Hindarkan Gelang Emas Putih Dari 4 Hal Ini Agar Tidak Kehilangan Kilau Indahnya

Hindarkan Gelang Emas Putih Dari 4 Hal Ini Agar Tidak Kehilangan Kilau Indahnya

Gelang emas putih lebih disukai untuk pemakaian sehari-hari karena warnanya lembut dan kilaunya tidak mencolok. Akan tetapi, pemakaian sehari-hari dapat memudarkan kilau emas putih tanpa disadari. Pudarnya kilau dan berkurangnya kadar emas biasanya disebabkan karena seringnya gelang emas terpapar zat atau bahan kimiawi.

Walau pada dasarnya emas adalah logam yang tidak mudah teroksidasi, tetapi emas putih sendiri bukanlah emas murni, melainkan campuran emas dengan logam lain seperti timah, perak murni, dan nikel. Campuran inilah yang kemudian membuat emas putih rentan dipengaruhi zat kimia. Namun, ada 4 hal yang paling wajib kamu hindarkan dari gelang emas putihmu. Apa sajakah itu?

  • Parfum

Gelang emas, parfum, dan wanita adalah 3 hal yang tidak terpisahkan.  Sebagai wanita, kegemaran kamu terhadap parfum sangat wajar. Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati ketika menyemprotkan parfum kesukaanmu pada pergelangan tangan yang menggunakan gelang emas! Parfum dengan tingkat konsentrasi tinggi seperti eau de parfum (EDP) mengandung berbagai senyawa kimia yang pada kadar tertentu dapat merusak lapisan gelang emas. Kerusakan lebih parah yang bisa terjadi adalah warna putih di gelang emas kamu dapat luntur, sehingga perlu disepuh ulang!

Untuk menghindarinya, semprotkan parfum sebelum kamu menggunakan gelang! Lebih baik lagi, hindari menyemprotkan parfum di area pergelangan tangan ketika kamu berniat akan memakai gelang setelahnya. Jika gelang emas kamu sudah terlanjur menjadi kusam karena terpapar parfum, lakukan perawatan membersihkan gelang emas sekali seminggu menggunakan sikat lembut dan air sabun lalu keringkan dengan kain lembut dan bersih.

  • Sabun atau sampo

Sabun sebenarnya diperlukan sebagai salah satu bahan pembersih perhiasan emas. Namun, paparan sabun yang terlalu sering justru dapat membuat gelang emas kamu terlihat lusuh dan kilaunya memudar. Terlalu sering kena sabun dapat membuat sisa sabun menumpuk dan membuat lapisan atau kerak tipis yang membuat gelang terlihat kotor.

Agar gelang emas kesayangan kamu aman dari terpapar percikan air sabun, sebaiknya kamu melepas terlebih dahulu gelang kamu sebelum kamu mencuci tangan ataupun sebelum mandi sehari-hari. Noda air sabun pada gelang emas putih dapat dibersihkan menggunakan sikat lembut, air hangat, dan pasta gigi! 

  • Lotion

Lotion pelembab tubuh yang biasa kamu gunakan sehari-hari sangat baik untuk menutrisi kulit tapi berdampak kurang baik jika mengenai gelang emas putih kamu. Hal ini karena pada dasarnya lotion mengandung minyak dalam kadar yang cukup tinggi. Ketika minyak ini menempel pada gelang, secara tidak langsung akan menarik debu dan kotoran sehingga menempel pada gelang. Gelang emas putih tidak akan langsung menjadi kusam saat terkena lotion, tapi efeknya akan terlihat setelah beberapa kali paparan.

Gelang yang terkena lotion awalnya akan terasa lengket dan menarik debu kotoran. Kemudian, ketika debu dan kotoran mulai menempel pada lapisan emas putih dari gelang, di sanalah proses korosi dan oksidasi terjadi sehingga mengurangi kadar karat dan struktur gelang emas putih. Oleh karena itu, gelang emas perlu dibersihkan secara teratur untuk menyingkirkan minyak, debu, dan kotoran yang menempel.

  • Keringat

Keringat adalah musuh besar bagi hampir semua jenis perhiasan. Gelang emas putih pada dasarnya cukup tahan dan tidak mudah berubah warna karena keringat. Namun, zat asam yang terdapat dalam keringat dapat membuat lapisan logam campuran material gelang emas putih berkarat. Sifat korosif dari keringat ini secara perlahan akan membuat gelang terlihat kusam dan mengikis lapisan emas gelang, sehingga gelang emas putih kamu perlu disepuh ulang! Oleh karena itu, saat kamu berolahraga, sebaiknya gelang tidak kamu gunakan supaya tetap dalam kondisi baik.

Keringat juga mengandung garam yang memicu korosi, karena senyawa logam saat bertemu dengan air dan oksigen di udara akan menimbulkan reaksi oksidasi yang dapat membuat logam mengalami proses korosi. Jika gelang emas kamu sudah terlanjur terkena keringat, maka kamu perlu membersihkan keringat di gelangmu segera dengan kain bersih yang lembut dan selalu simpan gelang emas putih kamu dalam kotak beralaskan kain lembut untuk menghindari kadar emas dalam gelang berkurang.

Baca juga: 3 Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Memilih Gelang Emas

Gelang emas sangat cocok digunakan dalam keseharian, karena warna dan desainnya yang mudah dicocokkan bagi sebagian besar orang Indonesia. Di sisi lain, saking seringnya gelang emas dipakai, membuatnya akan lebih sering terpapar berbagai bahan/zat yang sebaiknya dihindari. Padahal, merawat gelang koleksimu adalah suatu keharusan mengingat harga dan nilai gelang yang tidak murah! Semoga informasi ini dapat membantu membuat koleksi gelang emas putih kesayangan kamu senantiasa terawat baik!

Untuk kalian yang ingin mendapatkan produk perhiasan lainnya bisa langsung order via Webstore V&CO Jewellery ya tinggal klik di sini V&CO Jewellery! Happy Shopping.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *