Apa Perbedaan Emas Tua dan Emas Muda

Apa Perbedaan Emas Tua dan Emas Muda?

Emas tua dan emas muda, mungkin kamu pernah mendengar istilah tersebut di toko emas maupun saat bertemu dengan orang lain. Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa itu emas tua dan emas muda dan apa yang membuat mereka berbeda?

Sebelum lebih jauh membahas tentang emas tua dan emas muda, mari kita telusuri asal muasal Si Kuning yang menjadi primadona banyak orang ini. Emas sudah mulai digunakan sejak jaman dahulu, baik dalam bentuk alat tukar maupun perhiasan. Di dalam film tentang sejarah yang sering kita tonton, pasti banyak kita jumpai benda-benda berbau emas lainnya seperti cawan, piring hingga sendok.

Emas merupakan benda logam yang memiliki sifat lunak dan dapat mencair pada suhu sekitar 1000 derajat Celcius, oleh karena itu emas sering digunakan untuk perhiasan karena sifatnya yang lunak dan memiliki warna yang cenderung tidak berubah, cantik dan memikat banyak orang.

Pengertian Emas Tua dan Emas Muda

4 Warna Emas yang Belum Kamu Tahu

Seperti yang kita ketahui, emas dalam perhiasan memiliki campuran logam di dalamnya untuk memperkokoh bentuknya. Istilah emas tua dan emas muda ini masih memiliki hubungan erat kadar logam di dalamnya.

Emas tua dan emas muda merupakan sebuah istilah yang diciptakan oleh masyarakat untuk membedakan kadar logam yang terkandung dalam emas tersebut. Jika kamu ingin mencari istilah emas muda di dalam bahasa Inggris, itu tidak akan terlalu membantu karena istilah ini hanya ada di bahasa Indonesia.

Kadar Emas

Kadar emas nyatanya masih menjadi pengetahuan yang baru bagi para calon pembeli di pasaran. Tidak sedikit calon pembeli perhiasan emas yang masih awam dengan sebutan emas tua dan emas muda ini dan berakhir membeli tanpa tahu apa-apa. Pastinya kamu tidak ingin berakhir demikian, bukan?

Kadar emas yang terdapat pada emas tua dapat dikatakan lebih dari 70%, sedangkan pada emas muda kadar emas yang terkandung di dalamnya hanya di bawah 40% yang artinya lebih banyak kandungan logam lain dibandingkan kadar emas murni itu sendiri. Dari sini, sudah dapat kita simpulkan bersama bahwa emas muda merupakan emas yang memiliki campuran emas lebih sedikit dibandingkan logam lainnya saat ia akan dibentuk menjadi sebuah perhiasan.

Kadar emas ini juga akan mempengaruhi harga di pasaran! Emas tua karena memiliki kadar emas yang tinggi jelas memiliki harga yang tinggi, sedangkan emas muda yang kadar emasnya lebih sedikit memiliki harga yang relatif lebih rendah daripada emas tua. Namun, apakah semakin murni emas akan semakin bagus kualitasnya?

Kelebihan Emas Muda

Benda Berlapis Emas yang Unik dan Mewah

Meskipun memiliki harga yang relatif lebih rendah daripada emas tua, jangan salah! Rupanya si emas muda ini juga memiliki beberapa kelebihan, yang membuat kamu akan tergoda untuk membelinya, seperti:

1. Mudah dibentuk dan Tahan Lama

Karena kadar emas yang tidak terlalu tinggi menyebabkan emas muda ini lebih mudah dibentuk. Banyak tersedia bentuk-bentuk aksesori dari emas muda yang memiliki model lucu bahkan unik. Selain mudah dibentuk, emas muda ini juga mudah dicampur dengan bahan logam lain karena sifatnya yang tidak lunak dan tahan lama. Emas muda ini jika dicampur dengan bahan lain, seperti berlian, tidak akan cepat rusak.

2. Memiliki Berbagai Macam Pilihan Model dan Warna

Jika kamu sering melihat perhiasan di toko-toko emas, pasti akan susah untuk membedakan mana emas tua dan emas muda yang dipajang di etalase toko. Sebenarnya kita dengan mudah dapat membedakannya ketika melihat tulisan kecil yang disediakan di atas kertas yang tertempel.

Tapi, jika kamu lebih memilih membeli perhiasan di toko online kamu dapat melihat keterangan karat yang disediakan di caption gambar. Biasanya penjual akan menyertakan berapa karat dan bahan campuran apa yang digunakan untuk membuat perhiasan tersebut. Di toko online juga kamu dapat melihat berbagai pilihan model dan warna yang unik dari perhiasan berbahan dasar emas muda tersebut.

Cincin jenis simpelnan elegan ini mungkin dapat menjadi pilihan kamu saat akan membeli perhiasan berbahan dasar emas muda. Macam warna yang menarik dan harga yang tidak seret di kantong juga bisa menjadi opsi yang menarik, bukan?

Warna-warna yang sedang menjadi tren seperti rose gold ini banyak menjadi top choice bagi para calon pembeli yang menginginkan perhiasan dengan warna cantik nan menarik dan tetap terlihat elegan.

3. Harga yang Terjangkau

Mungkin bagi kamu calon pembeli yang menginginkan perhiasan dengan banyak pilihan dan harga yang tidak terlalu mahal, emas muda bisa jadi pilihan bagus buat kamu. Akan tetapi, jangan asal pilih emas muda. Siapa tahu emas muda yang akan kamu beli memiliki kualitas yang baik dan bisa saja dihargai dengan harga yang cukup lumayan!

4. Investasi Jangka Panjang

Siapa yang tidak ingin berinvestasi untuk masa depannya? Mungkin hanya sedikit orang yang memiliki pemikiran seperti itu. Dapat dikatakan banyak orang berlomba-lomba untuk memiliki investasi untuk persiapan masa depannya. Emas mungkin merupakan salah satu alternatif yang menarik bagi kamu.

Emas muda, meskipun harga belinya rendah, siapa sangka ia memiliki harga jual stabil dan kurang lebih sama dengan harga jual emas tua. Jangan takut untuk mencoba emas muda sebagai modal investasi awal kamu. Emas adalah emas, masih akan tetap mungkin dapat menjadi investasi selama demand pasar cukup besar untuk barang ini.

Semoga penjelasan di atas sedikit demi sedikit membantu kamu untuk memahami emas muda lebih lanjut. Emas muda bukan berarti hal buruk untuk dibeli dan disimpan sebagai bentuk investasi, ya! Banyak hal yang bisa kamu dapatkan saat ingin membeli dan berencana memiliki emas muda.

Tetap saja, tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan? Siapa tahu emas muda adalah jawaban bagi kamu yang sedang gelisah memilih perhiasan yang cocok.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *