6 Cara Membersihkan Emas yang Tepat

6 Cara Membersihkan Emas yang Tepat

Ingin mengetahui tips membersihkan emas? Emas adalah salah satu perhiasan yang dapat menunjang penampilanmu agar semakin bersinar, oleh karena itu kamu wajib untuk mencari tahu beberapa tips membersihkan emas. Kilau emas yang cemerlang akan semakin membuat auramu terpancar dan memberi kesan elegan pada penampilan.

Namun, emas yang terus menerus digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa dibersihkan akan menyebabkan kilau emas menjadi kusam. Tampilan emas yang kusam tentu sangat mengganggu dan tidak enak dipandang mata sehingga, membuatmu ingin menjualnya kemudian membeli lagi emas yang baru.

Namun, kamu tidak perlu membeli emas yang baru karena emas lama yang sudah kusam pun bisa kembali berkilau jika kamu membersihkannya dengan cara yang tepat. Tahukah kamu bahwa emas dengan pemakaian secara normal dapat menimbun kotoran dan debu? Jika emas yang dipakai sesekali saja dapat terlihat kotor, apalagi jika kamu memakainya secara terus menerus.

Oleh karena itu, kamu harus membersihkan emas secara rutin agar terhindar dari kotoran dan debu sehingga, kilau emas pun tetap terlihat cantik dan cemerlang. Meskipun emas tidak bisa menghitam seperti perak tapi, pada logam emas debu bisa dengan mudah menempel.

6 Tips Mudah Membersihkan Emas

Terdapat beberapa cara agar emas yang kamu miliki terlihat selalu berkilau. Membersihkan emas harus dilakukan dengan cara yang benar dan tepat agar emas tidak menjadi rusak. Cara membersihkan emas yang banyak beredar saat ini justru dapat merusak bahkan membuat emas retak. Salah satu contohnya adalah tips membersihkan emas dengan pasta gigi.

Pasta gigi mengandung zat berupa material abrasif untuk membersihkan karang. Zat tersebut merupakan zat yang dapat menggores lapisan emas pada cincin, gelang, dan kalung. Jika perhiasan sudah tergores, maka akan menimbulkan kecacatan pada emas yang sulit untuk diperbaiki. Maka dari itu, kamu harus mengetahui betul tips yang aman dalam membersihkan emas.

Membersihkan emas secara rutin, juga dapat menimbulkan keuntungan. Selain kilau emas menjadi semakin berkilau, kamu juga dapat mengetahui emas tersebut asli atau tidak. Emas yang selalu tampak berkilau, juga akan membuat penampilanmu berkilau pula. Untuk itu, simak beberapa tips membersihkan emas pada artikel ini.

Cara membershikan emas dengan mudah

  1. Dengan Sabun Cuci Piring dan Air Hangat


    Tips membersihkan emas yang paling mudah adalah membersihkan emas dengan air hangat yang telah dicampur sabun cuci piring. Cara ini merupakan cara ampuh yang dapat menghilangkan debu yang menempel pada sela-sela cincin. Terkadang membersihkan cincin dengan cara di lap dengan kain yang lembut, tidak dapat membersihkan dengan maksimal. Oleh karena itu, cobalah untuk merendam emas pada larutan yang berisi air hangat dan sabun.

    Namun, jangan sampai kamu merendamnya pada air mendidih atau air panas. Karena hal tersebut dapat membuat permukaan emas retak, terutama emas yang berisi batu mulia rapuh seperti opal. Membersihkan dengan cara merendam emas dengan air hangat dan sabun dapat membantu melepaskan debu dan kotoran pada cincin di bagian yang sulit dijangkau oleh jari tangan.

    Rendam perhiasan selama lima menit untuk melepaskan debu-debu yang menempel kemudian keringkan dengan kain bertekstur lembut. Setelah itu, kilau emas yang kamu miliki akan kembali bersinar dengan sempurna. Tips membersihkan emas dengan cara direndam seperti ini dianjurkan untuk dilakukan secara rutin setelah beraktivitas seharian. Agar keringat yang menempel dapat langsung dibersihkan sehingga, tidak menimbulkan flek pada emas.

  2. Membersihkan dengan Amonia

    Related image
    Amonia merupakan sejenis senyawa kimia yang memiliki rasa seperti logam alkali dan sabun. Selain itu amonia juga memiliki aroma yang sangat tajam. Saking tajamnya, ketika dihirup akan membuat mata terasa perih dan mengeluarkan air mata.

    Namun, senyawa kimia yang terkenal dengan rumus NH₃  ini merupakan salah satu tips membersihkan emas yang ampuh agar emas kembali berkilau seperti sedia kala. Cara membersihkan emas dengan amonia adalah dengan mengambil segelas air kemudian campurkan dengan sedikit  cairan amonia. Masukkan emas yang ingin dibersihkan, lalu diamkan selama satu menit.

    Setelah didiamkan selama satu menit, segera angkat perhiasan emas dengan menggunakan pinset kemudian, bilas dengan air bersih. Setelah itu dan keringkan emas dengan kain yang lembut. Jangan merendam emas dengan cairan amonia terlalu lama. Cairan amonia bersifat korosif sehingga, dapat menimbulkan karat jika direndam terlalu lama.

  3. Membersihkan dengan Pinset

    Tips membersihkan emas untuk kamu yang memiliki emas dengan berbagai motif atau ukiran, dapat kamu bersihkan dengan menggunakan pinset. Terkadang tanpa kamu sadari, banyak kotoran yang terselip diantara ukiran dan motif pada emas.

    Untung membersihkan kotoran yang terselip ini tidak bisa hanya dengan menggunakan air atau digosok dengan kain lembut saja. Kamu harus mengeluarkan kotoran tersebut dengan bantuan pinset secara perlahan. Namun, jika kamu tidak memiliki pinset, kamu bisa mengeluarkan kotoran tersebut dengan benda tajam yang berbentuk tipis seperti jarum jahit atau jarum pentul.

  4. Membersihkan dengan Alkohol

    Jika kamu memiliki emas dengan kotoran yang berlemak dan membandel, tips membersihkan emas yang tepat adalah dengan menggunakan alkohol. Alkohol mampu menghilangkan bekas lemak yang tertinggal pada cincin emas.

    Ketika kamu makan menggunakan tangan dan terdapat kotoran berupa lemak yang menempel, biasanya lemak tersebut akan menempel berhari-hari dan susah untuk dibersihkan dengan air biasa. Dengan alkohol emas akan kembali bersinar. Namun, kamu harus berhati-hati dalam membersihkan emas dengan alkohol. Terkadang terdapat emas yang dihiasi dengan aksesoris berbahan selain emas.

    Jika di bagian perhiasan hanya terdapat bahan emas saja kamu bisa langsung merendamnya dalam cairan alkohol selama dua menit kemudian sikat. Apabila terdapat bahan yang lain pada emas seperti batu permata atau lainnya, sebaiknya gunakan cotton bud yang dicelupkan pada alkohol, kemudian gosok secara perlahan pada bagian emas yang kotor.

  5. Dengan Baking Soda dan Cuka


    Tips membersihkan emas selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda dan cuka. Kamu bisa memoles kembali emas sehingga tampak berkilau seperti baru. Ambil satu gelas air hangat, kemudian masukkan baking soda.

    Setelah itu, rendam emas dengan baking soda selama dua menit kemudian, angkat dan keringkan. Sesudah kamu mengeringkan emas dengan kain lembut tuangkan sedikit cuka sebanyak dua tetes pada emas. Kemudian bilas emas dengan air biasa dan keringkan. Setelah melakukan ritual ini, dijamin emas yang kamu miliki akan kembali berkilau dengan cantik dan menawan.

    Namun, jika emas memiliki hiasan berupa batu permata atau mutiara, jangan menggunakan baking soda dan cuka untuk memolesnya. Karena, hal tersebut dapat merusak permukaan batu permata dan mutiara serta melonggarkan lem.

  6. Mencuci Ulang di Toko Emas

    Image result for v&co jewellery
    Tips membersihkan emas terakhir yang paling aman dan terpercaya adalah dengan mencuci ulang secara langsung di toko emas. Hal ini jalan terakhir yang dapat kamu lakukan jika kamu merasa khawatir jika membersihkannya sendiri.

    Terutama jika emas yang kamu miliki warnanya sudah mulai memudar. Membawa ke tokonya langsung merupakan pilihan yang paling tepat. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika warna emas sudah mulai memudar karena, hal itu tidak akan mengurangi nilai emas tersebut. Kamu tinggal mencuci ulang ke toko emas dan kilau emas mu akan kembali berkilau.

V&Co Jewellery juga menerima jasa mencuci emas baik itu cincin kawin, kalung, gelang, dan perhiasan emas lainnya. Bahkan, Toko Cincin Kawin yang berada di Melawai Plaza dan Cikini Gold Center ini memberikan gratis mencuci emas bagi kamu yang pernah membeli perhiasan emas di sana!

Itulah beberapa tips membersihkan emas yang mudah dan praktis. Cara-cara tersebut dapat kamu terapkan pada emas kuning, emas putih, dan juga emas rose gold. Namun, sebelum emas terlihat kotor, memudar, atau bahkan cacat karena tergores, lebih baik kamu mencegahnya semenjak pertama kali membeli emas. Ketika kamu memutuskan untuk membeli emas, jagalah emas tersebut dengan benar.

Karena, emas merupakan barang yang dibeli dengan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, simpanlah emas secara apik. Agar kilau emas tetap awet dan terjaga kebersihannya. Simpan setiap emas pada kantong yang berbeda, Satu kantong untuk satu perhiasan sehingga, perhiasan yang kamu miliki tidak mudah tergores dengan perhiasan lainnya. Selain itu, kebersihannya juga terjaga dan kilaunya tetap terlihat cantik dan bersinar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.