Ini Daftar Harga Sepasang Cincin Kawin

Ini Daftar Harga Sepasang Cincin Kawin

Hal utama dalam menentukan cincin kawin adalah dari segi harga atau budget. Pastinya kamu dan pasangan harus lebih teliti dalam melihat dan mengecek model cincin supaya menyesuaikan harga sepasang cincin kawin. Ada banyak hal yang perlu kamu ketahui seputar hal ini.

Faktor yang Menentukan Harga Sepasang Cincin Kawin

Pastinya ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi harga sepasang cincin kawin. Hal ini penting untuk kamu dan pasangan supaya tidak salah memilih cincin. Jangan sampai sudah sibuk memesan cincin tapi ternyata harganya tidak sesuai kenyataan. Apa saja faktor yang menentukan ya? Ini daftarnya.

Jenis Logam

Hal pertama adalah dari jenis logam. Ini memainkan peran penting dalam pengaruhnya terhadap harga sepasang cincin kawin. Semakin ke sini banyak logam yang dipakai untuk membuat cincin kawin. Tak hanya emas murni saja, ada bahan lain seperti platinum, titanium, besi, perak hingga palladium.

Tentu saja beda bahan akan semakin berbeda pula harganya. Misalnya cincin kawin platinum yang dijual paling mahal karena memang dari segi bahannya memang fantastis. Kamu tak perlu meragukan kualitasnya karena memang platinum merupakan logam yang kokoh dan daya tahannya kuat.

Platinum juga merupakan logam yang punya tingkat kemurnian sangat tinggi bila dibandingkan logam emas. Saat membuat cincin kawin dari emas, logam mulia ini kerap dicampur dengan logam lain sehingga tak heran jika berkurang tingkat kemurniannya.

Jika kamu dan pasangan punya budget terbatas, tak ada salahnya mencoba cincin kawin dengan logam perak atau bahan palladium. Jika memang ingin mencoba atau memakai bahan emas, kamu bisa memakai emas putih yang punya harga jauh lebih murah dibanding emas kuning.

Kadar Karat

Jumlah kadar logam yang terkandung dalam cincin juga turut mempengaruhi harga sepasang cincin kawin. Jumlah kadar dari logam tersebut biasanya dinyatakan dalam bentuk persen. Kadarnya pun bervariasi mulai dari 25%, 50% sampai dengan 95%.

Jika ada cincin kawin palladium yang memiliki kadar 50% artinya cincin tersebut mengandung 50% palladium dan sisanya adalah jenis logam lain. Untuk jenis emas, kadarnya dihitung dalam bentuk karat. Jika kamu mendengar ada cincin 24 karat berarti cincin tersebut memiliki kandungan emas murni sampai 100%.  Tidak ada campuran logam lain yang terkandung dalam cincin tersebut.

Pastinya semakin tinggi kadarnya maka akan semakin mahal harganya. Tentu hal ini sangat wajar karena semakin tinggi kadar maka kualitas serta daya tahan cincin akan semakin baik. Hal ini pastinya turut mempengaruhi harga sepasang cincin kawin bukan?

Model dan desain

Ternyata model serta desain juga membawa pengaruh tersendiri terhadap harganya.  Semakin rumit dan indah modelnya pasti akan semakin mahal. Pastinya kamu tinggal memilih mana yang seusai budget karena memang banyak sekali model dan desain cincin yang tersedia.

Jangan kaget jika harga sepasang cincin kawin bisa mahal ketika terdapat bandul yang menghiasi cincin kawin berupa berlian atau batu permata. Jika ingin mendapatkan harga yang murah, kamu cukup memilih cincin kawin dengan model polos dan sederhana. Biasanya model polos dan sederhana ini sudah disediakan oleh toko perhiasan. Jadi kamu tak perlu lagi memilih model tersendiri.

Ada faktor lain yang penting saat kamu memilih model cincin. Pastinya samakan terlebih dahulu selera kamu dan pasangan. Ingat bahwa cincin ini akan dipakai sehari-hari jadi pastikan modelnya disukai oleh kamu maupun pasangan. Jangan sampai pasangan jadi malas memakai cincin kawin tersebut karena tidak sesuai selera. Jadi komunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan.

Mata atau Batu Cincin

Jika kamu ingin membeli cincin yang ada batu di atasnya, pastinya ini akan berpengaruh pada harga cincin kawin. Ada banyak jenis batu misalnya safir, ruby, giok, mutiara sampai berlian. Warna yang berkilau membuat banyak orang tertarik untuk memakai batu yang disematkan di cincin.

Salah satu batu mulia yang paling populer dijadikan batu adalah berlian. Harga berlian pada cincin disesuaikan dengan karat, potongan, kejernihan dan warnanya. Semakin indah dan besar potongan berlian maka semakin tinggi harga cincin kawin. Jadi memang banyak faktor yang mempengaruhinya.

Berat Cincin

Berat cincin atau gramasi juga faktor penting dalam penentuan harga sepasang cincin kawin. Jika cincin disematkan batu yang besar sudah pasti akan jauh lebih berat bila dibandingkan cincin kawin yang polos dan sederhana. Cincin kawin sendiri memiliki berat sekitar 3 sampai 8 gram tergantung ukuran jari.

Kisaran Harga Cincin Kawin dari Toko Cincin Kawin Terkemuka

Setelah memahami penjabaran di atas, kamu mungkin butuh gambaran sebenarnya berapa harga dari sepasang cincin kawin. Tentu saja ini disesuaikan dengan model dan faktor lain yang sudah disebutkan di atas. Berikut sederet harga cincin kawin dari V&Co Jewellery bila dilihat dari model dan bahan yang dipakai.

Nah, itu tadi kisaran harga cincin kawin dan faktor apa saja yang menentukannya. Sekarang, kamu bisa paham mengapa cincin kawin ada yang harganya mulai 5 jutaan hingga 40 juta sepasangnya. Apakah kamu tertarik untuk membeli cincin kawin? Yuk temukan cincin kawin terbaik yang seusai dengan budget dan seleramu di V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *