangat cocok bila dipakai oleh orang dengan kulit sensitif. Selain itu, Palladium juga termasuk jenis logam yang berkilau. Warnanya sendiri berwarna putih sedikit perak. Para ahli pun mulai banyak yang meneliti lebih detail lagi mengenai Palladium.

Banyak yang mengatakan bahwa logam yang muncul di bumi merupakan hasil dari komet atau asteroid yang membentuk bumi. Maka dari itu, tak heran bila banyak logam yang mudah ditemukan seperti Palladium. Seiring perkembangan zaman, Palladium masuk ke dalam enam kelompok platina yang terdiri atas ruthenium, osmium, platina, rhodium, iridium dan terakhir Palladium.

Apa Saja Keunggulan Cincin Kawin Palladium?

Dengan memiliki sifat anti oksidasi, cincin kawin palladium juga memiliki kelebihan tidak gampang luntur meski dipakai untuk kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat sehingga cincin ini juga sangat cocok bagi pasangan yang memiliki tingkat aktivitas yang tinggi terutama di luar ruangan dibandingkan dengan cincin kawin berbahan dasar lainnya.

Sifat ini juga cincin kawin palladium dapat dipakai dalam jangka waktu lama dan tentu saja awet karena palladium memiliki ketahanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan cincin berbahan dasar emas putih. Dengan banyaknya kelebihan tersebut, cincin kawin palladium memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis emas yang lain karena termasuk dalam golongan logam ringan.

Harganya kemudian akan bergantung pada campuran bahan yang digunakan karena palladium memiliki sifat yang cukup keras sehingga cincin dengan bahan dasar palladium 100% akan sangat sulit untuk dibentuk. Pada saat ini, cincin palladium biasanya memiliki campuran berbahan perak maupun alloy.

Baca juga:  Apakah Cincin Kawin Harus Sepasang?

Tak sampai situ saja, keunggulan cincin kawin palladium sedang digemari pasangan-pasangan muda karena memang cocok dengan gaya yang kekinian. Rata-rata yang mencari adalah para  mempelai pria muslim. Mengapa demikian? Sebab mereka direkomendasikan untuk beralih dari emas ke palladium untuk alasan kesehatan.

Apalagi cincin palladium memiliki sifat anti alergi dan warna asli yang lebih elegan dibanding cincin dengan bahan perak. Namun, bukan berarti para wanita tidak cocok memakai cincin palladium ini. Berbagai desain cincin palladium juga cukup menarik, apalagi jika dipadukan dengan berlian kecil di dalamnya. Warnanya seperti emas putih ini akhirnya membuat cincin kawin palladium terlihat begitu elegan dan fashionable.

Keunggulan cincin kawin palladium adalah dari segi perawatan. Banyak orang yang tak menyadari betapa pentingnya merawat cincin kawin.  Salah satu kelebihan dari cincin ini adalah tahan terhadap noda. Hal ini disebabkan karena dalam cincin palladium, tidak terdapat banyak campuran logam lain seperti apa yang terjadi pada emas putih.

Keunggulan Cincin Kawin Palladium dalam Kadar Logam

Ternyata kandungan palladium dalam satu cincin bisa sampai 95%. Sementara emas putih sendiri memerlukan campuran nikel dan rhodium yang bisa sampai setengahnya. Hal ini tergantung pada jumlah karatnya. Kondisi ini menjadi pembeda yang cukup kontras dibanding cincin perak, di mana cincin palladium tidak akan memiliki noda hitam jika terlalu lama dipakai.

Kalau warnanya sedikit memudar, cincin palladium cukup direndam dalam larutan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun. Setelah direndam, usap cincin dengan lembut menggunakan kain atau handuk yang bersih, hingga cincin kembali bersih. Mudah bukan untuk membuatnya tampak berkilau.

Baca juga:  Aturan Nikah di 2020, Program Baru di Era Jokowi

Cincin kawin pastinya harus bisa dipakai terus menerus dan awet. Sebab, cincin kawin harus dipakai ke segala aktivitas sehari-hari. Maka dari itu harus dipastikan cincin tersebut aman untuk dipakai.  Namun, bukankah cincin akan memudar kualitasnya jika terlalu dipakai?

Jawabannya tidak untuk cincin kawin palladium. Hal ini karena logam palladium memiliki sifat dasar yang keras dan kuat jika sudah dibentuk menjadi cincin. Jika sedang mengangkat beban berat pun, cincin kawin palladium tidak akan mudah tergores atau rusak. Namun, bukan berarti tidak harus berjaga-jaga.

Tentunya akan baik jika melepaskan cincin kawin terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas berat. Kamu juga perlu menyiapkan tempat penyimpanan yang baik dan benar. Salah satunya adalah memesan kantung anti-noda supaya tidak merusak bagian cincin.

Keunggulan lain dari cincin kawin palladium adalah pilihan modelnya banyak. Dibanding cincin yang terbuat dari logam lain seperti emas dan perak, cincin ini memiliki banyak varian karena pada dasarnya kuat dan bisa dibentuk banyak model.

Seperti diketahui, logam emas memiliki sifat yang sangat lunak sehingga harus ada pencampuran logam. Hal ini berbanding terbalik dengan logam palladium yang justru menguat jika sudah membeku. Varian cincin kawin palladium juga beragam. Hingga saat ini, yang cukup populer adalah varian 25%, 50%, dan 95%.

Ada banyak keunggulan cincin kawin palladium yang sudah kamu ketahui. Apalagi karakteristiknya juga cocok menjadi pilihan cincin kawin. Kamu bisa memilih model yang unik sehingga membuat tampilan cincin semakin elegan. Tak perlu khawatir dengan budget. Sebab, palladium termasuk yang murah dan terjangkau. Maka, kamu tak perlu bingung soal budgetnya.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin