Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Cincin Nikah Emas Kuning

Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Cincin Nikah Emas Kuning

Saat menikah, cincin menjadi elemen penting yang tidak boleh terlewatkan. Sebagai calon pengantin, kamu dan pasangan mungkin memilih cincin nikah emas kuning sebagai pilihan. Namun, pastikan terlebih dahulu kamu memahami kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan:

Salah satu kelebihan dari cincin jenis ini adalah tidak menyebabkan reaksi alergi. Maka, cincin ini sangat cocok bagi kamu atau pasangan yang punya kulit sensitif. Campuran dari emas kuning adalah zat zinc dan tembaga yang sangat aman dipakai untuk jenis kulit pemakainya. Apapun jenisnya.

Hal ini penting karena memang ada beberapa jenis perhiasan yang bisa menimbulkan alergi. Jangan sampai kamu dan pasangan tidak menyadari hal ini. Kelebihan berikutnya adalah dari segi harga. Emas kuning harganya memang lebih murah dibandingkan emas putih.

Maka pemilihan cincin nikah emas kuning sangat cocok bagi kamu yang tak ingin membeli cincin terlalu mahal. Meski terjangkau, kualitas dari cincin ini tak perlu diragukan karena sangat tahan lama. Apalagi cincin jenis ini juga tidak mudah pudar. Berbeda dengan emas putih misalnya yang jauh lebih cepat pudar.

Hal ini akan memberikan efek positof misalnya emas jadi tidak mudah pudar. Ada beberapa jenis emas yang butuh perawatan khusus agar tahan lama. Hal ini pastinya akan membuang tenaga, waktu dan pastinya uang. Secara tidak langsung kamu sudah menghemat pengeluaraan saat merawatnya.

Ada pertimbangan lain saat memilih cincin nikah emas kuning. Salah satunya adalah dari segi tampilan. Banyak orang yang memilih emas kuning karena tampilannya cenderung mewah dan klasik. Maka, cincin ini memang sangat cocok bagi kamu yang berkepribadian elegan.

Tak heran bila emas nikah memang sering jadi pilihan bagi para calon pengantin. Apalagi ada kelebihan lainnya seperti biaya perawatan yang jauh lebih mudah dan murah. Maka jangan heran jika semakin banyak orang memilih cincin nikah emas kuning.

Kekurangan:

Tak hanya melihat dari segi kelebihan saja, kamu juga wajib mengetahui kekurangan dari cincin jenis ini. Tentu saja akan membantu kamu dalam proses memilihnya. Pertama adalah dari segi warna kulit.

Emas warna kuning sangat cantik dan cocok jika dipakai pada orang yang punya kulit khas Indonesia seperti kuning langsat. Namun sayangnya tidak cocok pada orang yang punya warna kulit dengan tone dingin misalnya warna cerah atau pucat. Perhiasan bisa tampak pudar dan pucat bila dipakai oleh warna kulit yang kurang sesuai.

Meski tak membutuhkan pelapisan, tapi emas kuning juga harus dipoles. Apalagi jika dipakai sebagain cincin nikah. Pastinya warna emasnya akan terus memudar. Kamu tetap harus rajin memoles supaya kilauan emas akan selalu terjaga. Jangan heran bila warna emas akan lebih terlihat tampak pudar pada emas kuning.

Berikutnya adalah dari segi kekuatan logamnya. Emas kuning punya kekuatan lebih rendah dibanding jenis emas lainnya. Hal ini menyebabkan emas kuning akan lebih mudah tergores atau penyok bila tidak sengaja kena goresan. Pastinya ini disebabkan oleh emas yang memiliki kandungan lebih enak.

Bahkan ada beberapa kasus emas yang bisa hilang dan putus begitu saja bila terkena benturan. Pastinya ini disesuaikan dengan kandungan di dalamnya. Jangan heran bila harganya memang lebih rendah. Maka dari itu, kamu juga perlu mempertimbangkan hal ini bersama dengan pasangan.

Perbandingan Cincin Nikah Emas Kuning dengan Emas Lainnya

Perbandingan Cincin Nikah Emas Kuning dengan Emas Lainnya

Sebelum memilih cincin nikah emas kuning, kamu dan pasangan juga harus membandingkan dengan emas lainnya. Banyak yang menyangka bahwa emas kuning merupakan emas murni dibandingkan emas lainnya. Padahal emas kuning juga merupakan emas campuran dengan logam lain seperti tembaga dan seng. Semakin tinggi jumlah karat, semakin tinggi kandungan emas murninya.

Nah, jenis emas lain juga ternyata adalah campuran. Misalnya pada emas putih. Selain emas murni, cincin emas putih juga dicampur oleh logam lainnya misalnya mangan, palagadium atau nikel. Hal ini membuat emas putih bisa lebih kuat dan tahan lama. Sama dengan emas kuning, kemurnian dari emas putih bisa dihitung dari jumlah karatnya.

Sementara bagaimana dengan emas yang sedang tren yaitu rose gold? Nah, emas ini juga merupakan paduan dari emas dan tembaga. Percampuran tembaga inilah yang membuat warna pada emas menjadi merah atau merah mudah. Meski tidak sebanyak emas putih maupun cincin nikah emas kuning, popularitas dari emas rose gold semakin meningkat terutama pasangan muda.

Nah, itu dia sederet hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih cincin nikah emas kuning. Pastikan bentuknya sesuai dengan selera kamu dan pasangan. Tak lupa juga sesuaikan dengan budget kamu dan pasangan ya.

Apabila kamu memiliki budget yang terbatas untuk membeli cincin nikah, tidak usah berkecil hati! V&Co Jewellery memberikan kamu solusinya dengan promo terbaik mereka yaitu sepasang cincin nikah 6jutaan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.