3 Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Memilih Gelang Emas

3 Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Memilih Gelang Emas

Memilih gelang emas adalah salah satu jenis perhiasan yang kini paling diminati oleh berbagai kalangan. Gelang emas diminati, karena tidak hanya berfungsi memperindah pergelangan tangan kamu, tapi juga memiliki nilai ekonomis untuk investasi yang menguntungkan. Gelang emas juga menawarkan range yang luas untuk dikoleksi mulai dari model, warna, kadar, dan harga yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Bagi kamu yang menyukai tren fashion perhiasan, gelang emas cocok menjadi koleksimu. Namun, perhatikan 4 hal berikut sebelum memilih gelang emas favorit kamu!

  • Warna emas

Kenali bermacam variasi warna gelang emas dan perbanyak koleksi gelang emas kamu! Warna emas ada saat ini adalah emas kuning, putih, dan rose gold. Variasi warna ini sendiri merupakan hasil pencampuran emas murni dengan berbagai logam lain. Mengutip dari situs sahabatpegadaian, warna emas kuning diperoleh dari hasil pencampuran emas murni dengan perak murni.  Warna emas putih diperoleh dari pencampuran emas murni, timah, perak murni, dan nikel.  Sedangkan warna merah atau yang sering disebut dengan warna rose gold dihasilkan dari pencampuran emas murni dengan tembaga.

Banyaknya variasi warna gelang emas saat ini, tentunya memperluas alternatif untuk memilih yang sesuai dengan karakter kepribadian kamu. Perhiasan emas sejak lama menjadi simbol status sosial penggunanya, tetapi warna emas kuning ini membuatnya terlihat tegas. Sementara, gelang emas putih dan gelang emas rose gold dengan warna yang lebih lembut cocok digunakan bagi kamu dengan kepribadian yang lebih menyukai penampilan “subtle” dan tidak mencolok.

Pertimbangan lain dalam memilih warna gelang emas adalah kesesuaiannya dengan nuansa busana yang kamu kenakan.  Untungnya, warna gelang emas kini sangatlah bervariasi. Variasi warna gelang emas ini memudahkan kamu memadupadankannya dengan busana yang kamu kenakan. Jika kamu adalah pribadi yang suka mengenakan busana bernuansa warna gelap, maka gelang emas kuning atau gelang emas putih cocok dikenakan untuk menambah ekspresi busana kamu! Sebaliknya, jika kamu adalah pribadi yang lebih sering mengenakan busana berwarna cerah, sebaiknya kamu memilih gelang emas berwarna lembut seperti gelang emas putih atau gelang emas rose gold sebagai koleksi kamu.

  • Kadar atau karat

Saat memilih gelang emas untuk koleksi kamu, pastikan terlebih dahulu berapa kadar emas yang kamu inginkan. Sebagian menganggap bahwa karat identik dengan tingkat keaslian emas. Padahal, ini adalah asumsi yang salah! Gelang emas yang dijual di toko perhiasan umumnya memiliki kadar emas di bawah 24 karat. Karena emas murni 24 karat memiliki tingkat kelenturan yang lebih tinggi, sehingga cenderung lebih lunak dibandingkan dengan emas yang sudah dicampur dengan logam lainnya. Gelang emas 24 karat biasanya memiliki nilai ekonomis lebih tinggi untuk investasi namun lebih mudah berubah bentuk bila dibandingkan dengan gelang emas 18 karat. Campuran logam lain pada material gelang emas akan menurunkan kadar emas, tapi menambah daya kekuatannya sebagai perhiasan.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, emas seringkali dicampur dengan berbagai logam lain untuk menghasilkan variasi bentuk dan warna yang menyesuaikan dengan kebutuhan estetika perhiasan. Kadar emas, atau yang disebut juga dengan karat, mencerminkan jumlah kandungan emas murni dalam perhiasan. Semakin tinggi karat sebuah perhiasan berarti semakin besar kandungan emas murni dalam perhiasan. Istilah lain yang sering digunakan untuk kadar emas suatu perhiasan adalah istilah ‘emas tua’ dan ‘emas muda’. Emas tua dimaksudkan untuk kadar kandungan atau karat emas yang tinggi, sedangkan emas muda dimaksudkan untuk karat yang lebih rendah atau lebih banyak campuran logam lainnya.

Kadar karat gelang emas akan mempengaruhi pilihan harga dan model. Karat yang tinggi akan membuat harga jual gelang emas yang tinggi pula. Jika kamu berniat mengoleksi gelang emas sebagai investasi, ada baiknya kamu memilih gelang emas dengan kadar di atas 22 karat. Namun, jika kamu berniat mengoleksi gelang emas untuk fashion sekaligus investasi, maka gelang emas dengan kadar 18 sampai 22 karat adalah pilihan terbaik dan menguntungkan! Gelang emas dengan kadar 22 karat ke bawah memiliki pilihan model lebih banyak, karena digemari untuk fashion!

Penting kamu ingat, gelang emas asli tidak ditentukan dari kadar karatnya. Ada beberapa trik khusus untuk mengetahuinya. Gelang emas termasuk dalam kategori perhiasan yang umumnya tidak memiliki sertifikat jaminan spesifikasi dan keaslian produk seperti halnya emas batangan. Bagaimana cara termudah agar kamu tidak tertipu? Jangan ragu menanyakan berapa kadar karat gelang emas kepada toko dan pastikan kamu membeli gelang emas hanya di toko perhiasan yang sudah terpercaya.

  • Model gelang emas

Gelang emas adalah item fashion yang disukai oleh wanita maupun pria.  Apapun gaya penampilannya, gelang emas selalu bisa menyempurnakannya.  Model gelang emas kini sangatlah beragam dan sangat memanjakan para kolektornya. Kamu dapat memilih berbagai model yang sesuai dengan gaya serta selera kepribadian kamu. Entah itu gelang emas dengan gaya simple, elegan, mewah, atau unik!

Gelang emas simpel cocok untuk kamu yang menyukai gaya kasual. Simpel sendiri dapat dikategorikan dalam dua hal, yaitu cara pemakaian dan desain.  Dalam hal cara pemakaian, model simpel lebih mudah dilepas pasang sehingga praktis untuk pemakaian sehari-hari. Gelang emas simple biasanya berbentuk bangle bulat yang ukurannya dapat diatur sesuai lingkar pergelangan tangan ataupun gelang rantai dengan klip pengait. Dalam hal desain, gelang emas simpel umumnya memiliki desain klasik, tidak rumit dan tidak terlalu banyak ornamen hias tambahan yang berlebihan.  Walaupun simpel, desain gelang emas model ini tetap memiliki daya tarik, karena desainnya yang abadi dan menonjolkan kemewahan emas itu sendiri.  Khusus untuk pria, desain gelang emas sendiri biasanya simpel dengan rantai atau tali, karena desainnya yang menarik namun tetap bersifat universal dan macho.

Untuk acara spesial, model gelang emas yang elegan sangat cocok menjadi pilihan kamu. Gelang emas elegan berhias batu berlian menimbulkan kesan mewah dan berkelas. Gelang model ini menambah gengsi dan simbol status sosial pemakainya. Selain berlian, gelang emas dengan hiasan batu permata berwarna kontras seperti batu onyx hitam, safir biru, atau zamrud turquoise juga sangat cantik dipandang. Menggunakan model gelang emas cantik dan elegan ini akan semakin menonjolkan aura keanggunan kamu dan cocok dipilih oleh kamu yang memiliki kepribadian feminin!

Untuk kamu dengan tipe kepribadian unik, tentunya menginginkan gelang emas yang juga unik. Contohnya, gelang model charm dengan bagian ornamen hiasnya adalah huruf inisial nama kamu. Inspirasi model gelang emas unik lainnya adalah gelang emas India yang terkenal dengan desain tumpuk dan aksen gemerincingnya. Gelang model ini sudah pasti akan menonjolkan ciri khas unik di diri kamu. Cocok untuk kamu yang berjiwa unik dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

  • Budget

Budget memang  menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli sebuah gelang emas. Material yang menghiasi gelang emas turut menentukan berapa besar yang budget yang perlu kamu keluarkan. Namun, sebagian orang menganggap berapa pun budget atau harga yang dikeluarkan untuk sebuah gelang emas bukan masalah, karena sepadan dengan keuntungan balik yang akan didapat. Gelang emas adalah aksesoris perhiasan yang memiliki nilai ekonomis menguntungkan. Memiliki koleksi gelang emas sama dengan memiliki tabungan investasi masa depan, karena harga emas dapat dipastikan akan selalu mengalami kenaikan. Keuntungan lainnya yang bisa kamu peroleh adalah gelang emas memanjakan indra penglihatan saat dilihat sekaligus meningkatkan kepercayaan diri saat memakainya. Tidak heran, gelang emas mewah seperti gelang emas berlian dengan budget fantastis sekalipun tetap menjadi incaran kalangan atas demi keuntungan berlipat yang akan didapat.

Dalam konteks fashion, model gelang emas rilisan terbaru selalu dibanderol dengan harga yang bersaing. Gelang emas edisi terbatas juga selalu bisa memancing semangat kolektor perhiasan. Jika sudah begini, harga tidak lagi menjadi pertimbangan demi memperoleh koleksi eksklusif. Bagi kamu yang selalu terdepan mengikuti tren fashion, siapkan budget lebih untuk memperoleh gelang emas terbaru idaman kamu.

Khusus bagi kamu yang menyukai gelang emas tapi memiliki budget terbatas, tidak perlu khawatir! Karena, kamu masih tetap bisa membeli gelang emas lucu dengan harga terjangkau. Walaupun harganya terjangkau, bukan berarti murahan, ya! Inilah keunggulan dari gelang emas: kamu tetap bisa eksis tanpa perlu perjuangan merogoh kocek terlalu dalam. Gelang emas dengan kadar karat dan berat yang lebih rendah biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Jangan ragu atau malu menanyakan tentang kedua hal ini kepada penjual perhiasan. Penjual toko perhiasan yang baik pasti akan dengan senang hati melayani kamu mendapatkan gelang emas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Baca juga: Model Gelang Emas yang Cocok untuk Lengan Besar

Saat ini, gelang emas termasuk aksesoris yang digemari kalangan luas mulai dari tua, muda, wanita dan pria. Berapa pun budget yang kamu miliki, kamu tetap dapat dengan mudah menemukan gelang emas sesuai spesifikasi yang kamu mau. Untuk dipakai sehari-hari pun, padu padannya sangatlah mudah! Semoga dengan panduan ini, kamu tidak perlu ragu lagi untuk membeli gelang emas dengan banyak keuntungan yang bisa kamu dapat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *