Cincin Kawin Hilang, Apa yang Harus Dilakukan

Cincin Kawin Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Cincin kawin menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah pernikahan. Cincin dianggap sebuah lambang kesetiaan dan bukti bahwa pasangan akan berkomitmen terhadap pernikahan. Hal ini sudah menjadi tradisi turun temurun sejak zaman Romawi Kuno. Tentu saja cincin kerap mengalami masalah misalnya cincin kawin hilang, patah, atau rusak. Lantas, apa yang akan terjadi jika cincin tersebut hilang? Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini?

Apa yang Terjadi Jika Cincin Kawin Hilang?

Banyak orang mengatakan bahwa cincin kawin hilang berhubungan dengan nasib buruk. Banyak yang menghubungkan antara cincin kawin hilang dengan ikatan rumah tangga yang retak. Mitos ini memang cukup menyeramkan. Tapi kamu sebaiknya tak perlu mempercayai mitos ini.

Tidak ada hubungannya antara cincin kawin hilang dengan kondisi rumah tangga kamu dan pasangan. Asalkan kamu dan pasangan bisa saling menjaga satu sama lain tentu cincin sebenarnya hanyalah simbol semata. Nasib kehidupan manusia juga ada di tangan Tuhan.

Bagaimana Caranya Agar Mencegah Cincin Kawin Hilang?

Pastinya menjaga agar cincin kawin tidak hilang adalah hal yang penting untuk dilakukan. Apalagi cincin kawin akan dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Maka tak heran banyak orang mengalami cincin kawin hilang. Pastinya kamu harus memahami cara perawatan yang tepat supaya mencegah hal ini terjadi pada cincin milikmu.

Hal sederhana yang perlu dilakukan adalah dengan melepas cincin dalam kegiatan tertentu. Pastinya saat kamu melakukan pekerjaan berat dan berisiko, cincin kawin juga berisiko lepas dan kemudian hilang. Misalnya saja saat mengangkat barang atau saat berenang. Hal-hal ini wajib diperhatikan supaya menjaga cincin agar tidak hilang.

Tidak hanya menjaga cincin supaya tidak hilang, kebiasaan ini juga memiliki dampak untuk fisik cincin itu sendiri. Bahan logam seperti emas masuk ke dalam jenis yang mudah tergores. Pekerjaan yang terlalu berat juga bisa merusak emas. Tapi hal ini mungkin tidak terjadi pada beberapa jenis logam yang ternyata tahan terhadap goresan.

Beberapa bahan yang termasuk kuat adalah platinum dan palladium. Dua bahan ini memiliki lapisan platina yang akhirnya bisa membuat cincin tidak mudah tergores. Tapi jika memang cincin kamu terbuat dari emas biasa, tak ada salahnya untuk menyimpan cincin tersebut supaya tidak hilang dan juga tergores.

Kamu dan pasangan juga sebaiknya melepas cincin kawin saat membersihkan rumah. Pastinya kegiatan ini sangat berisiko membuat cincin kawin hilang. Tak hanya itu saja, cara ini juga menghindarkan kamu dari paparan bahan kimia. Kamu dan pasangan akan memakai bahan pembersih yang terdiri dari bahan kimia.

Paparan bahan kimia ini bisa saja merusak cincin kawin. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memastikan cincin kawin tidak rusak saat membersihkan rumah. Pastinya siapkan tempat yang tepat saat melepas cincin kawin tersebut.

Mencegah Cincin Kawin Hilang dengan Menyimpannya Saat Tak Diperlukan

How To Save Money On Engagement Rings And Wedding Bands

Hal berikutnya yang penting diperhatikan untuk mencegah cincin kawin hilang adalah tempat untuk menyimpan. Saat kamu dan pasangan memang sedang tidak memakai cincin tersebut, ada baiknya kamu jangan simpan di sembarang tempat. Pasti kamu akan lupa dan berujung pada kehilangan cincin.

Saat melepas cincin dan menaruhnya, kamu harus menyiapkan kantung anti noda. Mungkin kamu bisa menyiapkan kotak yang berisi berbagai perhiasan berharga. Tapi yang utama adalah menyiapkan kantung anti noda untuk menjaga cincin agar tidak mengalami kerusakan dan tetap berkilau.

Berikutnya kamu juga bisa memakai cara lain untuk menyimpan cincin. Kamu bisa menyiapkan kotak yang sudah dilapisi kawin. Taruh perhiasan tersebut ke dalam kotak. Setelah itu, letakkan laci di tempat yang jangan terlalu lembap. Hal ini dilakukan supaya menjaga cincin tetap berkilau dan mengkilap.

Kamu dan pasangan juga bisa menyiapkan tempat khusus seperti brankas untuk menyimpan cincin kawin saat sedang tidak digunakan. Letakkan di lokasi yang tidak mudah terjangkau dan pastikan tidak bercampur satu sama lain. Cara ini untuk mencegah cincin saling bergesekan satu sama lain.

Tempat penyimpanan juga penting untuk kamu persiapkan saat sedang berpegian. Memang kamu sudah menyiapkan tempat khusus untuk perhiasan di rumah. Tapi tak ada salahnya juga menyiapkan tempat khusus di kala bepergian. Pastinya kamu akan melakukan kegiatan ekstrim atau kegiatan di luar ruangan saat liburan.

Jika akan melakukan kegiatan tersebut, ada baiknya kamu menyediakan tempat penyimpanan khusus. Tempat seperti apa yang perlu dibawa supaya mencegah cincin kawin hilang? Kamu bisa menyiapkan kantung anti noda sementara waktu. Kantung ini akan membuat kamu lebih tenang karena lebih aman saat berharga lainnya.

Ingat bahwa aktivitas fisik yang terlalu keras atau berat juga berisiko membuat cincin mudah tergores. Apalagi kamu dan pasangan jika memiliki cincin yang bahannya mudah tergores. Maka dari itu, penyimpanan sementara saat liburan adalah hal penting yang perlu kamu perhatikan.

Hal lain yang wajib dilakukan adalah mengubah serta memperbaiki ukuran cincin. Ada hal yang tidak kamu sadari bahwa ukuran jari sangat mungkin berubah seiring perkembangan usia. Ukuran cincin juga bisa berubah karena kegiatan serta gaya hidup seseorang sehari-hari.

Maka dari itu, kamu harus segera mengganti ukuran cincin bila dirasa sudah tidak pas. Cincin yang kebesaran akan berisiko lepas dan berujung pada cincin kawin hilang. Jika sudah dalam kondisi ini, kamu tinggal datang ke toko perhiasan. Ada jasa untuk mengubah cincin kawin yang bisa kamu manfaatkan.

Ada banyak manfaat ketika kamu memperbaiki ukuran cincin. Pastinya kamu akan lebih nyaman dalam menghadapi kegiatan sehari-hari. Cincin dipakai dan tidak pas akan memberikan efek tidak nyaman pada jari. Ukuran cincin yang sesuai dengan jari juga bisa mencegah cincin yang rusak.

Terakhir adalah melakukan asuransi terhadap cincin kawin yang kamu pakai. Ini menjadi cara yang paling baik untuk mencegah cincin kawin hilang. Cincin yang sudah diasuransikan akan memberikan keamanan tak hanya dari segi fisik tetapi uuga dari segi nilai.

Tentu saja asuransi ini sangat penting bagi kamu yang punya mobilitas tinggi serta kerap melakukan kegiatan berat. Asuransi menjadi hal penting sebelum terlambat dan menyesal. Pastinya kamu harus memahami beberapa hal seputar cincin perkawinan yang akan diasuransikan.

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Memberikan Asuransi Pada Cincin?

Jika kamu dan pasangan ingin mencegah cincin kawin hilang dengan asuransi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah menyiapkan urusan administrasi seperti KTP dan formulir pendaftaran. Kamu sebaiknya mempelajari terlebih dahulu premi asuransi yang harus dibayarkan serta ganti rugi yang akan kamu dapatkan.

Jangan lupa untuk membaca syarat-syarat klaim yang mungkin perlu kamu ketahui dan menjadi bahan pertimbangan. Hal ini penting dilakukan supaya kamu dan pasangan tidak merasa rugi saat mendaftarkan asuransi cincin kawin. Tapi kamu perlu pertimbangkan dan bandingkan harga cincin dan asuransi.

Jangan sampai asuransi terlalu mahal dan tidak sebanding dengan harga cincin. Sekali lagi ini hanya jadi salah satu cara untuk mencegah cincin kawin hilang sebab cara terbaik adalah menjaganya dan menyimpannya dengan benar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *