Mengintip Dekorasi Pernikahan Sederhana Namun Penuh Kesan

Mengintip Dekorasi Pernikahan Sederhana Namun Penuh Kesan

Tidak bisa dipungkiri bahwa konsep pernikahan yang sederhana tengah digilai oleh para pasangan masa kini, mulai dari dekorasi pernikahan sampai susunan acara.

Bukan masalah takut over-budget, tapi kebanyakan dari para pasangan usia 20-an ini memutuskan untuk lebih berfokus pada after-party. Sehingga pilihan dekorasi pernikahan sederhana yang tepat pun bisa menjadi kunci kemewahan tersendiri pada hari-H mereka.

Dekorasi Pernikahan Dulu dan Sekarang

Dulu, pernikahan memiliki artian sakral dimana merupakan penyatuan dari dua individu yang memiliki visi-misi yang indah bagi satu sama lain dalam bentuk pertalian suci sehidup-semati. Pernikahan bisa disebut sebagai bukti dari akhir masa pencarian dan rekat kaitannya dengan pembuktian kesetiaan, pelegalan asmara dan pemenuhan janji Abraham.

Namun, pernahkah berpikir bahwa ketika kita bisa mencintai orang lain itu adalah awal dari kemampuan untuk bisa mencintai diri sendiri dan meminimalisir hal-hal negatif yang sanggup muncul dalam pikiran kita sendiri? Bahwa pernikahan ada sebagai akhir dan bukti kita bisa memiliki seseorang yang senantiasa memberikan kekuatan dan kasih sayang yang diinginkan seumur hidup.

Pernikahan memiliki fungsi yang lebih positif daripada yang bisa kita bayangkan. Dengan menikah, orang bisa bicara tentang cinta yang lebih suci. Dengan menikah, orang bisa membuktikan pada dirinya sendiri bahwa komitmen bukanlah hal yang harus ditakuti.

Dengan menikah, orang akan berusaha yang terbaik untuk membahagiakan pasangannya dan dirinya sendiri. Dengan menikah, orang bisa belajar memaafkan dan menerima ketidaksempurnaan satu sama lain.

Sederhana tapi Romantis

Jika berbicara tentang dekorasi pernikahan yang sederhana, pastilah yang muncul pertama kali dalam benak calon pasangan pengantin adalah budget. Namun, tahukah  ini adalah hal paling mendasar yang ternyata memiliki efek untuk membatasi kemampuan imajinasi dan pengharapan atas hari besar setiap calon pasangan pengantin.

Ada yang mengatakan, “Mewah tidak selalu bisa menciptakan atmosfir yang romantis. Namun, sederhana bukan berarti tidak bisa meninggalkan kesan.” Pendapat ini adanya benar juga, tapi patokan sederhana tiap orang itu bisa berbeda-beda sesuai kebutuhan, tidak hanya stuck dengan budget.

Jika calon pengantin adalah kaum generasi Z dan milenial, pesta pernikahan yang sederhana itu memiliki dua ciri atau karakteristik, yaitu tidak terlalu norak dan tidak terlalu berlebihan. Dekorasi pernikahan sederhana masa kini berputar pada kemampuan para wedding organizer untuk dapat menciptakan romantisme tetapi tetap simpel.

5 Dekorasi Pernikahan Sederhana Sesuai Budget:

Banyak pasangan yang rela menunda pernikahannya dan mengumpulkan sejumlah dana besar terlebih dahulu agar bisa menggelar pesta pernikahan yang mewah dan besar. Disisi lain, ada juga pasangan yang justru memilih konsep pesta sederhana yang bisa menekan biaya pernikahan. Berikut dekorasi yang sederhana namun tetap memiliki kesan romantis.

  1. Konsep Tradisional tapi Modern

Konsep dekorasi pernikahan sederhana masa kini kebanyakan mengusung gaya tradisional-modern, dimana calon pengantin tetap bisa mengikuti tradisi atau adat istiadat dan agama yang dianut, tapi bagian-bagian yang penting saja yang dipilih untuk muncul dalam rundown acara terbesar dalam sejarah hidup pasangan pengantin.

Mengambil contoh dari pernikahan Kimberly dan Edward lalu, konsep dekorasi pernikahan sederhana yang tradisional tapi modern bisa menjadi pilihan menarik bagi calon pengantin. Kim memakai white dress klasik dengan sentuhan lace, belt, dan veil panjang yang membuatnya terlihat sangat anggun saat menjalani proses akad nikah di sebuah masjid.

Setelah itu Kim memakai off-shoulder dress di acara resepsinya yang berkesan modern karena diselenggarakan di area terbuka. Menariknya, mereka meniadakan kursi dan mengusung kesan vintage yang memberi efek nyaman tapi tetap romantis selama acara berlangsung.

  1. Pilihan Tempat Resepsi

Dekorasi pernikahan yang sederhana bisa dilakukan dengan mengacu pada budget yang sudah ditetapkan oleh pasangan pengantin. Jika pilihan tempat resepsi berada di rumah, dan itu berarti tidak ada biaya sewa gedung yang harus dibayar. Dekorasi pernikahan sederhana tentu saja bisa dipastikan terwujud karena bisa menentukan sebanyak apa tamu undangan yang datang dan tema dekorasi seperti apa yang diinginkan.

Dekorasi tempat resepsi pernikahan memiliki 3 poin lalu-lintas yang harus diperhatikan dalam penyesuaiannya. Diantaranya area penerima tamu dan pemberian sovenir, pelaminan, serta area makan.

  1. Desain Kartu Undangan dan Sovenir

Desain kartu undangan dan sovenir tentu saja masuk ke dalam kategori dekorasi pernikahan sederhana. Tidak perlu memakai emboss, yang penting jangan salah cetak nama tamu. Beri perhatian lebih kepada jenis kertas yang dipilih.

Ingat, sederhana itu tidak berarti tidak bagus. Dengan kecanggihan sumber daya manusia masa kini, banyak ide kreatif untuk desain kartu undangan dan sovenir yang unik dan cantik, juga bisa calon pengantin pas-kan dengan budget yang dimiliki.

  1. Photo-Corner

Pastikan calon pengantin mempunyai photo-corner sebagai tambahan dekorasi pernikahan sederhana. Tidak peduli seberapa sederhananya acara pernikahan, asalkan mempunyai photocorner pasti para tamu akan mengantri untuk mengabadikannya.

Berikan extra care untuk poin ini.  Pemilihan warna haruslah senada dengan konsep pernikahan. Calon pengantin juga bisa menyatukan photo-corner dengan panggung pelaminan untuk menghemat biaya dokumentasi.

  1. Music Corner

Musik adalah salah satu poin vital dalam penyelenggaraan suatu pesta. Untuk dekorasi pernikahan sederhana sesuai budget, calon pengantin bisa menyiasati dengan meniadakan band dan hanya menggunakan media player dengan lagu-lagu yang sudah dipilih. Be smart, ladies, harga sewa band itu sangat mahal.

Jika calon pengantin ingin tetap mempunyai music corner tetapi tidak ingin keluar biaya yang banyak, sewa band lokal alias teman-teman yang pandai bermusik atau sediakan gitar, keyboard piano, dan mic di satu sudut sehingga siapa pun yang mau menyumbang lagu bisa leluasa manggung di sana.

Banyak alasan kenapa dekorasi pernikahan sederhana jauh lebih diminati oleh kebanyakan pasangan masa kini. Mulai dari tidak terlalu repot dalam perencanaan keseluruhan acara, bisa lebih fokus pada rencana bulan madu. Itu bisa menimbulkan suasana yang lebih akrab dan nyaman dengan para tamu dan keluarga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *