Fakta-fakta Seputar Perhiasan Emas

Fakta-fakta Seputar Perhiasan Emas

Membicarakan tentang perhiasan emas memang tidak ada matinya. Mulai dari segi investasi hingga sejauh mana emas bisa dikreasikan sebagai perhiasan. Namun sebelum kita membicarakan tentang model-model perhiasan emas terkini, terhitung hingga Juli 2019 ini, mari kita bicarakan mulai dari asal-usul emas itu sendiri.

Emas dari luar angkasa

Sedikit sulit disangkal tentang teori yang satu ini karena bagaimana pun tidak ada yang tahu pasti asal-usul sejatinya dari emas itu sendiri. Fort Knox di Alaska, yang dimiliki oleh Kinross Gold dan saat ini masih menjadi tambang emas terbesar yang masih beroperasi, mengatakan bahwa dari hasil penelitian luar angkasa menyebutkan bahwa emas yang saat ini berada di bumi datang dari bintang-bintang neutron yang saling bertabrakan. Hal ini sulit untuk dibantah karena bagaimana pun awal dari Fort Knox didirikan adalah bukan untuk mencari emas, melainkan mencari bukti-bukti purbakala seperti fosil dan mineral berharga.

Para peneliti mengatakan bahwa emas pada awalnya merupakan salah satu hasil dari ledakan supernova, tetapi kemudian menemukan bahwa dari ledakan tersebut terdapat partikel yang disebut dengan bintang neutron yang menjadi inti dari bintang yang jatuh, melebur dengan elemen atau partikel-partike lain dan mengendap di Bumi. Dari endapan-endapan ini terbentuklah atom-atom emas yang kemudian seiring berjalannya waktu berubah bentuk menjadi lebih besar dan lebih berat seperti gumpalan atau lempengan.

Universitas Bristol mengemukakan pada tahun 2011 melalui majalah sains Nature, bahwa penelitian mereka kepada mengenai asal usul emas dimana beberapa sampel bebatuan tertua yang dapat ditemukan di Bumi dibedah memberikan hasil bahwa semua logam mulia yang telah ditemukan saat ini merupakan hasil dari supernova atau meteor yang jatuh ke Bumi dan mengendap selama lebih dari 200 juta tahun. Dan kemudian teori mereka pun merujuk kepada masa dimana Bumi terbentuk.

Emas dari Zaman Mesir Kuno

Mengesampingkan teori di atas, mengenal teori asal-usul emas dari artefak zaman Mesir Kuno jauh lebih menyenangkan dan menarik daripada mengenal atom-atom dan segala sesuatu tentang luar angkasa yang masih belum selesai diteliti hingga saat ini.

Jika membicarakan darimana asal emas, Mesir akan mendapatkan perhatian lebih banyak daripada yang kita inginkan karena bagaimana pun masyarakat lebih mengenal peradaban emas dari piramida-piramida yang unik dan juga kisah Cleopatra yang selalu diselimuti dengan perhiasan-perhiasan kuning ini. Bukti pertama yang mengarah pada asal-usul emas di zaman Mesir Kuno muncul pada beberapa tahun sebelum masehi dimana era animisme dan dinamisme masih menjadi bentuk agama pertama bagi umat manusia. Para masyarakat Mesir melihat emas merupakan alat yang paling suci untuk menyembah para dewa dan para raja dan keturunannya sehingga emas bukanlah alat tukar perdagangan seperti hasil-hasil tanah seperti gandum.

Dalam penggunaannya, masyarakat Mesir zaman dahulu melebur logam mulia ini sebagai alat untuk memuja para dewa, dalam aplikasinya banyak ditemukan cawan, patung dan perhiasan dari emas murni pada puncak Piramida Giza. Para masyarakat mempercayai bahwa emas merupakan simbol keabadian dan kekuatan. Inilah yang juga menjadi dasar pembagian kasta dimana mereka yang diberkati oleh dewa secara langsung dan dipilih untuk menjadi kaki dan tangannya adalah kaum bangsawan seperti raja dan ratu dan keturunan mereka, dan juga pendeta, sementara kasta yang lebih rendah yang tidak dipercayai memiliki emas adalah kasta pekerja yang dipilih untuk mengabdi dan melayani kasta yang lebih tinggi.

Emas dalam Alkitab

Teori tentang pengenalan emas juga dikemukakan dalam Alkitab di kitab Kejadian 2: 10-12 : “Ada suatu sungai   mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi 4 cabang. Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada. Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras.”

California Gold Rush

Titik pemahaman tertinggi bahwa emas itu memiliki nilai tukar yang tinggi terjadi dalam sejarah Amerika, California Gold Rush 1848. Pada masa itu, emas sudah memiliki peran penting dalam perekonomian Amerika, baik dalam dunia perdagangan sebagai alat tukar maupun dari segi estetika sebagai perhiasan. Kabar bahwa James W. Marshall menemukan emas di sebuah tambangan di California menjadikan seluruh orang dengan kasta rendah atau pekerja di seluruh Amerika berbondong-bondong datang untuk menjadi pekerja tambang.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi James, mengingat seberapa banyak emas yang bisa mereka dapatkan dari ratusan ribu orang tersebut dan memakmurkan Amerika, meskipun James sendiri tidak bisa mengklaim emas itu miliknya karena dia menjanjikan aturan “siapa yang menemukan dia yang memiliki.” Namun, California, yang pada saat itu masih belum menjadi sebuah kota alih-alih negara bagian, tidak bisa menyediakan sumber pangan yang cukup untuk ratusan ribu pekerja. Hal ini mengakibatkan kematian massal baik yang disengaja atau tidak, untuk menyelamatkan orang dari penyakit menular dan kelaparan.

Setelah insiden yang menyakitkan dan mengerikan ini, California barulah menjadi sebuah kota pada tahun 1850 yang memerlukan pemerintahan dan walikota untuk mengurus keperluan kemajuan teknologi dan industri untuk mengangkut hasil dari tambang dan memberikan suplai makanan yang cukup bagi para pekerja, mengontrol boomtown—para pekerja membangun tempat tinggal kecil di sekitar area pertambangan dan membangun kebutuhan kota seperti area peternakan, kebun, toko perhiasan, gereja dan sekolah. Mereka pertama kali menggunakan kapal uap sebagai alat transportasi utama, tetapi setelah jalur kereta uap dibuka, para penambang yang lebih kaya mulai mendirikan tempat usahanya sendiri dan lama-kelamaan mengontrol tambang dengan lebih efisien.

Emas di Dunia Modern

Sedikit beresiko jika mengatakan emas sudah tidak memiliki banyak peminatnya dalam bentuk investasi batangan. Namun bagaimana pun, tuntutan masyarakat lebih kepada bentuk perhiasan dan barang-barang yang tidak sepenuhnya bisa dijadikan investasi di bank. Seperti halnya saat ini, emas lebih dapat menarik pembeli dalam bentuk kalung ataupun cincin karena bisa dibentuk menjadi lebih indah, ringan atau padat, dan lebih kepada kepuasan estetika.

Anak-anak muda zaman sekarang juga sudah tidak ragu-ragu lagi untuk membeli perhiasan emas secara langsung karena mereka mendapatkan pilihan warna, jenis dan bentuk beragam seperti halnya rose-gold yang saat ini sedang berada di puncak tuntutan pasaran global. Jika mempertanyakan 10 anak remaja tentang perhiasan emas, mereka akan mengatakan 2 jenis perhiasan yang menurut mereka nyaman untuk dipergunakan seperti emas putih untuk anting-anting dan gelang, atau rose-gold untuk cincin dan kalung. Bukan berarti mereka tidak menyukai emas kuning dalam bentuk umumnya, tetapi emas putih dan rose-gold merupakan pilihan aman bagi mereka.

Beberapa Jenis Perhiasan Emas

Tren Perhiasan 2019, Yang Mana Pilihan Kamu?

Ada beragam perhiasan emas yang dapat kita temukan di pasaran, dari cincin hingga bros. Sudah bukan rahasia lagi, perhiasan emas memang jadi idola dan favorit setiap orang. Sebagai contohnya, di acara pernikahan, sebetulnya bukan sebuah kewajiban, tetapi dalam sebuah pernikahan keberadaan sebuah cincin emas sudah hampir menjadi salah satu syarat sah menikah. Seorang mempelai wanita selalu dihadiahkan pasangannya, paling tidak, sebuah cincin emas sebagai cincin kawin. Mari membahas satu-persatu emas perhiasan.

  • Cincin emas

Dalam perhiasan, cincin emas adalah primadonanya. Selain selalu digunakan sebagai perhiasan wajib dalam pernikahan, cincin emas juga seringkali digunakan sebagai hadiah, cincin tunangan, dan juga jadi perhiasan yang paling sering digunakan setiap harinya. Orang-orang yang sudah menikah, baik pria maupun wanita, senantiasa menggunakan cincin kawin mereka setiap harinya. Sedangkan bagi mereka yang masih lajang, cincin emas juga sering dipakai sebagai aksesoris tambahan untuk mempercantik penampilan, khusus pada wanita muda.

Selain digunakan untuk keseharian, para wanita biasanya selalu menyimpan cincin yang lebih mewah untuk digunakan pada acara-acara tertentu. Contohnya saat menghadiri pesta pernikahan, cincin emas bermata berlian seringkali jadi aksesoris pilihan para tamu undangan agar tampak lebih glamor. Semakin mewah acaranya, jika punya, pasti semakin mewah juga cincin emas yang digunakan.

  • Gelang emas

Nomor dua setelah cincin emas, ada gelang emas. Gelang emas juga kerap jadi favorit masyarakat, lagi-lagi, terutama wanita. Bagi para wanita yang belum menikah, terkadang mereka lebih memilih menggunakan perhiasan lain selain cincin untuk menghindari kesalahpahaman. Seringkali orang-orang mengartikan bahwa cincin emas di jari manis seorang wanita muda adalah pertanda kalau wanita itu sudah menikah, padahal tidak selalu begitu. Untuk menggantikan cincin emas, salah satu perhiasan yang dipilih para remaja dan wanita lebih tua yang belum menikah adalah gelang emas. Bagi para wanita yang sudah menikah, seringkali gelang emas dijadikan aksesoris tambahan yang digunakan dalam acara-acara tertentu.

Gelang emas memiliki berbagai model dan desain, dari yang simpel bertali hingga yang bulat keras dan lebar. Para wanita muda, mayoritas akan memilih menggunakan gelang emas dengan desain simpel. Gelang emas dengan desain yang lebih mencolok, biasanya digemari oleh wanita yang lebih tua. Gelas emas model India, yang terdiri dari puluhan keping gelang dalam 1 pergelangan tangan, juga jadi favorit wanita di Indonesia, dari anak-anak hingga yang lanjut usia.

  • Kalung emas

Selain cincin emas, kalung emas menempati tempat nomor 2 dalam perhiasan pernikahan. Kalung emas tidak jarang dijadikan mas kawin pernikahan, biasanya akan disandingkan bersama beberapa perhiasan emas lainnya, seperti cincin dan anting-anting. Kalung emas yang biasanya dipilih sebagai mahar adalah kalung dengan gantungan yang minimalis dan manis.

Selain sebagai mahar pernikahan, kalung emas juga kerap jadi pilihan untuk diberikan sebagai hadiah kepada orang terkasih, seperti hadiah ulang tahun, anniversary, atau hadiah lamaran. Kalung emas tidak punya desain yang beragam, biasanya yang membedakannya hanya bentuk dan lebar tali emasnya serta model bandulnya. Kebanyakan orang menyukai kalung dengan bandul yang simpel dan menarik, tetapi tidak sedikit juga yang memilih menggunakan kalung emas dengan bandul yang lebih besar dan mencolok.

  • Anting emas

Anting emas adalah satu-satunya perhiasan emas yang dapat digunakan oleh bayi perempuan bahkan sejak ia baru lahir. Mayoritas orang akan langsung minta agar bayi perempuannya ditindik dan dipakaikan anting emas saat bayi itu lahir. Dengan menggunakan anting emas, orang-orang akan langsung mengetahui bahwa bayi di hadapannya adalah bayi perempuan. Namun, tidak banyak model anting emas yang dapat digunakan oleh bayi, hanya ada 2 model, yang bulat atau yang seperti lidi. Hal ini untuk mencegah anting ditarik-ditarik oleh sang bayi. Anting emas tersebut pun, sesuai anjuran dokter anak, harus yang memiliki karat 24, tidak boleh kurang.

Selain pada bayi, anting emas juga hampir selalu digunakan oleh anak-anak yang sudah lebih besar. Sejak usia 3 tahun, anak-anak perempuan sudah dapat menggunakan anting emas dengan desain yang lebih bervariasi. Namun, tentunya, anting emas yang masih masuk dalam kategori simpel. Anting emas yang biasanya jadi pilihan untuk anak perempuan hingga mereka berusia 12 tahun adalah yang lucu dan manis, seperti anting dengan motif Hello Kitty, bunga, mahkota, dan lainnya.

Tidak hanya anak-anak, remaja pun suka menggunakan anting emas. Jika mendatangi sebuah sekolah menengah dan perguruan tinggi non-muslim, yang para pelajar tidak menggunakan hijab, tentu kita akan melihat hampir seluruh siswi dan mahasiswi menggunakan anting di telinga mereka, walaupun bukan anting emas, tetap saja ada anting di sana. Para remaja biasanya menyukai anting dengan desain yang lebih ramai, terutama untuk acara-acara tertentu. Mereka biasanya memiliki beberapa anting berbeda.

Selain remaja, wanita yang sudah lebih berumur lagi juga masih menggunakan perhiasan telinga ini. Bagi mereka yang tidak berhijab, anting emas elegan dan mewah biasanya digunakan saat menghadiri acara-acara yang glamor, seperti pesta pernikahan, atau undangan lainnya.

Anting emas punya beragam desain yang menarik, lucu, unik, elegan, dan mewah. Ada orang-orang yang akan menggunakan anting emas setiap hari, ada yang hanya menggunakan anting emas saat waktu-waktu tertentu saja.

  • Bandul Emas

Bandul emas tidak pernah berdiri sendiri, ia selalu berdampingan dengan kalung emas. Saat membeli kalung emas, orang akan memilih yang biasa-biasa saja dan kemudian bandulnyalah yang dipilih sesuai selera. Biasanya, orang akan punya 1 kalung emas dan beberapa badul emas. Bandul emas ini digunakan bergantian sesuai dengan kebutuhan. Saat menggunakan pakaian yang lebih glamor, tentu bandul emas yang digunakan akan lebih glamor pula. Sebaliknya, jika untuk keseharian saja, bandulnya juga yang biasa saja.

Bandul emas punya berbagai model dan desain. Ada bandul emas yang hanya dibentuk dari emas saja, ada juga yang diberikan satu atau lebih batu permata, seperti safir, emerald, diamond, dan lainnya. Berlian, tentu saja jadi favorit nomor 1 untuk segala jenis perhiasan emas karena batu ini kuat dan tidak mudah retak, berbeda dengan batu permata lain. Para pengrajin emas, akan memilih menggunakan batu-batu permata, selain berlian, di bandul kalung karena lebih aman. Batu permata selain berlian mudah retak, sehingga sangat berisiko jika dipasangkan pada cincin atau gelang.

  • Bros emas

Bagi wanita berhijab, tidak ada gunanya menggunakan anting emas yang glamor saat pergi ke pesta karena tidak terlihat, tentunya, tertutup hijab, walaupun ada juga wanita yang bisa mengkreasikan hijabnya hingga memperlihatkan anting emasnya. Begitu juga dengan gelang emas, tertutup lengan baju dan tidak terlihat, walaupun banyak juga yang tetap menggunakannya. Kalung emas pun begitu, tertutup hijab dan tidak terlihat, walaupun ada juga yang memakai kalung emas di atas hijabnya. Hal itulah mengapa bros emas jadi pilihan nomor 1 untuk para wanita berhijab sebagai pelengkap kemewahan mereka di acara-acara tertentu. Bros emas dapat dengan mudah dikreasikan bersama hijab yang digunakan.

Tidak hanya wanita berhijab, wanita tak berhijab pun tidak sedikit yang suka menggunakan bros. Biasanya mereka akan menyematkan bros emas di bagian dada atau pusat gaun untuk menyempurnakan penampilan mereka.

Jika para wanita punya beragam pilihan perhiasan yang bisa digunakan untuk menyempurnakan keglamoran, pria punya bros emas. Pria biasanya menggunakan bros emas ke acara-acara tertentu. Bros emas biasanya disematkan pada jas atau dasi dan digunakan di acara-acara formal.

Itu dia beberapa jenis perhiasan emas yang ada. Semuanya punya pesona dan kegunaannya masing-masing. Orang-orang pun memiliki preferensi mereka sendiri dalam menggunakan dan membeli perhiasan emas.

Banyak toko emas yang dapat kita jumpai di Indonesia, dari toko emas kecil di dalam pasar sampai toko emas highend di mal-mal kelas A. Ada orang-orang yang memilih membeli emas di pasar-pasar atau toko-toko emas kecil karena harganya tentunya jauh lebih murah, tetapi apa cukup terpercaya? Ada juga orang-orang yang akan memilih membeli di toko-toko emas besar yang sudah jelas keasliannya agar lebih aman, tetapi apakah harganya masuk akal? Mari kita berbicara lebih jauh tentang toko emas.

Mencari Toko Emas Terbaik untuk Perhiasan yang Menarik

Plang “Toko Emas” sudah tidak asing lagi keberadaannya di Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Semua orang menyukai emas, semua orang pecinta perhiasan emas. Memiliki emas bukan hanya selalu tentang kepuasan diri, justru orang-orang kebanyakan membeli emas untuk investasi. Itulah mengapa penjual emas ada dimana-mana. Banyaknya pedagang emas ini juga memicu oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang malah menipu dan memalsukan emas. Karena itulah kita harus selalu berhati-hati dalam memilih toko emas.

Toko emas yang berada di tengah pasar sudah pasti menjual emas dengan harga yang lebih murah daripada toko emas di mal-mal kelas atas. Salah satu alasannya karena biaya sewa tempatnya yang jauh berbeda sehingga mempengaruhi harga jualnya. Namun, tidak hanya karena tempat sewa saja, toko-toko emas yang lebih baik tentunya punya kualitas emas dan perhiasan yang jauh lebih baik dan beragam serta terjamin keasliannya.

Sesekali Anda bisa pergi ke sebuah toko emas di tengah pasar dan lihat seperti apa saja model perhiasan dan harga yang ditawarkannya. Kemudian pergilah ke sebuah toko emas di dalam mal kelas atas, periksalah model perhiasan juga harga yang ditawarkan, lalu pergi juga ke sebuah toko emas yang berada dalam pusat toko emas, lihatlah perhiasan dan harga yang ditawarkan di sana. Setelahnya, Anda bisa membandingkan dengan bijak.

Toko emas kecil  “tidak punya nama” biasanya berada di dalam pasar, di sebuah ruko, atau di pinggir jalan. Toko emas seperti ini yang sering kali kita jumpai. Toko-toko emas seperti ini biasanya menawarkan perhiasan emas dengan model-model dan kualitas standar yang cenderung begitu-begitu saja dan bisa kita jumpai dimana-mana. Harga yang ditawarkan pun bisa dikatakan murah, jika kita pandai menawar tentunya. Jika Anda termasuk orang yang tidak suka acara tawar-menawar, jangan pernah mencoba membeli emas di toko emas seperti ini. Anda akan mendapatkan perhiasan emas standar dengan harga yang tidak seharusnya. Toko-toko yang “tidak punya nama” ini banyak yang terpercaya, tetapi ada juga yang terkadang suka menipu, jadi Anda patut sangat berhati-hati jika memilih membeli perhiasan emas Anda di sana. Toko emas seperti ini pun biasanya tidak menawarkan perhiasan bermata batu berlian karena, selain berlian mempunyai harga yang tinggi, juga peminat berlian biasanya tidak akan memilih toko-toko begini untuk berburu.

Ada toko-toko emas yang punya reputasi yang lebih baik, jauh lebih baik, biasanya toko-toko emas ini ada di pusat perbelanjaan emas dan mal-mal. Toko-toko emas ini selalu punya koleksi-koleksi emas yang bagus dan kualitasnya juga lebih baik tentunya. Perhiasan emas yang ditawarkan pun jauh lebih berkualitas daripada toko emas tak bernama, Dan tentunya harganya agak di atas toko emas di bawah sana, tetapi ada juga toko emas yang pasang harga bombastis, kelewat mahalnya. Toko-toko emas ini biasanya selalu menawarkan perhiasan berlian dengan logam emas yang beragam dan bahkan kita bisa memesan model dan warna emas yang kita inginkan di sana. Jika Anda ingin membeli emas dan perhiasan emas yang lebih bervariasi, Anda harus memilih mengunjungi toko emas yang seperti ini.

Jika Anda memilih membeli perhiasan emas di mal-mal kelas atas, Anda harus terima konsekuensi bahwa Anda akan harus membayar jauh lebih mahal dari yang seharusnya. Remember, harga sewa tempat di mal kelas atas sangat mahal, tentunya. Mereka akan butuh budget besar untuk itu. Namun, Anda bisa menemukan toko emas highend yang kualitas perhiasannya sama, atau bahkan lebih baik, dari toko-toko emas yang ada di mal-mal kelas atas tetapi punya harga yang jauh lebih murah. Dimana itu? Di pusat perbelanjaan emas! Pusat perbelanjaan emas biasanya juga berada di dalam mal, tetapi bukan mal kelas atas. Harga sewa tempatnya pun tidak semahal mal kelas atas, bukan? Hal itulah mengapa toko emas dalam pusat perbelanjaan emas bisa punya kualitas yang lebih baik dengan harga di bawah harga toko perhiasan yang ada di mal kelas atas. Jadi, lebih baik Anda berbelanja emas di pusat perbelanjaan emas seperti cikini gold center atau melawai plaza.

Tidak dapat mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas yang jauh lebih baik, berbelanja emas di pusat perbelanjaan emas juga akan memudahkan Anda dalam berpindah-pindah toko guna mencari perhiasan yang cocok dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin lebih mudah, carilah toko yang sudah punya toko emas online agar Anda tidak perlu langsung datang ke toko tersebut untuk memilih-milih, Anda bisa memilihnya dari rumah! Praktis, bukan?

Baiklah, itu dia beberapa hal tentang emas, dari asal mulanya hingga dimana Anda bisa mendapatkan emas dengan harga dan kualitas terbaik. Semoga artikel ini cukup bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *