Cara Menentukan Ukuran Cincin

Cara Menentukan Ukuran Cincin

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah cincin online adalah mengetahui dan menentukan ukuran cincin.

Cincin sendiri memiliki berbagai macam ukuran. Jika membeli cincin langsung ke tokonya, tentunya hanya tinggal mengukur langsung saja lingkar jari di sana. Namun, bagaimana jika akan membeli cincin online?

Cincin yang diperuntukkan bagi kaum pria dan wanita mempunyai ukuran cincin yang berbeda. Hal demikian, kadang membuat orang jadi takut untuk beli cincin online, takut salah membeli dengan ukuran terlalu besar ataupun terlalu kecil. Padahal, menentukan ukuran cincin bukan hal yang sulit.

Pentingnya Menentukan Ukuran Cincin

  

Cincin adalah simbol ikatan cinta antara pria dan wanita yang disematkan pada jari manis. Alasan mengapa cincin kawin diletakkan di jari manis berawal dari bangsa Yunani dan Romawi Kuno. Mereka percaya bahwa jari manis adalah satu-satunya jari yang memiliki vena dimana terhubung hingga ke jantung. Oleh karenanya, vena itu disebut vena amoris yang berarti vena cinta. Akan tetapi, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa itu hanyalah sebuah mitos belaka.

Alasan lain yang muncul mengapa cincin disematkan pada jari manis adalah sebuah percobaan yang dapat dilakukan pada tangan. Cobalah untuk menyatukan kedua telapak tangan dan masing-masing jari, lalu lipatlah kedua jari tengah secara bersilangan ke arah bawah. Masih dalam posisi yang sama, cobalah untuk membuka ibu jari. Tentunya akan terbuka lebar. Lakukan hal yang sama pada jari telunjuk, jari tengah, dan kelingking. Semuanya akan terbuka dengan lebar dengan begitu mudahnya. Namun, tidak jika mencobanya pada jari manis. dan akan menemukan bahwa jari manis itu tidak dapat terbuka dan dipisahkan.

Hal di atas sama dengan sebuah pernikahan. Pernikahan memiliki makna cinta di antara pria dan wanita hingga akhirnya hanya maut yang mampu untuk memisahkan. Jadi, cincin erat kaitannya dengan sebuah pernikahan.

Saat mengunjungi toko perhiasan, di sana terdapat alat yang digunakkan untuk mengukur jari untuk menentukan ukuran cincin yang pas. Hal tersebut terbilang cukup akurat dan tepat. Namun, bagaimana jika tidak bisa datang ke toko perhiasan dan terpaksa harus mengukur lingkar jari sendiri? Dapat melakukannya dengan atau tanpa bantuan orang lain. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun sering dijumpai dirumah. Cara ini diperuntukkan bagi yang ingin membeli cincin dari toko perhiasan online.

Pembeli dapat dengan mudah mengetahui ukuran cincin setelah melihat berbagai macam cara yang telah kami sajikan berikut ini.

  • Mencari Sizing Chart

Diperlukan sizing chart untuk membantu sang pembeli dalam menentukan ukuran cincin. Pembeli dapat mencarinya melalui akses internet. Cukup mengetik kata kunci ‘ring size chart’ pada layar monitor, lalu muncul foto diameter cincin dengan berbagai macam ukuran. Langkah selanjutnya pembeli perlu untuk mencetak foto tersebut. Setelah itu, cocokkan ukuran cincin kepunyaan sang pembeli dengan berbagai diameter dari foto yang telah dicetak. Pastikan lingkaran diameter yang terdapat dalam foto memenuhi cincin yang diinginkan. Jika merasa bahwa cincin mendekati dua lingkaran diameter yang berbeda, pesanlah dengan ukuran di tengah kedua lingkaran tersebut.

  • Menghitung Keliling Jari

Untuk menentukan ukuran cincin selanjutnya, dalam menghitung keliling jari manis, pembeli memerlukan bantuan kertas, pulpen, dan sebuah penggaris. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memotong kertas memanjang berukuran 15 cm.

Kemudian, lilitkan kertas tersebut pada jari manis dan beri tanda menggunakan pulpen di garis pertemuan. Lalu, ukur kertas yang sudah ditandai menggunakan penggaris. Dalam mengukur, letakkan tanda pulpen segaris dengan angka nol. Dengan begitu, panjang keliling yang didapatkan segaris dengan ujung kertas tersebut. pembeli dapat mencocokan panjang keliling jari dengan ukuran cincin menggunakan bantuan tabel. Jika merasa kurang yakin, cobalah untuk mengukurnya berkali-kali.

  • Menghitung Diameter Cincin

Panduan mencari ukuran cincin berikut terbilang cukup mudah. pembeli dapat mengetahui ukuran cincin dengan mengukur diameternya. Alat yang perlu disiapkan hanyalah sebuah cincin beserta dengan penggaris. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur diameter cincin menggunakan sebuah penggaris. Pastikan bahwa pengukurannya bukan dari bagian luar cincin, melainkan dari bagian dalam sebuah cincin. Setelah itu, cocokkan diameter cincin yang telah diukur dengan tabel ukuran cincin.

  • Menggunakan Pengukur Plastik

Pengukur plastik didesain khusus untuk mengetahui ukuran cincin. Sama seperti sebuah meteran, alat ini dilengkapi oleh angka yang berurutan. Pengukur plastik ini dapat digunakan dengan mudah. pembeli hanya perlu melilitkan pengukur plastik ini dijari manis. Setelah itu, cocokkan dengan ukuran jari. Hindari penggunaan yang terlalu sempit atau bahkan terlalu longgar. Sisipkan pada pengait yang telah disediakan. Lalu, dapatkan ukuran cincin dengan mencocokkannya menggunakan tabel.

Menentukan ukuran cincin tidak sulit, bukan? Cobalah berulang kali cara-cara di atas untuk memastikan lingkar jari. Untuk lebih meyakinkan, pembeli dapat mencoba semua panduan di atas. Lihatlah apakah hasil yang didapatkan memiliki ukuran yang sama. Jika ya, maka sudah menemukan ukuran cincin yang pas. Jika ternyata nantinya ukuran ternyata meleset, jangan khawatir, toko perhiasan online biasanya selalu memberikan free satu kali resize. Jadi, tidak perlu ragu saat akan beli cincin online hanya karena takut salah ukuran saja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.