Pentingnya Memilih Cincin Mas Kawin yang Tepat

Pentingnya Memilih Cincin Mas Kawin yang Tepat

Dalam sebuah pernikahan, cincin sangat penting sebagai simbol ikatan pasangan. Tidak jarang pula cincin dijadikan sebagai mahar atau mas kawin. Pentingnya cincin mas kawin ini membuatnya tidak boleh asal beli, harus melalui pertimbangan yang matang. Kenapa demikian? Cincin ini tidak hanya menjadi simbolis saat hari pernikahan kamu berlangsung, tapi kamu bisa menjadikannya sebagai cincin kawin dan memakainya seumur hidup.

Sebagai simbol pernikahan, cincin tidak hanya dipakai dalam hitungan tahun akan tetapi diproyeksi dipakai selamanya. Sebab cincin tidak akan dijual kecuali dalam kondisi yang mendesak. Karena pertimbangan waktu pemakaian, baiknya memilih cincin yang berumur panjang, baik kekukuhan hingga model yang tidak pernah ketinggalan zaman.

Ada banyak artikel berisi tips untuk memilih cincin mas kawin yang kebanyakan memuat hal-hal umum. Seperti pertimbangan budget serta memilih toko sebagai tempat membeli. Padahal lebih dari pertimbangan umum tersebut, kamu haruslah mempertimbangkan detail untuk cincin yang akan dipakai dalam waktu lama. Berikut tips memilih cincin untuk mas kawin agar awet dan tidak ketinggalan zaman:

 Tips Memilih Cincin Mas Kawin

  1. Memilih bahan logam cincin pernikahan

    Memastikan cincin sebagai mas kawin tahan lama hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahan penyusunnya. Sejauh ini emas menjadi logam yang banyak dipilih sebagai bahan cincin kawin. Namun, selain emas ada bahan lain yang dapat menjadi pilihan untuk bahan dasar cincin, di antaranya perak, platinum, titanium, palladium, zirconium hitam dan sebagainya.

    Dari logam emas pun, kamu bisa memilih emas kuning, emas putih dan emas rose yang berwarna merah jambu. Pilihan bahan ini bisa menyesuaikan budget yang kamu miliki. Bahan emas masih menjadi paling mahal di antara bahan lain. Namun demikian kamu bisa memilih kadar emas yang lebih rendah jika budget yang dimiliki terbatas.

  2. Menggunakan logam cincin yang berbeda

    Masih terkait pemilihan logam, kamu bisa memilih menggunakan dua logam berbeda untuk cincin pernikahanmu dan pasangan. Pilihan tersebut dapat membuat cincin jadi berbeda dari kebanyakan cincin pernikahan lainnya. Namun padukan dua logam dalam desain yang apik agar memberi kesan yang istimewa.

    Pilihan menggunakan logam berbeda pada cincin pernikahan ini, solusi bagi kamu yang dilema.  Bingung memilih bahan logam yang diinginkan atau bahkan berbeda pendapat dengan pasangan. Paduan dua logam juga bisa memberi warna yang cantik tentu dalam balutan  desain menarik.

  3. Hindari model yang sedang trend

    Untuk mendapatkan model cincin mas kawin yang bersifat timeless atau model yang bertahan lama, hindari memilih model yang sedang trendi. Sebab tren cepat berubah, model yang terlihat keren di masa ini akan segera tergeser dengan tren baru.

    Pilih model dengan desain yang bisa bertahan lama, tetap bagus dan trendi walau melewati tahun demi tahun. Ingat, cincin pernikahan tidak hanya dipakai satu atau dua tahun, namun kemungkinan sepanjang usia seperti cita-cita pernikahan yang diharapkan.

  4. Memilih sesuai karakter

    Saking banyaknya model atau desain cincin kawin, membuat sulit untuk memilih satu yang terbaik. Maka cara yang tepat untuk memilih yang paling cocok adalah membedakannya sesuai karakter. Dengan cara ini kamu telah mempersempit pilihan dengan hanya memilih model yang sesuai karakter.

    Karakter di sini misalkan model plain band untuk kamu yang suka dengan cincin sederhana, tanpa ornamen batu mulia. Nah jika kamu dan pasangan suka hal yang mewah, pilih cincin yang berhias baru permata dan seterusnya. Pentingnya memilih model cincin yang sesuai karakter ini, selain memudahkan dalam memilih juga memberi kenyamanan selama digunakan.

  5. Memiliki detail unik

    Agar cincin lebih berkesan dan tidak lekang oleh waktu, kamu juga bisa memiliki cincin dengan detail unik. Jika kamu membeli cincin secara custom, kamu bisa menambahkan inisial namamu dan pasangan atau bahkan menoreh kalimat tertentu.

    Detail tersebut, selain unik juga memberi kesan istimewa dan kenangan tersendiri untuk kamu dan pasangan. Kamu dan pasangan juga boleh berkreasi membuat detail unik agar bisa tampil berbeda. Misalkan memilih mendesain sendiri cincin mas kawin atau memilih bentuk tidak biasa.

  6. Perhatikan ukuran cincin

    Tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah menentukan ukuran cincin. Ukuran di sini tidak hanya diameter yang sesuai pada jari namun juga lebar dan ketebalan cincin. Untuk diameter, kamu bisa memilih yang agak longgar agar tetap bisa dipakai jika nanti lingkar jari kamu bertambah. Biasanya setelah menikah lalu memiliki anak berat badan agak sulit dikendalikan.

    Sedangkan untuk tingkat ketebalan dapat dipilih untuk menambah kekukuhan cincin. Namun jangan lupa menyesuaikan budget yang kamu dan pasangan. Sebab makin tebal makin banyak bahan logam yang digunakan maka makin banyak dana yang dibutuhkan.

  7. Nyaman dikenakan setiap hari

    Tidak sekedar kukuh dengan desain model bertahan lama, cincin kawin juga harus nyaman digunakan setiap hari. Mana mungkin menggunakan cincin yang tidak nyaman meski modelnya bagus padahal cincin kawin harusnya bisa digunakan setiap hari.

    Maka penting ketika memilih cincin untuk mencobanya terlebih dahulu. Selain itu pastikan untuk mempertimbangkan aktivitas sehari-hari. Jika kamu banyak beraktivitas di lapangan yang mengharuskan kerja lapang, lebih baik memilih desain sederhana yang lebih nyaman.

  8. Pertimbangkan perawatan cincin kawin

    Selain memperhatikan model dan kekukuhan cincin, kamu perlu mempertimbangkan perawatannya. Sebisa mungkin memilih model dan bahan yang mudah dibersihkan sendiri setiap saat. Model cincin yang rumit akan semakin sulit pula perawatannya. Padahal cincin kawin yang dipakai setiap hari sangat mudah kotor dan perlu cepat dibersihkan.

Itulah tips dalam memilih cincin mas kawin yang tepat. Memilih cincin tentunya butuh pertimbangan yang cukup matang, apalagi ini adalah cincin kawin yang diharapkan akan selalu kamu kenakan sepanjang hidup. Jadi, selamat memilih!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.