Tips investasi Perhiasan Emas

Tips Investasi Perhiasan Emas

Investasi emas tidak hanya tentang emas batangan tapi ada pula investasi perhiasan. Keduanya sama-sama memerlukan modal yang dapat disesuaikan dengan isi kantong sang pembeli.

Kamu dapat memilih berat dan kadar dari emas batangan dan perhiasan emas. Emas batangan dan perhiasan emas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk dijadikan investasi. Emas batangan memiliki berat yang beraneka ragam mulai dari 3 gr, 5 gr, hingga 100 gr. Semua itu memiliki kadar emas 24K atau terbilang emas murni. Merek emas batangan yang paling banyak dikenal orang adalah logam mulia Antam. Namun ada pula beberapa merek emas batangan lainnya.

Kelebihan dari investasi emas batangan adalah tidak adanya biaya pembuatan seperti investasi perhiasan. Emas batangan pun tidak memerlukan penyimpanan yang cukup rumit. Namun, emas batangan mengalami harga yang naik turun untuk setiap tahunnya. Jadi, kamu harus betul-betul memperkirakan kapan kenaikan harga terjadi.

Pada investasi perhiasan emas pun terdapat berbagai macam pilihan kadar karat diantaranya 18K, 22K hingga 24K yang merupakan emas murni. Namun, pilihan yang tepat adalah perhiasan emas 24K. Sebab, kamu tidak perlu menambah banyak biaya pembuatan karena kelunakan yang dimiliki oleh emas 24K.

Kelebihan dari investasi perhiasan adalah mudahnya cara untuk berinvestasi. Terdapat berbagai macam jenis perhiasan yang dapat dipilih untuk tabungan masa depan. Terlebih lagi, terdapat banyak toko perhiasan yang tersebar di sepanjang jalan.

Investasi emas bukan merupakan investasi jangka pendek, melainkan investasi jangka panjang. Kamu harus sabar untuk menunggu jika ingin mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Itu adalah kunci awal saat kamu berniat untuk investasi emas.

Tips Investasi Perhiasan Emas yang Baik dan Benar

Untuk lebih memantapkan kamu dalam memulai investasi perhiasan emas, terdapat beberapa hal yang bisa diikuti. Simaklah yang berikut ini:

  1. Pilih Toko Perhiasan

Terdapat banyak toko perhiasan di sekitar kamu. Kunjungi toko yang telah diketahui dan dikenal oleh banyak orang. Kamu tidak perlu lagi khawatir tentang kualitasnya. Begitu pula saat memutuskan untuk membeli pada toko perhiasan online. Pilihlah toko yang terpercaya dan telah memiliki nama (brand).

  1. Pilih Perhiasan

Selanjutnya, pilihlah jenis perhiasan yang akan diinvestasikan. Jenis yang bisa dijadikan investasi perhiasan adalah cincin, anting, gelang dan kalung. Setelah itu, tentukan kandungan kadar karat yang ingin dibeli. Pilihlah berat dan karat perhiasan sesuai dengan budget yang dipunya.

  1. Cari Perhiasan yang Baik

Ketika hendak melakukan investasi perhiasan, pilihlah yang mempunyai kondisi baik. Perhatikan dengan cermat tampilan keseluruhan sisi dari perhiasan. Hindari membeli perhiasan yang terlihat tergores, pudar hingga berubah warna. Sebab, saat menjual perhiasan yang telah diinvestasikan, tentunya pihak toko akan melihat kondisi atau tampilan perhiasan. Pihak toko mungkin saja menolak untuk membeli perhiasan yang terlihat buruk.

  1. Pilih Perhiasan

Mungkin beberapa orang yang berniat untuk investasi perhiasan emas tidak menyadari tentang hal berikut ini. Saat membeli perhiasan untuk dijadikan investasi, pilihlah perhiasan yang memiliki model sederhana. Hal tersebut pastinya akan memudahkan kamu untuk menjualnya di masa depan. Model yang sederhana tersebut masih akan terus disukai oleh banyak orang.

  1. Penyimpanan yang Aman dan Tepat

Menyimpan sebuah perhiasan tidak bisa secara sembarangan. Simpan perhiasan pada tempat yang aman dan tidak diketahui oleh banyak orang untuk menghindari adanya kejahatan. Disamping itu, sebuah perhiasan rentan tergores atau bahkan pudar apabila disimpan dengan cara yang salah. Tentunya hal demikian sangat dihindari oleh orang yang ingin investasi perhiasan. Mereka akan memaksimalkan penyimpanan agar tampilan perhiasan emas selalu terlihat sempurna.

Cara yang tepat untuk menyimpannya yaitu dengan memasukkan ke dalam tas kecil atau kantong kecil. Biasanya kamu akan mendapatkannya sebagai bonus saat membeli sebuah perhiasan. Hindari menggabungkan perhiasan yang satu dengan yang lain. Setelah itu, perhiasan dapat disimpan pada lemari dengan temperatur yang pas dan tidak lembab. Hindari menyimpan perhiasan pada lemari kayu.

  1. Perhatikan Harga Emas

Saat ingin investasi perhiasan emas, perhatikan harganya setiap hari. Dalam melihat harga emas untuk setiap hari, kamu dapat mengaksesnya melalui internet. Perkirakan kapan waktu yang tepat bagi kamu untuk membeli sebuah perhiasan tersebut.

Tidak lupa, saat ingin menjualnya perhatikan pula harga emasnya. Hitung keuntungan yang akan didapat bila menjual dengan harga yang tertera. Jangan gegabah dan hindari salah perkiraan yang akan membuat kamu merasa menyesal.

  1. Jangan Digunakan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, perhiasan yang sering dipakai akan mengurangi kadar atau kandungan yang terdapat didalamnya. Warna dari perhiasan emas pun akan pudar apabila terus menerus digunakan. Jadi, jika kamu berniat untuk investasi perhiasan, jangan gunakan perhiasan tersebut. Kamu bisa menyimpan perhiasan pada tempat yang aman dengan cara penyimpanan yang tepat. Baru setelah waktunya tiba, perhiasan kamu siap untuk dijual.

Ketujuh hal diatas merupakan poin penting yang harus diperhatikan sebelum kamu investasi perhiasan emas. Apabila kamu telah mengikutinya dengan benar, yakinlah investasi perhiasan kamu akan menguntungkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.