cincin emas kekecilan

7 Cara Melepas Cincin Emas Kekecilan yang Kekecilan

Memakai cincin emas yang kekecilan, sangat tidak direkomendasikan. Cincin tersebut bisa-bisa stuck atau tidak bisa dilepaskan lagi setelah kamu kenakan. Hal terburuk yang terjadi adalah terjadinya iritasi hingga peredaran darah yang terganggu.

Selain tidak nyaman bagi kamu, juga akan terlihat tidak nyaman bagi orang lain yang melihat kamu mengenakannya. Memakai cincin kekecilan bisa membuat jarimu terlihat lebih besar, lho.

Kalau kamu tidak sengaja memakai cincin emas kekecilan dan tiba-tiba tidak bisa kamu lepaskan, jangan langsung panik, dear. Kamu bisa melakukan 7 cara mudah untuk melepaskannya.

Tips Melepaskan Cincin Emas Kekecilan

7 Cara Melepas Cincin Emas Kekecilan yang Kekecilan
1. Mengoleskan Minyak di Jari

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu bisa mengoleskan minyak goreng di jari. Nah, kalau ada minyak di rumah segera gunakan ya! Kalau tidak ada minyak, kamu bisa menggunakan lotion, mentega, petroleum jelly, atau sabun, baik sabun mandi maupun cuci.

Bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi dapat membuat permukaan kulit jari lebih licin sehingga cincin emas yang kekecilan itu bisa dengan mudah dilepaskan. Tak lupa, yang perlu kamu ketahui bahan-bahan ini juga dapat mengurangi gesekan antara cincin dan jarimu sehingga jarimu dapat terhindar dari luka.

Setelah kamu mengoleskan salah satu dari bahan tersebut, coba lepaskan cincin dari jari dengan cara memutarnya, dan menariknya sedikut demi secara perlahan sampai cincin berhasil terlepas. Untuk hal ini kamu harus sabar, dan jangan memaksakan cincin keluar dari jari jika cincin belum bisa keluar. Kamu perlu memutarnya beberapa kali sampai cincin bisa maju dan lepas dari jarimu.

2. Mengangkat Tangan

Tips selanjutnya supaya cincin yang kekecilan di jari itu lepas adalah angkat tanganmu. Memang cara ini sedikit unik, namun tidak ada salahnya kamu coba. Karena cincin yang mengecil itu bisa jadi karena adanya pembengkakan pada jarimu. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Mudah kok. Kamu cukup mengangkat tanganmu setinggi mungkin selama 5-10 menit supaya pembengkakan di jarimu sedikit mengempis karena aliran darah yang cepat kembali ke jantung sehingga memudahkan kamu untuk melepaskan cincin.

3. Merendam Jari di Air Dingin

Apabila kedua cara di atas belum juga berhasil, kamu bisa merendam jarimu di air dingin. Namun, air dingin yang ada di sini adalah benar-benar air dingin, dan bukan air dengan es batu.

Biarkan beberapa menit sampai kamu merasa cincin di jari sedikit melonggar. Setelah itu, lepaskan cincin dari jari secara perlahan, dan jangan sampai kamu menyakiti jarimu. Kalau kamu merasa sulit juga, sebaiknya jangan dipaksa. Kamu masih bisa mencoba cara lain yang lebih aman, kok!

4. Menggunakan Benang

Ternyata benang juga bisa kamu gunakan untuk membantu melepaskan cincin emas kekecilan yang stuck di jari. Untuk benang ini kamu bisa menyelipkannya dari bawah cincin yang tersangkut itu. Kalau dirasa sulit, kamu perlu memakai jarum kecil untuk membantu menyelipkan benang di bawah cincin. Untuk hal ini, kamu harus berhati-hati ya, dan jangan sampai melukai jarimu!

Selanjutnya, lilitkan ujung benang pada jarimu tetapi jangan terlalu kencang. Lilitkan keluar sampai pada ujung jari lalu tarik benang di sisi lainnya memutari jarimu. Tarik secara perlahan dengan gerakan seolah lilitan benang dilepaskan. Gerakan ini akan membantu mendorong cincin keluar dari jari.

5. Menyemprotkan Pembersih Kaca

Kalau kamu di rumah ada pembersih kaca, kamu bisa menggunakannya untuk membantu melepaskan cincin yang kekecilan itu di jarimu. Pembersih kaca mempunyai sifat yang sama seperti pelumas karena dapat mengecilkan kulit.

Caranya adalah kamu semprotkan pembersih kaca tersebut pada jari tangan, dan cincin tersebut bisa kamu tarik untuk terlepas dari jarimu.

6. Memakai Kertas Kecil dan Bedak

Ternyata benda-benda di sekitarmu seperti kertas yang kamu gunakan untuk menulis dan menggambar serta bedak untuk berdandan bisa juga kamu gunakan untuk melepaskan cincin yang kekecilan.

Caranya adalah kamu tinggal masukan kertas ke sela cincin. Setelah itu, taburkanlah bedak dan coba keluarkan dengan arah memutar. Lakukan secara hati-hati ya agar jari tidak lecet.

7. Memotong dengan Tang

Apabila cara-cara halus di atas juga tidak manjur untuk melepaskan cincin yang ukurannya mengecil di jari, mau tidak mau kamu harus menggunakan cara yang agak kasar; memotong cincin dengan tang.

Cara ini memang akan mengubah bentuk dan detail cincinmu sehingga tampak tidak akan sempurna lagi namun kamu setidaknya tidak menderita lagi. Supaya cincinmu bisa terlihat sempurna kembali, kamu bisa membawanya ke toko tempat kamu membeli cincin untuk mereparasinya.

Seperti itulah tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk melepaskan cincin emas kekecilan di jarimu. Semoga kejadian di atas tidak pernah terjadi padamu ya, dear.

Pastikan sebelum membeli cincin, kamu telah mengukur jari dengan tepat. Yuk baca tips mengetahui ukuran cincin dari V&Co Jewellery.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *