7 Jenis Logam Termahal Selain Emas

7 Jenis Logam Termahal Selain Emas

Banyak orang beranggapan bahwa emas merupakan jenis logam termahal di dunia sehingga sering dijadikan untuk investasi. Ternyata anggapan tersebut sebenarnya salah besar! Rupanya, ada logam yang harganya jauh lebih mahal dari emas.

Logam-logam yang lebih mahal dari emas dan perak ini memang jarang sekali kamu temukan karena kalah pamor dari emas maupun perak yang begitu populer dalam kehidupan sehari-hari, dan sudah menjadi primadona.

Lalu logam-logam apa sajakah itu yang bisa dijadikan sebagai perhiasan alternatif apabila emas dan perak sudah habis sama sekali dari bumi. Apakah bisa dijadikan alat investasi sebagaimana emas? Yuk kita cari tahu jawabannya!

Rhodium

Logam pertama di dunia uang yang termahal adalah rhodium. Logam ini memiliki ciri-ciri berwarna putih keperakan, keras, dan tahan lama, dan dalam keadaan normal tidak menghasilkan oksida ketika kamu memanaskannya.

Rhodium kebanyakan digunakan sebagai agen panduan untuk mengeraskan platinum dan palladium. Paduan ini terutama digunakan dalam rol tungku dan busing untuk menghasilkan serat kaca, komponen termokopel, elektroda busi pesawat terbang, dan cawan lebur laboratorium.

Asal logam ini sebagian besar dari Afrika Selatan sehingga produksi tahunannya sangat kecil, dan juga sangat langka. Hal inilah yang kemudian menyebabkan harga rhodium cukup tinggi. Pada tahun 2008 saja harganya bisa mencapai lebih dari US$ 10.000 per-ons.

Platinum

Logam termahal selanjutnya adalah platinum yang mempunyai ciri khas berbentuk padat serta lunak namun tidak reaktif, dan menjadikannya sebagai logam non-korosif. Arti nama platinum sendiri adalah perak kecil yang diambil dari bahasa Spanyol, platino.

Penampakan luarnya yang mewah membuat logam ini cukup sering digunakan sebagai bahan pembuatan perhiasan. Selain itu, platinum juga mempunyai resistensi yang luar biasa.

Platinum pun bisa dijadikan sebagai investasi selain emas. Akan tetapi untuk investasi platinum ini tentunya membutuhkan modal yang juga lumayan besar karena harga platinum yang cukup mahal, yaitu sekitar US$ 40.000 per kilogram.

Rutenium

Jenis logam termahal di dunia selain emas dan perak di tempat ketiga adalah ruthenium yang mempunyai bentuk keras berwarna putih. Logam ini memiliki 4 varian kristal dan tidak ternoda pada suhu normal namun mudah teroksidasi di udara.

Rutenium secara biologis dapat menggelapkan kulit manusia, dan bisa bersifat karsinogenik dan bioakumulasi dalam tulang. Untuk harganya terbilang mahal, yaitu US$ 14.500 per kilogram pada tahun 2009.

Iridium

Logam termahal selanjutnya adalah iridium. Ini merupakan logam yang tidak hanya mahal, tetapi juga langka. Teskturnya keras putih keperakan, dan berasal dari kelompok platinum. Logam ini juga merupakan logam anti-korosi terbaik yang pernah ada bahkan pada suhu setinggi 2.000 derajat Celcius sekalipun.

Meski begitu, iridium mudah terbakar dan reaktif jika terkena korosi halus daripada korosi padat yang disebabkan oleh garam cair dan halida. Iridium sangat penting dalam berbagai bidang, yaitu kedokteran, elektronik, otomotif, serta beberapa barang konsumsi seperti pulpen, jam tangan, dan kompas.

Iridium biasanya digunakan sebagai busi dalam industry otomotif, dan hanya ada di Afrika Selatan seperti halnya rhodium. Karena itulah, iridium dihargai sangat mahal, yaitu US$ 13.500 per kilogram.

Osmium

Osmium merupakan logam terberat di bumi yang tergolong logam grup platinum dengan kemampuan tahan panas terbaik. Logam ini kebanyakan digunakan dalam paduan stainless untuk menyegel pena atau alat-alat pivot.

Selain itu, ternyata osmium mempunyai manfaat dapat mengobati kanker usus dan ovarium jika digabungkan dengan ruthenium. Harganya sendiri terbilang mahal, yaitu US$ 12.700 untuk 1 kilogramnya pada 2010.

Paladium

Paladium merupakan jenis logam termahal di dunia yang ditemukan pada tahun 1803 oleh William Hyde Wollatson. Logam ini mempunyai kemampuan menyerap hydrogen hingga 900 kali untuk volumenya.

Ciri khas luar dari palladium adalah memiliki warna putih keperakan dan lunak yang terlihat mirip dengan platinum. Logam ini mempunyai kemampuan mengonversi hingga 90% dari gas beracun pada asap mobil.

Kini, palladium merupakan salah satu alternatif untuk membuat perhiasan khususnya cincin menggantikan perak. Dengan warna dan kilau yang sama serta struktur yang tak jauh beda, cincin palladium sudah banyak diproduksi oleh para toko perhiasan.

Renium

Jenis logam termahal terakhir di dunia adalah renium, yang tidak hanya mahal tetapi juga paling langka karena hanya terdapat di kerak bumi. Logam ini biasanya berbentuk bubuk namun dapat lebih terkonsentrasi dengan menekan dan menyinter dalam keadaan vakum atau hidrogen.

Sehingga hal tersebut menciptakan produk padat dengan tingkat kepadatang lebih dari 90% dari kepadatan spesifik logam. Saat diolah, renium akan menjadi sangat lunak dan bisa ditekuk bahkan digulung.

Renium merupakan logam terpenting dalam industry teknik mesin yang memproduksi mesin bersuhu tinggi seperti mesin roket dan pesawat terbang karena mempunyai titik leleh yang tinggi.

Karena langka, penambangannya sangat rumit  sehingga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Harganya pun mampu meningkat dengan cepat. Dari US$ 1.000 hingga 2000 per kilogram menjadi US$ 10.000 per kilogram pada 2008.

Itulah logam termahal di dunia selain emas dan perak yang perlu kamu ketahui. Mahalnya mereka juga dikarenakan langka dan jumlahnya yang sangat sedikit.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.