Contoh Mahar Pernikahan

8 Contoh Mahar Pernikahan Selain Uang Rupiah

Pernikahan memang menjadi salah satu momen bahagia yang dinantikan. Namun, untuk melangkah ke tahap janji suci pernikahan, tentu banyak persiapan yang diperlukan. Salah satunya contoh mahar pernikahan.

Masih banyak pasangan pengantin yang menggunakan uang rupiah asli untuk dihias dan dikreasi sebagai mahar atau maskawin saat akad nikah. Apakah kamu tahu bahwa pihak Bank Indonesia (BI) akan menggelar sosialisasi kepada para pengrajin hiasan uang mahar tentang pelarangan menggunakan uang rupiah asli sebagai bahan pembuatan hiasan mahar pernikahan. Tidak hanya dilarang, menggunakan uang rupiah asli untuk kerajinan juga diancam terkena pidana terkait tindak perusakan uang.

Jika kamu berencana ingin memberi mahar pernikahan selain uang rupiah, itu juga boleh, lho! Masih bingung ingin member mahar pernikahan apa? Simak artikel di bawah ini, yuk, untuk temukan inspirasinya.

8 Contoh Mahar Pernikahan Selain Uang Rupiah

1. Bingkai berisi foto kamu dan pasangan, emas batangan, dan logam lain.
Contoh Mahar Pernikahan
Mahar seperti foto di atas sangat unik, ya! Bingkai yang berisi potongan foto mempelai pria dan wanita juga menambah kesan memorable. Emas murni yang ditempel juga sebagai simbol investasi untuk pernikahanmu. Logam lainnya membantu untuk menambah dekorasi yang unik. Seru sekali, kan? Mau coba? Kamu bisa mendapatkan emas murni tersebut di Store V&Co Jewellery, loh!

2. Pohon uang logam.
Contoh Mahar Pernikahan
Bagaimana dengan ide mahar satu ini? Membentuk rangka pohon dan menempelkan uang logam sebagai daunnya. Unik sekali, ya? Nah, untuk daun dan bunga di bawah, kamu bisa menggantinya dengan uang mainan, ya! Karena bisa saja itu termasuk tindak perusakan uang. Kamu tentunya tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

3. Barang kesukaan si dia.
Contoh Mahar Pernikahan
Selain barang-barang di atas, kamu juga bisa lho memberinya barang kesukaannya. Seperti hijab, baju, tas, atau barang-barang lainnya. Ditambah sedikit bunga agar terkesan romantis juga perlu. Susun semua barang tersebut dengan rapi, sehingga akan terlihat bagus dan tidak mengecewakan.

4. Sepasang cincin.
Contoh Mahar Pernikahan
Nah, kamu juga bisa memberikan mahar pernikahan berupa sepasang cincin untukmu dan dia. Ditambah miniatur kamu dan pasanganmu, bisa menambah kesan unik dan lucu untuk siapapun yang melihat. Tulisan-tulisan seperti namamu dan pasanganmu, tulisan yang mengarah ke pernikahan juga boleh ditambahkan, lho! Kehadiran bunga memang sebagai kunci agar terlihat lebih romantis. Jangan lupa untuk tambahkan bunga di setiap dekorasi mahar pernikahanmu, ya!

Pssst, kamu bisa membeli sepasang cincin itu di V&Co Jewellery, lho! Tentunya akan ada banyak keuntungan dengan berbelanja di sana.

5. Menghadiahi tas favorit atau tas branded.
Contoh Mahar Pernikahan
Memberikan barang-barang branded tidak salah kok! Tentunya kamu menginginkan mahar pernikahanmu akan bertahan lama. Nah, barang branded bisa bertahan lama, lho! Belilah barang yang ia inginkan, seperti tas , sepatu, baju, dan lain-lain. Pasti si dia akan senang dibawakan barang-barang yang diinginkannya.

6. Sepaket make up dan skin care.
Mahar 6
Barang satu ini merupakan salah satu contoh  mahar pernikahan yang bisa kamu tiru. Daripada barang-barang mahar tidak bisa digunakan, akan lebih baik jika membeli barang mahar yang berguna untuk pasanganmu atau untuk rumah tanggamu nanti. Contohnya sepaket make up dan skin care. Wanita akan suka sekali dengan idemu.

Ia akan merasa pasangannya sangat memperhatikannya. Make up dan skin care adalah kebutuhan wanita, jadi tidak heran jika mereka merasa senang. Tapi, jangan sampai salah beli juga. Setiap wanita memiliki kulit yang berbeda-beda, alangkah baiknya jika kamu bertanya terlebih dahulu.

7. Handuk berinisialkan namamu dan pasanganmu.
Mahar 7
Benda satu ini juga berguna untuk rumah tanggamu nanti, lho! Itupun jika kamu tidak merasa sayang untuk memakainya. Handuk dengan ditambahkan inisialmu dan pasanganmu juga bisa dijadikan barang mahar. Selain berbeda dengan yang lain, tentunya harganya akan lebih murah.

8. Barang yang mendukung hobinya.
Mahar 8
Selain make up dan skin care, sepertinya wanita akan suka jika diberikan barang untuk mendukung hobinya sebagai mahar pernikahan. Bagaimana? Kamu ingin mencobanya? Pastikan kamu tahu barang favorit dari pasanganmu agar tidak salah membelinya. Barang untuk mendukung hobi juga tentunya akan bertahan lama disbanding barang-barang yang lainnya.

Nah, kira-kira delapan barang di atas merupakan contoh mahar pernikahan. Kira-kira kamu ingin member yang mana untuk pasanganmu? Jangan sampai salah pilih, ya! Sesuaikan semuanya dengan keinginannya, dengan anggaran yang ada, dan lain-lain. Kamu juga tidak harus terpaku pada kedelapan barang di atas. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan barang-barang lainnya.

Foto: Seserahan Depok Royalwrap, Popyourheart, Lavana Wedding, Zeta Creativo, Aliexpress

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *