Ingin Memilih Cincin perak untuk Tunangan

Ingin Memilih Cincin Perak untuk Tunangan? Yuk, Cek Tips Berikut!

Apakah Anda sedang mempertimbangkan cincin perak untuk tunangan atau justru memang sedang mencari informasi mengenai cincin kawin berbahan perak? Perak kini memang banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan perhiasan, selain emas. Memiliki tipe halus dan berkilau, menjadikan perak sebagai salah satu logam yang diminati oleh pengrajin perhiasan.

Perhiasan perak yang terdiri dari beragam jenis seperti cincin perak, kalung perak, gelang perak, sampai dengan bros perak ini nyatanya dibedakan dalam beberapa kelompok tergantung dengan kualitas peraknya, yaitu :

  • Perhiasan perak murni : perhiasan perak murni adalah perhiasan yang terbuat dari 99,9% logam perak dan 0,1% dari logam lain. 
  • Perhiasan perak sterling : selain menggunakan perak sebagai bahan utama, ada jenis perhiasan yang mencampurkan dengan tembaga 7,5% dan sisanya 92,5% adalah perak murni.
  • Perhiasan Argentium Perak : Untuk menghasilkan perhiasan emas yang keras, perak biasanya dicampur dengan beberapa logam lain. Untuk perhiasan argentium perak, penambahan dilakukan dengan logam
  • germanium yang selain bisa membuat perhiasan lebih keras, tapi juga tidak mudah pudar. Perhiasan argentium perak ini merupakan modernisasi dari perhiasan perak sterling.

Diantara beragam perhiasan yang bisa diolah dari perak, cincin perak memang cukup banyak dicari. Mengapa kini banyak perempuan memilih cincin perak? Cincin perak akan selalu cocok jika dipadukan dengan berbagai jenis pakaian dan bisa menambah menarik bagi pemakainya saat digunakan dalam beragam acara baik formal dan non formal. Pun penggunaan logam perak bisa dijadikan alternatif untuk emas putih.

Untuk harga cincin perak, tentu lebih bersahabat daripada cincin emas putih. Sehingga bagi Anda yang ingin tampil memukau dengan budget sederhana, menjadikan cincin perak sebagai aksesoris tidak akan ada salahnya. Cincin perak yang kemudian dipoles dan ditambah dengan manik maupun batu permata, juga bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai toko perhiasan daring maupun di toko perhiasan yang ada di kota Anda.

Dimana Mencari Cincin Perak untuk Tunangan?

Karena semakin banyak toko perhiasan yang menjual cincin perak, Anda patut berhati-hati dalam memilih mana sekiranya toko perhiasan yang menjual cincin perak dengan desain menarik, tapi juga bertanggung jawab. Agar tidak salah beli, Anda patut mengetahui bagaimana tips dan trik membeli cincin perak sebagai berikut :

  • Pada umumnya, perhiasan perak memiliki cap atau tanda 925, .925, atau 92.5. Tanda ini untuk memastikan apakah perhiasan perak tersebut asli atau palsu. Walau begitu, Anda perlu tahu bahwa kebijakan setiap negara untuk tanda perhiasan perak asli berbeda-beda.
  • Jika Anda mendapat tawaran akan cincin lapis perak, mohon lebih berhati-hati. Cincin lapis perak bukanlah sebuah cincin perak asli, melainkan cincin yang terbuat dari logam lain yang kemudian hanya dilapisi menggunakan perak agar mendapatkan hasil menari layaknya cincin perak asli, bisa saja terbuat dari tembaga, nikel, maupun logam lainnya. Cincin lapis perak biasanya memiliki harga miring.
  • Mencari tahu toko perhiasan secara teliti akan lebih baik bagi Anda. Jika Anda memutuskan untuk membeli cincin perak secara daring, ajukan beberapa pertanyaan pada customer service toko tersebut mengenai hal-hal yang sekiranya bisa meyakinkan bagi Anda. Anda bisa menanyakan hal seperti mengenai garansi, apakah mereka juga memiliki toko offline, apakah cincin perak tersebut memiliki sertifikat, dan beberapa hal lainnya. Namun, jika Anda lebih yakin untuk membeli cincin perak di pusat perbelanjaan atau toko-toko perhiasan umum yang ada di kota Anda, meneliti keaslinan juga tetap Anda lakukan. Cek secara langsung dan teliti mengenai bagian-bagian perhiasannya. Membeli secara langsung memang akan lebih memudahkan Anda untuk meneliti cincin perak pilihan Anda. Jika masih bingung untuk menentukan antara membeli secara daring maupun membeli langsung di toko cincin kawin di Cikini, Anda bisa meminta pendapat pada teman atau kerabat Anda yang sudah lebih terbiasa membeli perhiasan perak.
  • Memilih cincin perak, apalagi secara daring memang lumayan menyibukkan. Bagaiamana tidak, Anda hanya bisa melihat foto aslinya tanpa bisa mencoba cincin perak tersebut satu persatu. Sulit memang untuk menemukan yang sesuai dengan ukuran jari Anda apabila membeli melalui online shop. Walau begitu, Anda bisa membeli cincin perak yang dijual secara custom, atau yang dibuat ketika hanya menerima pesanan, sehingga Anda bisa memilih cincin perak yang sesuai ukuran. Namun, jika Anda membutuhkan cincinya segera, Anda bisa membeli secara daring dan melakukan pengukuran jari dengan cara yang mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan alat-alat seperti pita, gunting, spidol, dan penggaris. Setelah memiliki alat-alat tadi, lilitkan pita pada jari Anda, setelahnya beri tanda pada pertemuan antara pita tadi dengan spidol Anda, kemudian gunting tepat pada tanda tersebut, ukur menggunakan penggaris. Ingat, jangat terlalu erat dalam merekatkan pita atau terlalu longgar, karena akan berpengaruh pada ukuran cincin.

Setelah nantinya Anda menemukan cincin perak untuk tunangan yang sesuai dengan keinginan Anda, jangan lupa untuk mencari tahu bagaimana cara merawat cincin perak yang baik sehingga kemilau cincin perak Anda tidak tertutupi oleh kuman atau debu. Sama seperti membersihkan perhiasan lain pada umumnya, Anda bisa membersihkan cincin perak dengan beberapa cara. Seperti halnya dengan menggunakan campuran 15 ml sabun cuci piring dengan 240 ml air hangat yang kemudian diaduk hingga rata. Celupkan kain ke dalam larutan tadi, peras, dan gunakan kain tersebut untuk menggosok pelan cincin perak Anda. Setelah Anda rasa cukup dalam membersihkan cincin hingga sela-sela terkecil, bilas menggunakan air biasa, dan seka menggunakan kain kering setelahnya.

Selain dengan rajin-rajin membersihkan cincin perak Anda, sebisa mungkin untuk menjauhkannya dari barang-barang yang bisa menyebabkan noda seperti mayones, mustard, telur, dan bawang. Hindari juga dari body lotion, wol, dan juga karet. Saat berenang, ada baiknya untuk melepaskan cincin perak karena bisa saja air dalam kolam renang tersebut mengandung kaporit. Dan, Anda bisa melepas cincin perak Anda sejenak ketika akan melakukan kegiatan luar ruangan, karena sinar matahari memengaruhi perak dalam cincin. Simpan cincin perak Anda di ruangan gelap, sejuk dan kering. Jika Anda akan menyimpannya di lemari pakaian, tambahkan kapur barus untuk mengurangi kelembabannya.

Cincin perak untuk tunangan tentunya memiliki harga yang lebih murah daripada cincin emas putih, tapi kini banyak cincin perak yang didesain dengan anggun sehingga tidak akan membuat Anda menyesal untuk memilikinya. Apalagi, dalam agama manapun tidak ada larangan penggunaan cincin perak, baik untuk laki-laki maupun perempuan, sehingga tentu cincin perak bisa dijadikan sebagai cincin nikah atau cincin pertunangan. Cincin perak tentu akan nyaman digunakan karena lebih ringan, tahan lama, dan sesuai untuk segala usia dan warna kulit.

Untuk memiliki penampilan yang memukau, tentu tidak harus mahal. Sangat pas bagi Anda yang ingin tampil glowing dengan perhiasan tanpa mengurangi tabungan terlalu dalam. Menarik bukan? Segera miliki cincin perak Anda untuk mendapatkan penampilan mewah yang tetap murah.

Masih bingung menentukan tempat untuk membeli cincin tunangan? V&Co Jewellery memiliki banyak koleksi cincin perak untuk tunangan yang bisa kamu pilih, lho.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *