Tips Mengetahui Ukuran Cincin yang Tepat

Mengetahui Ukuran Cincin yang Tepat? Ini Tipsnya

Ukuran cincin yang tepat, tidak longgar, tidak sesak, tentu akan membuatmu nyaman memakainya. Cincin yang pas ditambah desain yang sesuai akan menjadi pelengkap dan penunjang penampilan kamu! Entah itu di acara formal, maupun santai. Cincin yang menjadi simbol cinta, kini dapat membuatmu merasa cantik di hadapan setiap orang yang kamu temui. Mulai dari klien, teman, sahabat, keluarga, sampai pasanganmu sendiri akan merasakan kepercayaan dirimu karena dukungan sebuah cincin cantik yang melingkar di tangan!

Saat ini, membeli cincin bukanlah perkara sulit. Hampir setiap kota memiliki pusat perhiasan mereka sendiri yang dicintai oleh penduduk sekitar, bahkan tidak jarang kita temui beberapa toko emas kecil di pedesaan. Akan tetapi, bagi kamu yang memiliki segudang aktivitas dan tidak siap mengunjungi toko emas yang biasanya sudah tutup di sore hari, sekarang sudah ada ratusan toko online di internet yang bisa kamu kunjungi kapan pun! Hanya dengan membuat akun, beberapa kali klik, dan dalam beberapa hari pun, cincin sudah ada di tangan! Hanya saja, membeli cincin online memiliki satu kekurangan besar: cara mengetahui ukuran cincin yang pas.

Karenanya, kami sudah meringkas beberapa cara mengukur sendiri ukuran cincinmu dengan berbagai metode yang mudah! Saking mudahnya, kamu bahkan tidak perlu keluar rumah. Hanya dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitarmu, kamu pun sudah bisa mengetahui ukuran cincin yang pas untuk kamu.

3 Tips Mudah Mengetahui Ukuran Cincin

1. Menggunakan sebuah cincin yang sudah ada

Ini langkah yang termudah bagi kamu yang sebelumnya sudah pernah membeli cincin. Tinggal lihat saja ukuran cincinmu sebelumnya, kemudian ukur menggunakan alat ukur yang ada di sekitarmu. Semisal kamu ingat dengan ukuran cincin yang sebelumnya, malah lebih bagus lagi! Kamu tinggal menyamakan ukuran cincinmu dengan bagan ukuran lingkar cincin di penjual perhiasan online yang kamu minati. Sebab, bisa jadi standar ukuran tiap toko berbeda. Jika kamu ragu dengan ukuran cincin saat ini, kamu bisa memilih ukuran yang sedikit lebih besar!

Bila kamu mencoba mengukur ukuranmu dengan metode ini, bisa dikatakan bahwa bahan yang kamu butuhkan ketika mengukur menggunakan metode ini hanya bagan ukuran cincin dan cincin yang ingin kamu ukur. Bila membingungkan, tinggal cetak saja bagan yang kamu temukan di internet dengan rasio 1:1 sehingga ukurannya akurat. Cukup dengan bahan tersebut akan mempermudah kamu mengukur cincin.

2. Pakai kertas atau tali

Apabila kamu belum pernah membeli cincin, jangan takut tidak bisa mengukur ukuran cincin yang cocok untukmu! Tidak perlu membeli meteran baru hanya untuk mengukur lingkar jarimu juga. Cukup ambil kertas atau tali yang kamu punya, kemudian potong dengan ukuran lebar 1,5 cm dan panjang 12 cm. Lingkarkan kertas atau tali mengelilingi jarimu. Jangan lupa untuk menandai dengan pensil pertemuan antara ujung yang dilingkarkan. Setelah itu, ukurlah panjang kertas atau tali dengan menggunakan penggaris yang ada angkanya.

Sama seperti mengukur ukuran cincin dengan cincin yang sudah ada, cetaklah bagan ukuran cincin yang sudah kamu dapatkan dari internet. Kemudian, cari ukuran yang paling sesuai berdasarkan kertas atau tali yang tadi sudah kamu gunakan untuk mengukur. Disarankan, kamu mencari ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran yang sudah kamu ukur menggunakan kertas atau tali. Karena terkadang bila terlalu persis dengan ukuran kertas atau tali, dikhawatirkan ukuran cincin yang kamu pilih akan terasa terlalu sempit! Simpel dan mudah, bukan?

3. Gunakan buku jarimu

Iya, dengan menggunakan buku jari saja, kamu sudah bisa mengetahui ukuran cincin! Sebab, buku jari sendiri selalu berada di sisi yang lebih besar, sehingga bisa menjadi patokan untuk mengukur cincin. Caranya, perhatikan buku jari kamu dan pesanlah setengah ukuran lebih besar. Kalau kamu membeli cincin sesuai dengan ukuran lingkar jarimu, maka akan dipastikan cincin itu tidak akan masuk di buku jari kamu. Terutama untuk kamu yang memiliki ukuran lingkar jari lebih kecil dari buku jari, tentu saja harus menggunakan buku jari sebagai patokan, supaya cincinmu muat!

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Saat Mengukur Jari

Disarankan, kamu mengukur jari di sore hari. Karena jari yang hangat akibat seharian terkena panas, merupakan saat-saat jarimu paling besar dibandingkan waktu lainnya. Apalagi ketika kamu hamil, kemungkinan besar akan memperbesar jari-jari. Selain itu, ada beberapa jenis cincin yang tidak bisa diubah ukurannya sesuai dengan bagan ukuran cincin. Sebaiknya kamu konsultasi dengan toko cincin kawin kamu yang kamu incar, supaya tahu apakah cincin yang kamu inginkan sesuai dengan ukuran jarimu.

Setelah mengukur jari dengan metode-metode yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya kamu mengukur tidak hanya sekali, tetapi antara dua sampai tiga kali di waktu yang berbeda! Hal ini dikarenakan ukuran jari akan berubah sesuai dengan suhu. Ketika dingin ia akan mengecil, sedangkan saat panas, jarimu pun akan melebar. Kamu tidak ingin, bukan, cincinmu jatuh saat udara dingin? Apalagi bila kamu membeli cincin yang berharga mahal. Aduh!

Bagaimana, apa kamu sudah siap membeli cincin dengan ukuran yang tepat? Semoga tips yang sudah disampaikan bisa menambah wawasan kamu mengenai cara mengetahui ukuran cincin. Sekadar tambahan, saat berbelanja cincin online pun juga jangan pilih sembarangan! Jangan asal klik, apalagi kalap membeli! Tetaplah membeli di situs yang terpercaya, kemudian sesuaikan dengan uang yang kamu punya, bandingkan harga antara situs belanja satu dengan yang lainya, sehingga kamu bisa mendapatkan harga terbaik yang ada di internet. Setelah mantap, tinggal klik saja dan menunggu sampai cincin tiba di rumah! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *