Cincin Tunangan di Tangan Kiri atau Kanan

Cincin Tunangan di Tangan Kiri atau Kanan?

Setelah merasa cocok menjalin kasih berpacaran, kamu dan pasangan bisa melenggang ke jenjang berikutnya yakni pertunangan. Pertunangan merupakan fase untuk mempertemukan dua keluarga sekaligus mengabarkan komitmen kamu dan pasangan pada keluarga besar. Pada momen ini biasanya dilakukan pemberian cincin atau pertukaran sebagai simbol ikatan.Pernahkah kamu memperhatikan cincin tunangan di tangan kiri atau kanan?

Adakah aturan khusus memasang cincin tunangan harus di jari tangan kiri atau kanan dan mengapa demikian. Dan tentu banyak pertanyaan lainnya tentang cincin tunangan yang mungkin muncul dan membuat penasaran.

Penggunaan Cincin Tunangan di Tangan Kiri atau Kanan?

Sebagian orang menggunakan cincin tunangan pada rentan waktu dari pertunangan hingga pernikahan. Namun ada pula yang tetap menggunakannya setelah pernikahan dengan cara menumpuk. Sementara untuk letak, kebanyakan orang mengenakan cincin tunangan di tangan kiri, sedangkan untuk cincin kawin pada jari tangan kanan.

Namun tidak ada aturan khusus yang mengatur bahwa cincin tunangan harus di tangan kanan atau kiri. Hanya sebagian besar pasti memilih cincin untuk digunakan pada jari manis. Penasaran mengapa demikian? Berikut ulasannya:

1. Bermula dari Tradisi Romawi Kuno

Pemakaian cincin pertunangan di tangan kiri dipercaya telah dilakukan pada masa Romawi Kuno. Tradisi penggunaan cincin pertunangan pada jari manis tangan kiri bukan tanpa alasan. Orang-orang romawi percaya pada jari manis terdapat pembuluh darah yang terhubung langsung pada jantung. Pembuluh darah ini disebut Vena Amorisatau Veinof Love yang menjadi simbol kesetiaan serta simbol cinta.

2. Sebagian Daerah Eropa

Beda dari jaman Romawi Kuno, di negara-negara Eropa seperti Rusia, Kolombia hingga Yunani, cincin tunangan digunakan pada jari manis tangan kanan. Hal tersebut hanya serupa kebiasaan yang populer, sebab ada juga orang di negara tersebut menggunakan pada tangan kiri.

3. Kebiasaan Budaya Arab Islam

Penggunaan cincin juga dikenal pada budaya Arab dan Islam sejak zaman dahulu. Kebiasaan pemakaian cincin pada jari manis tangan kiri seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad saw.Penggunaan cincin di tangan kiri, dipercaya bertujuan melindungi cincin dari kerusakan. Sebab tangan kanan akan lebih banyak digunakan untuk berbagai pekerjaan dibandingkan tangan kiri.

4. Kepercayaan Masyarakat China

Masyarakat China menggunakan cincin tunangan di tangan kirimaupun kanan asalkan pada jari manis. Sebab mereka percaya pada simbol-simbol jari lekat pada orang-orang terdekat. Yakni jempol melambangkan orang tua, jari telunjuk untuk saudara, jari tengah sebagai diri sendiri, jari manis melambangkan pasangan dan jari kelingking untuk anak-anak. Cobalah tekuk satu antara jari tengah dan jari manis, akan lebih sulit dibanding menekuk jari lainnya. Itulah harapan hubungan cinta kamu dan pasangan sulit dipisahkan.

Dari berbagai kebiasaan di berbagai daerah, dapat disimpulkan terdapat perbedaan baik penggunaan di tangan kanan maupun kiri. Tidak ada aturan khusus selain tradisi yang dijalankan di masing-masing daerah. Di Indonesia sendiri tidak ada aturan lebih dari kebiasaan dan preferensi perorangan.

Model Cincin Tunangan yang Cantik Elegan

Di samping memikirkan letak penggunaan cincin tunangan di tangan mana, tidak kalah penting memilih model cincin tunangan. Kamu dan pasangan tentu menginginkan yang terbaik untuk mengabadikan momen bahagia. Ini dia rekomendasi cincin tunangan cantik elegan dan menarik:

  • Model bunga berhias batu mulia
Cincin Tunangan di Tangan Kiri atau Kanan?

Objek bunga sebagai simbol keindahan lekat dengan cinta. Bentuk ini dapat diabadikan dalam cincin tunangan kamu dan pasangan. Berhias batu mulia semakin menambah keindahan cincin tentu jenis batu mulia dapat menyesuaikan budget yang ada. Berlian jika dana yang kamu punya cukup besar atauswarovski pun tidak kalah cantik.

  • Cincin emas rosegold
Cincin Tunangan di Tangan Kiri atau Kanan?

Simbol cinta juga lekat pada warna pink maka pemilihan emas rosegold bisa menjadi pilihan baik. Emas rosegold memiliki warna pink yang unik tinggal pilih model yang disukai dari solitaire yang standing dengan satu permata besar hingga model listring dengan batu-batu kecil di sebagian band cincin.

  • Cincin dua warna

Agar cincin tunangan kamu dan pasangan beda dari yang lain, kamu bisa memilih cincin yang memadukan dua warna. Kombinasi dua warna ini bisa dihasilkan dari dua jenis emas berbeda, antara emas putih dengan emas kuning  atau emas rosegold. Cincin dengan kombinasi warna ini kian populer banyak diminati.

  • Cincin BlueSapphire

Tampil berbeda dengan memilih cincin berhias batu permata blue sapphire berwarna biru akan menjadikan cincin tunangan kamu jadi berkesan. Jangan takut tampil berbeda apalagi tampilan cincin ini cantiknya maksimal.

Mana cincin favorit kamu? Mau memakai cincin tunangan di tangan kiri atau kanan pastikan cincin tunangan kamu cantik maksimal. Pilih model cincin sesuai karakter dan yang paling nyaman digunakan agar dapat digunakan setiap harinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.