Letak Cincin Nikah di Jari Mana?

Letak Cincin Nikah di Tangan Jari Mana?

Cincin nikah menjadi suatu komitmen kamu dan pasangan untuk menjadi simbol ikatan cinta sebuah pernikahan. Dibalik cincin nikah yang sakral, masih banyak dari kamu yang belum mengetahui letak cincin nikah di tangan jari yang mana. Kamu akan mendapatkan banyak jawaban dari pertanyaanmu tersebut di artikel ini.

Sebagai simbol pernikahan cincin nikah memang selalu identik dipasangkan di jari tersebut baik di jari kanan atau kiri. Karena setiap penggunaan cincin di jari memiliki arti yang berbeda. V&Co Jewellery akan memberikan informasi tentang letak cincin nikah yang bisa dijadikan referensi untuk kamu yang sedang kebingungan, simak artikel dibawah ini ya, dears.

Sejarah Penggunaan Cincin untuk Pernikahan

Letak Cincin Nikah di Jari Mana?
Source : id.pinterest.com

Bentuk lingkaran dari cincin menjadi simbol keabadian, karena potongannya yang tanpa akhir. Makna ini dipercaya bukan hanya oleh orang Mesir, tapi juga budaya kuno lain.

Lubang di tengah cincin pun juga memiliki makna, bukan hanya dianggap sebagai ruang, tapi juga pintu gerbang yang mengarah ke hal-hal maupun kejadian yang sudah diketahui maupun yang belum diketahui. Dengan memberikan wanita sebuah cincin menandakan cinta yang abadi dan tanpa akhir.

Berdasarkan sejarah Romawi kuno, cincin biasanya dipakai di jari manis tangan kiri, karena dikatakan jari manis terhubung langsung ke jantung dan menyimbolkan bahwa hati mempunyai cincin sudah terisi atau bisa disebut yang disebut ‘Vena Amoris’ atau ‘Vein of Love’ (Vena Cinta).

Perdebatan dalam penggunaan cincin nikah di jari juga terjadi pada saat Gereja Inggris dan Gereja Katolik Eropa memutuskan hubungan satu sama lain. Di mana Gereja Inggris mengubah kebijakan untuk cincin di gunakan pada tangan kanan di jari manis yang berlawanan dengan kebijakan Gereja Katolik Eropa.

Gereja Katolik Eropa mempunyai keyakinan cincin nikah harus dipakai di tangan kiri bagian jari manis, hal tersebut digambarkan dalam buku koleksi doa Gereja Anglikan/ Inggris yang berjudul “The Book of Common Prayer” dengan pemaknaan rasa hormat seorang istri kepada suaminya.

Gereja Katolik memilih tangan kanan di jari jari manis yang melambangkan kekuatan, sedangkan jika di tangan kiri dipercaya sebagai tidak dapat diandalkan dan tidak memiliki kebahagiaan. Sementara, dari segi kepercayaan Islam sendiri memberikan kebebasan terhadap mempelai dan tidak ada anjuran dalam memakai cincin yang terpenting kenyamanan.

Di setiap negara memiliki perbedaan pemakanaan dalam menggunakan cincin nikah. Misalnya di daerah Eropa dan sebagian Amerika Latin yaitu Denmark, Norwegia, Polandia, Austria, Rusia, Portugal, Bulgaria, Belgia (beberapa wilayah), spanyol, Ukraina, Serbia, Georgia, Yunani, Hungaria, Latvia, Kuba, Kolombia, Venezuela, dan Peru yang masih menerpakan kepercayaan budaya Gereja Katolik Eropa dengan meletakan cincin nikah di tangan kanan jari manis.

Berbeda dengan beberapa wilayah seperti Asia yang meletakan cincin nikah di tangan kiri jari manis yaitu negara Irlandia, Kanada, Botswana, Australia, Mesir, Afrika Selatan, Selandia Baru, Amerika Serikat, Inggris, Swedia, Inggris, Italia, Prancis, Finlandia, Republik Ceko, Kroasia, Swiss, Rumania, dan sebagian besar negara Asia.

Di Indonesia, Cincin Nikah di Tangan Mana?

Mayoritas di Indonesia sendiri setiap pasangan meletakan cincin nikah di tangan kiri jari manis. Dengan pemaknaan “Jika ibu jarimu itu melambangkan ibumu, sedangkan jari telunjuk itu adalah ayahmu, jari tengah adalah kamu dan jari manis yaitu pasangan kamu”.

Alasan tersebut dianggap logis karena mayoritas orang lebih aktif menggunakan tangan kanan untuk melakukan aktifitas sehari-hari, sedangkan tangan kiri jarang digunakan, jadi kemungkinan logam untuk bisa melukai jari tangan kiri lebih kecil, mengingat sebagian besar umat manusia tidak kidal.

Selain itu, jari manis kiri juga paling jarang digunakan selain kelingking. Untuk menghindari kerusakan cincin karena tergores pasangan lebih memilih menggunakan cincin di tangan kanan.

Namun ada juga yang beranggapan, menggunakan cincin nikah di tangan kanan, karena merupakan tangan yang pas dan dominan. Kebanyakan orang menggunakan tangan kanannya untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa tangan kanan lebih kuat, terbukti juga dengan ukurannya yang lebih besar.

Berdasarkan itulah mengapa beberapa orang memakai cincin nikah digunakan di tangan kanan. Karena sebagai lambang bahwa pernikahan didasarkan atas cinta yang kuat dan kokoh, serta dapat bertahan lama.

Perbedatan tentang letak cincin nikah tidak ada habisnya, jadi untuk kamu tidak perlu bingung karena tidak ada aturan khusus mengenai penggunaan cincin nikah, itu semua tergantung kepada tradisi dan kebudayaan masing-masing bangsa dan kenyamanan kamu.

Cincin Nikah di Tangan Kanan atau Kiri?

Untuk letak cincin nikah sebenarnya sesuai dengan kenyamanan kamu dan pasangan saja. Tangan kanan atau tangan kiri keduanya sama-sama memiliki sisi positif dan makna tersendiri bagi kamu dan pasangan. Jadi kamu tidak perlu bingung dan khawatir ya dears.

Untuk kamu yang membutuhkan rekomendasi dalam memilih cincin nikah, kamu bisa membelinya di V&Co Jewellery dengan harga terjangkau kamu dan pasangan bisa mendapatkan cincin berkualitas. Yuk tunggu apalagi, klik tombol berikut ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.