Memilih Cincin Tunangan

Pemilihan cincin memang harus dilakukan dengan benar dan tepat. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan mulai dari segi design sampai dari budget. Maka dari itu, kamu perlu lebih cermat saat memilih cincin tunangan. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan hingga model yang bisa kamu tiru untuk dijadikan cincin tunangan yang menarik.

Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Cincin Tunangan?

Salah satu proses yang perlu kamu dan pasangan lakukan adalah memilih cincin tunangan. Pastinya pemilihan ini harus didasari banyak hal seperti budget hingga selera. Uniknya, kamu juga bisa melakukan cara menentukan cincin kawin dengan berbagai cara terutama berdasarkan kepribadian. Apalagi cincin tunangan tersebut akan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Maka, kamu dan pasangan harus memastikan cincinnya sesuai dengan selera. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain dari segi desain.

Pertama tentu dari segi budget. Kamu harus mengetahui alokasi budget sebelum memilih bahan serta desain dari cincin tersebut. Budget biasanya akan membantu kamu untuk mempersempit pilihan bahan cincin, desain serta ornamennya. Kamu juga harus melakukan riset mengenai budget terendah yang bisa kamu siapkan. Dengan begitu, kamu juga tetap bisa mendapatkan cincin sesuai selera meskipun budgetnya terbatas.

Selain budget, kamu juga harus menentukan toko atau tempat yang terpercaya dan pastinya sesuai dengan konsep yang kamu inginkan. Nah sekarang saatnya mennetukan bahan dasar dari cincin kawin tersebut. Emas merupakan logam mulia yang paling banyak dipilih sebagai bahan dasar cincin.

Tak hanya emas, kamu juga bisa memilih bahan lainnya yang juga sama-sama bisa dijadikan bahan cincin misalnya platinum, palladium, titanium, tungsten, perak hingga emas putih. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera dan karakteristik. Ada yang modelnya berat, ringan hingga ada yang mudah untuk dibentuk.

Baca juga:  Gaun Pengantin Muslimah

Pastinya bahan yang terbuat dari emas akan paling mahal. Tapi, kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa memilih cincin dengan kadar emas yang lebih rendah. Dengan begitu, kamu bisa tetap mendapatkan cincin emas meski budget yang dimiliki terbatas.

Berikutnya adalah ukuran cincin. Besarnya cincin juga ternyata berpengaruh terhadap harga cincin tunangan yang kamu beli. Ukuran cincin juga dapat disesuaikan dengan selera. Misalnya apakah kamu ingin cincin dengan model tipis dan elegan atau cincin yang mewah dan tampak lebar.

Cincin yang tipis pastinya akan lebih sedikit memakai bahan dasar logam dibandingkan yang lebar. Maka, ukuran dan bentuk cincin ini juga harus disesuaikan dengan budget yang sudah kamu siapkan. Tentunya yang terpenting adalah harus dipastikan bahwa ukuran cincin kawin yang kamu beli sudah pas dengan jari kamu.

Berikutnya adalah desain cincin tunangan. Nah, desain ini sebenarnya bisa ditentukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah cara menentukan cincin kawin dengan karakter atau kepribadian. Beberapa desain mungkin bisa kamu riset terlebih dahulu dengan mana yang benar-benar sesuai selera. Apakah ingin cincin yang simpel, unik atau mewah. Begitu pula dengan ornamen yang akan diletakkan di cincin.

Kamu dan pasangan juga wajib menyesuaikan selera dengan budget yang disediakan.  Jangan sampai modelnya terlalu sulit bila budget terbatas. Tingkat kerumitan desain juga berpengaruh pada harga. Nah, untuk mengetahui cara menentukan cincin kawin dari segi desain. Kamu dan pasangan bisa mengetahui selera berdasarkan kepribadian!

Bagaimana Cara Memilih Cincin Tunangan Berdasarkan Kepribadian?

Model menjadi salah satu elemen penting saat memilih cincin tunangan. Maka dari itu, ada sederet model yang bisa kamu pilih jika dilihat dari kepribadian kamu dan pasangan. Apa saja modelnya? Ini daftarnya.

Baca juga:  Wajib Tahu, Ini Perbedaan Cicin Kawin dan Cincin Tunangan

Cincin Inisial

Cincin tunangan yang satu ini sangat simple. Inisial pasanganmu akan menjadi model cincin tunangan, sedangkan inisial calon pengantin akan menjadi model cincin untuk pasangan. Sesuai dengan konsepnya yang sederhana, pasangan yang memilih cincin tunangan ini biasanya merupakan dua insan yang simple dan tidak rumit.

Cincin Nama

Meskipun mirip dengan cincin tunangan inisial, model cincin yang satu ini dapat dikatakan lebih rumit. Mengapa demikian? Sebab, cincin ini mencantumkan nama dari pasangan. Mereka yang memilih cincin tunangan model ini merupakan pasangan yang cukup kreatif. Mereka cenderung suka melakukan eksperimen terhadap hal umum yang biasa mereka temui, salah satu contohnya adalah cincin tunangan ini.

Cincin Hati

Cincin tunangan dengan bentuk hati menjadi salah satu model yang kerap kita temui. Memang terkesan sederhana, tetapi model cincin tunangan yang satu ini tetap memiliki makna di dalamnya. Kepribadian dari pasangan dengan model cincin hati adalah pribadi yang setia. Hal ini digambarkan melalui simbol cincin yang akan melekat pada jari mereka.

Cincin Tattoo

Bagian dalam model cincin tattoo dicetak dengan menggunakan tinta timbul. Hal ini bertujuan agar jari penggunanya akan “mencetak” nama pasangan yang ada di cincin. Sehingga ketika cincin dilepas, nama pasangan tetap membekas di jari. Pasangan yang memilih cincin tunangan jenis ini selalu menghargai setiap hal yang ada. Mereka pun tidak betah apabila harus terpisahkan satu dengan yang lainnya.

Tattoo Cincin

Sekilas poin yang satu ini sama dengan poin di atas. Tattoo cincin adalah model cincin tunangan yang tidak nyata. Mengapa demikian? Sebab, tattoo cincin adalah goresan tinta yang digambarkan membentuk cincin di jari calon tunangan. Model cincin tunangan yang satu ini sangatlah unik dan berbeda dengan cincin pada umumnya. Pasangan yang menggambar bentuk cincin pada jari mereka cenderung artsy dan manusia yang kreatif.

Baca juga:  Tips Memilih Kue Pengantin

Cincin Mahkota

Mahkota memang aksesoris yang digunakan untuk kepala. Namun, siapa sangka bila mahkota juga bisa dimodifikasi dalam bentuk cincin tunangan. Tunangan pria mengenakan cincin dengan model mahkota raja, dan tunangan wanita mengenakan cincin dengan model mahkota ratu.

Cincin Kalender

Cincin tunangan dengan model unik lainnya adalah cincin kalender. Plat cincin ini lebih tebal dibandingan cincin tunangan lainnya karena memiliki beberapa lapisan. Lapisan-lapisan tersebut menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun dari prosesi pertunangan kalian.

Pasangan yang memilih desain cincin tunangan ini cenderung menghargai setiap momen yang ada. Mereka tidak ingin melupakan dan melepaskan segala momen dalam kehidupan dengan begitu saja.

Gelang Cincin

Cincin tunangan unik yang terakhir adalah gelang cincin. Sesuai dengan namanya, cincin yang satu ini digabung dengan perhiasan gelang. Model cincin yang beda dari pada yang lain ini merepresentasikan pemiliknya. Mereka yang memilih cincin tunangan ini suka dengan sesuatu yang praktis. Tak hanya itu, mereka juga pasangan yang hemat dan mampu mengakali berbagai hal secara kreatif.

Kamu tak perlu bingung saat memilih cincin tunangan. Selain rekomendasi di atas, kamu dan pasangan bisa memilihnya berdasarkan selera dan juga kebutuhan masing-masing. Pastinya kamu dan pasangan bisa mendapatkan model cincin tunangan terbaik.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin