Hal Penting yang Perlu Diketahui Seputar Gelang Emas Rantai

Hal Penting yang Perlu Diketahui Seputar Gelang Emas Rantai

Gelang emas rantai merupakan salah satu jenis gelang yang umum dipakai banyak orang. Jika kamu berniat untuk membeli model gelang ini, ada baiknya mengenal terlebih dahulu seperti apa gelang emas khususnya rantai. Kemudian pastikan pula modelnya sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkann

Di setiap zaman, tren gelang terus berubah-ubah menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat pada zaman tersebut. Perhiasan yang satu ini juga sudah melewati berbagai perubahan signifikan dengan semakin banyaknya fungsi yang diberikan oleh perhiasan tersebut.

Ternyata ada rententan sejarah gelang emas sejak awal kemunculannya. Sejarah dimulai dari sebagai aksesoris hingga fungsi untuk kesehatan. Setiap negara memiliki sejarah tentang gelang yang berbeda-beda, sesuai dengan peradaban mereka pada saat itu.

Sejarah Gelang Emas

Sejarah dimulai dari zaman pra-sejarah. Perhiasan gelang sendiri telah digunakan oleh manusia sejak zaman prasejarah. Pada saat itu komunikasi manusia masih sebatas simbol dan isyarat sederhana saja, akan tetapi berbagai bentuk perhiasan terbukti sudah ada.

Di Indonesia sendiri pada saat zaman batu, teknologi manusia masih sangat primitif. Mereka hanya dapat memanfaatkan alat seadanya untuk membuat gelang, dan berbagai perhiasan lainnya. Bentuk dari gelang emas pun juga masih sangat sederhana, dengan menggunakan bahan-bahan dari berbagai jenis batu.

Ketika memasuki zaman logam, teknologi dalam membuat perhiasan gelang pun mulai berkembang. Pada saat itu manusia sudah mulai mengetahui teknik melebur logam dan mencetak perhiasan dengan berbagai bentuk.

Di zaman ini pula, perhiasan yang terbuat dari emas dan perunggu mulai dapat diciptakan. Sedangkan, awal mula berkembangnya perhiasan gelang modern tidak lepas dari pengaruh Kerajaan Mesir. Akhirnya ada banyak sekali pengrajin perhiasan emas yang mengembangkan bentuk gelang emas menjadi lebih artistik dan bernilai tinggi.

Di zaman tersebut, gelang emas masih dipercaya sebagai jimat untuk menolak musibah, sesuai dengan kombinasi permata yang dipasangkan di gelang tersebut. Permata yang tepat yang dipasangkan dengan gelang emas, dipercaya memiliki kekuatan mistis tertentu yang dapat melindungi pemakainya. Sekitar tahun 2500 SM, gelang emas ditemukan di Arbydos, Mesir. Tepatnya di makan Raja Zer, dari Dinasti Raja Mesir pertama.

Penemuan tersebut juga membuktikan bahwa pada zaman itu perhiasan emas telah digunakan sebagai simbol dari status sosial. Namun perhiasan emas pertama yang pernah ditemukan adalah pada tahun 5000 SM di wilayah Mesir Kuno. Akan tetapi pembuatannya masih dicampur dengan perak dan perunggu.

Gelang Emas Rantai dan Model Lainnya

Tentunya sejarah dari gelang emas juga ikut berubah terutama dari segi modelnya. Jika kamu ingin memakai gelang tentunya pastikan kamu mendapatkan model gelang yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Selain gelang emas rantai ini dia sederet model lainnya yang bisa kamu pilih.

1. Model Gelang Emas Rantai

Image result for GLS0022

Gelang emas rantai merupakan salah satu gelang yang paling sering terlihat dan diminati oleh pembeli. Terdapat banyak model untuk gelang rantai ini mulai dari rantai dikepang, rantai terkait, anyaman rantai, rantai kombinasi, hingga rantai box. Setiap model gelang emas yang berbeda bisa memiliki karat yang berbeda dan kombinasi antara emas putih dan emas kuning.

2. Model Gelang Emas Bangle

Gelang Emas Nadine GLS0071

Gelang bangle atau lebih sering disebut sebagai gelang kaku memiliki dua varietas yang berbeda yaitu tebal dan tipis. Gelang bangle tebal sering disebut gelang manset dan kurva yang biasanya dikenakan di sekitar pergelangan tangan dengan bagian bawah terbuka.

Gelang emas ini memiliki motif yang beragam, ada gelang tebal dengan bentuk mengelilingi seluruh atau sebagain pergelangan tangan, namun ada juga yang lebih longgar seperti manset. Dan gelang bangle tipis biasanya melingkaran sepenuhnya di sekitar pergelangan tangan dan longgar seperti gelang tebal.

3. Model Gelang Emas Charm Bracelet

Gelang emas charm bracelet ini sebenarnya hampir mirip dengan gelang rantai, namun yang membedakannya yaitu adanya hiasan kecil atau manik manik lucu yang menjadikannya terlihat lebih menarik dan mempesona.

Gelang charm bracelet ini biasanya sangat unik dan lucu saat dikenakan oleh pemakainnya. Gelang ini sangat populer saat ini yang lebih sering dan cocok jika dikenakan oleh anak dan remaja wanita.

4. Model Gelang Emas Mewah (Luxury)

Kategori gelang emas ini berbeda dari yang lainnya, perhiasan berlian ini lebih menonjol daripada kategori gelang yang lain, gelang ini bisa dimasukkan kedalam perhiasan yang dianggap berharga lebih mulia, seperti gelang emas berlian, atau batu mulia.

Gelang ini termasuk gelang yang datar dan dikombinasikan dengan batu mulia seperti zamrud, safir, dan ruby dan berbagai jenis batu permata lainnya. Gelang berlian ini juga termasuk gelang gaya manset yang dikombinasi dengan satu atau dua batu besar atau pola batu yang lebih kecil. Gelang ini cenderung lebih lebar dari gelang rantai, tetapi tidak selebar gelang yang tebal. Gelang emas ini juga tidak terlalu kaku seperti gelang bangle.

Manfaat dan Tujuan Memakai Gelang

Gelang dengan material logam emas memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh, terutama untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah, dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini tentu sangat bagus, sebab membuat tubuh mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang mencukupi.

Selain itu gelang emas juga dapat membantu tubuh untuk rileks, terutama emas murni 24 karat yang tidak tercampur dengan logam mulia lainnya. Kemudian manfaat lain yang dapat diberikan oleh gelang emas adalah membantu meningkatkan sirkulasi energi yang ada dalam tubuh pemakainya. Sehingga, tubuh secara perlahan dapat mulai terasa hangat.

Dengan semakin lancarnya darah dan sirkulasi energi, sel-sel tubuh dapat beregenerasi dengan cepat dan daya kerja otak juga semakin efektif. Fungsi dari menggunakan gelang emas telah berubah-ubah seiring dengan perkembangan zaman. Mulai dari bentuk sederhana, hingga bentuk gelang emas yang telah kita kenal di zaman sekarang.

Perhiasan emas telah menjadi salah satu sarana untuk mengekspresikan nilai-nilai seni, serta menunjukkan kekayaan dari kerjaan maupun bangsa tersebut.Pada masa awal ditemukannya perhiasan gelang, perhiasan ini tidak dapat dikenakan oleh sembarang orang.

Oleh karena gelang dianggap simbol status sosial pemakainya, sehingga hanya bangsawan, raja atau kepala suku saja yang dapat mengenakannya. Sesuai dengan fungsi dari sebuah gelang, maka semakin tinggi status sosial pemakainya, maka semakin rumit pula desain gelang tersebut. Perhiasan gelang pun juga semakin banyak dihiasi dengan batu-batuan mineral atau permata indah yang berkilauan.

Sekarang mari kita membahas tujuan dari gelang emas. Ada banyak tujuan mengenakan gelang emas. Seperti di Amerika Latin yang meyakini bahwa mengenakan gelang emas dapat mengusir gangguan setan. Karena itu, bayi yang baru lahir disana biasanya akan langsung dikenakan gelang emas di pergelangan tangannya.

Sedangkan, masyarakat di Asia dan Eropa memiliki keyakinan yang agak berbeda. Tujuan masyarakat mengenakan gelang berbahan emas agar terhindar dari kesialan dan mendapatkan keberuntungan. Kemudian di wilayah mesir, gelang juga dipercaya bertujuan untuk kepentingan sakral agama dan kepercayaan masyarakat.

Setelah mengetahui manfaat dan sejarah gelang, serta beberapa model gelang di atas, apakah kamu tertarik memiliki gelang untuk menghiasi lengan cantikmu?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *