Kenali Cara Memilih Cincin Nikah Emas Putih dengan Tepat

Kenali Cara Memilih Cincin Nikah Emas Putih dengan Tepat

Salah satu proses persiapan pernikahan yang penting adalah memilih cincin nikah. Nah, salah satu jenis yang banyak dipilih adalah cincin nikah emas putih. Bila kamu ingin memakainya, ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan serta ada beberapa tips untuk membeli cincin satu ini.

Tips Memilih Cincin Kawin Emas Putih

Pastinya kamu harus mengetahui cara yang tepat supaya tidak salah memilih. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memperhatikan keaslian. Kamu bisa mencari informasi seputar cincin ini melalui internet, toko terpercaya untuk ditanyain mengenai ciri keaslian cincin. Kamu bisa menanyakan kelengkapan surat. Jika sudah lengkap, maka kamu bisa langsung membelinya.

Setelah itu, jangan lupa membandingkan harga cincin tersebut di beberapa gerai lainnya. Calon pengantin bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dengan cara membuat perbandingan. Selain itu, kamu juga minim risiko mengalami penipuan karena sudah mengetahui harga di pasaran.

Mengenal Cincin Nikah Emas Putih

Sebenarnya apa yang membedakan cincin ini dengan jenis lainnya? Cincin nikah emas putih terbuat dari 75% emas murni dengan 25% logam yang warna putih seperti nikel. Cincin jenis ini akan dilapisi oleh rhodium supaya warna putih dari cincin bisa tahan lama dan semakin berkilau.

Biasanya banyak pasangan yang malas memilih emas kuning sebagai mahar kawinnya. Banyak pasangan termasuk generasi milenial menjadi malas memakai cincin yang tampak kuno. Namun, cincin nikah emas kuning bukan berarti tidak lebih baik dari cincin versi putih. Keduanya pasti punya kekurangan dan kelebihan.

Ini hanya masalah selera saja. Umumnya generasi millenial, tampaknya lebih suka sesuatu yang berkelas atau elegan. Biasanya generasi millenial memilih barang yang simpel tapi bernilai tinggi. Desain yang dipilih juga tidak sesimple cincin kuno tetapi biasanya ada pahatan kecil di sisi logamnya.

Keunggulan Cincin Nikah Emas Putih

Keunggulan Cincin Nikah Emas Putih

Sebelum memilih cincin jenis ini, ada baiknya kamu mengetahui keunggulan. Ingat bahwa pernikahan ada proses yang sakral karena jadi lambang ikatan suci. Jadi, jangan sampai kamu sembarangan dalam memilih model cincin agar ke depannya tidak menyesal.

Jika kamu dan pasangan adalah orang yang simple, kamu bisa memilih cincin dengan satu berlian. Tentu saja ini sangat penting untuk menyesuaikan gaya kamu dan pasangan. Atau bila kamu yang punya kepribadian feminis, kamu bisa memilih model cincin yang punya desain elegan.

Namun bila kamu adalah mempunyai kepribadian yang unik, maka kamu bisa menggunakan model cincin yang terbuat dari dua warna logam. Atau jika kamu adalah tipe fashionable maka bisa memiliki model cincin yang tidak lekang oleh waktu. Nah, sekarang ada perbandingan yang bisa jadi pertimbangan sebelum memilih cincin nikah emas putih.

1. Cincin Nikah Emas Putih Dibandingkan dengan Cincin Platina

Emas dan platina memang jadi pilihan utama sebagai bahan cincin. Dengan berbagai alasan, orang memilih cincin nikah emas maupun platina. Biasanya dimulai dari tampilan yang menarik hingga bahannya yang bagus. Namun, ada perbandingan yang bisa kamu lakukan

Dimulai dari segi tampilan. Cincin emas putih memiliki kemiripan dengan cincin platina yaitu sama-sama putih. Namun,  keduanya tampak ada perbedaan di antara keduanya. Cincin nikah emas putih umumnya lebih mengkilap bila dibandingkan cincin platina karena melapisi rhodium.

Namun ada kekurangannya yaitu lapisannya pudar jika terlalu lama digunakan. Tapi warnanya bisa dipertahankan asalkan memang dirawat dengan baik. Berikutnya adalah dari segi harga. Harga cincin emas putih maupun platina memang tidak terpaut jauh.

Keduanya punya harga yang mirip untuk harga per gramnya. Secara keseluruhan keduanya memang hampir serupa. Namun, cincin emas putih memang lebih unggul karena beratnya tidak terlalu mengganggu. Kandungan emasnya hanya 58% untuk cincin 14 karat. Maka tak heran jika emas putih memang lebih nyaman dipakai sehari-hari.

2. Cincin Nikah Emas Putih Dibandingkan dengan Cincin Emas Kuning

Keduanya memang mirip. Hanya saja ada beberapa kandungan yang berbeda sehingga menyebabkan warna juga berbeda. Cincin nikah dengan emas putih ternyata memiliki kandungan palladium.

Hal ini membuktikan bahwa emas tidak hanya bisa menjadi warna putih karena adanya nikel. Palladium bisa membuat warna jadi putih. Paduan keduanya jadi bahan yang bagus untuk membuat cincin. Logam emas juga memiliki kelenturan sehingga dengan mudah dibentuk. Sementara logam palladium memiliki anti alergi yang cocok bagi calon pengantin alergi terhadap logam.

Selain dapat dicampur dengan palladium, ternyata emas putih terbukti bermanfaat dibandingkan emas kuning. Cincin emas putih bisa dijadikan investasi jangka panjang. Cincin dari emas putih punya nilai tukar dan nilai jual yang lebih tinggi daripada cincin emas kuning pada umumnya.

3. Cincin Nikah Emas Putih Dibandingkan dengan Cincin Palladium

Meskipun palladium dan emas putih jadi satu, bukan berarti keduanya tidak bisa dibandingkan. Sebab, masih banyak orang yang memilih palladium sebagai cincin kawinnya. Pastinya bentuk dan tampilan fisiknya mirip dengan emas putih tetapi harganya jauh lebih murah.

Bila dijual terpisah maka ada beberapa keunggulan dari pallidum. Salah satunya adalah unsur hypoallergenic yang terkandung di dalam palladium. Hal ini membuat cincin ini jadi anti alergi. Tidak ada perbedaan di antara keduanya selain campuran dan berat logam. Emas putih bisa lebih ringan karena kandungan emasnya lebih sedikit.

Ternyata ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih cincin nikah emas putih. Selain kelebihannya, ada pula tips penting sebelum menemukan cincin yang tepat. Jadi, kamu harus memilih cincin sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian ya, Dear.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *