Apakah Gelang Emas Termahal Berarti Gelang Emas Terbaik?

Apakah Gelang Emas Termahal Berarti Gelang Emas Terbaik?

Meski tidak sepenting cincin perkawinan, gelang emas termasuk perhiasan yang dapat menyempurnakan penampilanmu, walau mungkin bukan gelang emas termahal. Namun, apakah gelang emas termahal selalu identik dengan yang terbaik?

Bisa jadi iya, tetapi bisa juga tidak. Daripada bingung, langsung saja kita simak bersama-sama informasi seputar gelang emas termahal di dunia ini.

Kerumitan desain

Image result for panther bracelet Wallis Simpson

Gelar gelang emas termahal di dunia saat ini dimiliki oleh gelang emas panther milik Wallis Simpson.  Gelang emas berbentuk panther ini didaulat sebagai gelang emas termahal di dunia dengan nilai yang bisa mencapai sekitar 12,5 juta dolar Amerika. Gelang yang didesain oleh Cartier pada tahun 1952 ini termasuk dalam koleksi vintage, di mana desainnya memiliki tingkat kerumitan yang tergolong tinggi.

Bagian tubuh panther dibuat dari emas putih yang dipahat halus serta dihiasi dengan kemilau berlian dan onyx. Kerumitan desain tubuh panther tersebut menjadi fitur paling brilian dari gelang ini. Mata panther berupa batu zamrud hijau cemerlang yang membuat gelang ini terlihat lebih elegan. Desain gelang ini dirancang dengan sangat detail, khususnya untuk bagian wajah sang panther yang sangat menyerupai aslinya, mulai dari detail siluet, telinga, hingga cakarnya.  Desainnya yang rumit dan detail membuat gelang emas ini pantas disebut sebagai sebuah mahakarya.  Tidak heran harganya pun dipatok dengan nilai yang sangat fantastis. 

Semua orang tentu setuju bahwa gelang emas termahal adalah sebuah karya seni tingkat tinggi. Tingkat kerumitan desainnya yang tinggi membuat gelang emas ini semakin eksklusif karena tidak banyak yang bisa meniru desainnya. Eksklusifitas ini pun akhirnya membuat nilai gelang emas tersebut menjadi lebih tinggi dibandingkan gelang-gelang emas lain yang tidak terlalu detail. Akan tetapi, nilai ini pada akhirnya akan ditentukan oleh kemampuan desain tersebut dalam memenuhi ekspektasi pasar.

Jika dilihat dari sudut pandang individu atau personal, suatu desain lebih bernilai ketika desain tersebut memberikan perasaan bahwa yang melihatnya memiliki kedekatan emosional dengannya. Desain yang mampu “bercerita” tentang suatu hal, atau yang mampu membangkitkan memori tertentu, umumnya akan memiliki nilai tambah di mata seseorang, terlepas dari seberapa rumit desain yang dimilikinya.

Menggunakan material langka

Image result for bracelet Elizabeth Taylor

Dari gelang emas termahal di dunia, kita lompat pada gelang emas milik aktris cantik Elizabeth Taylor, gelang emas termahal ketiga di dunia dengan nilai mencapai sekitar 4 juta dolar Amerika. Gelang emas putih bertabur zamrud berwarna hijau cemerlang dengan berlian yang berkilauan ini terbukti dapat mengikat hati wanita manapun yang melihatnya. Selain taburan kilau berlian yang jumlahnya mencapai puluhan, gelang yang dibuat pada tahun 1962 ini menggunakan batu zamrud yang berharga dan langka. Fitur yang membuat gelang ini semakin fantastis lagi adalah rangka badan gelang emas yang juga dilapisi dengan platinum, salah satu logam yang paling langka dan mahal selain emas. Lapisan platinum ini membuat gelang emas termahal ketiga tersebut terlihat lebih berkilau dan elegan. Penggunaan berbagai material yang langka serta berharga tentu membuat nilai gelang emas ini menjadi berkali-kali lipat.

Tidak dapat dipungkiri lagi, nilai dari suatu material langka akan menjadi semakin tinggi karena material tersebut akan banyak dicari. Eksklusifitas yang muncul dari kelangkaan material kembali menjadi aspek yang dijual untuk meningkatkan harga sedemikian tinggi. Namun, yang menjadi pertanyaan justru apakah suatu hal yang langka sudah pasti menjadi sesuatu yang terbaik?

Kelangkaan berkaitan erat dengan sedikitnya kuantitas, tetapi belum tentu ada hubungannya dengan kualitas. Terlepas dari itu, tidak ada ukuran kualitas yang pasti bagi sebuah karya seni. Seluruh penilaian akan bergantung pada selera dan interpretasi yang subjektif. Jika seseorang mampu membeli gelang emas termahal dengan material-material yang langka untuk aktualisasi dirinya, tidak ada yang salah, kan?

Memiliki nilai historis

Gelang emas termahal bisa jadi memiliki nilai serta kualitas tertentu yang tidak dapat diukur dengan uang. Karena sifatnya, gelang emas menjadi perhiasan yang dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama. Tidak heran jika gelang emas sering diwariskan secara turun menurun dan menjadi harta pusaka keluarga yang tidak ternilai harganya. Nilai gelang emas juga sangat lekat dengan sisi historis dari pemilik sebelumnya. Harga fantastis gelang panther Wallis Simpsons dan gelang zamrud Liz Taylor tidak terlepas dari sejarah gelang tersebut dari pemilik sebelumnya yang merupakan figur fenomenal.

Wallis Simpsons, Duchess of Windsor, adalah sosialita Amerika sekaligus istri dari Raja Inggris, Edward VIII, yang pernikahannya sangat kontroversial dan menyebabkan krisis konstitusi di Inggris yang berujung pada turunnya Edward dari tahta kerajaan. Saat itu, gelang panther merupakan tanda cinta yang diberikan sebagai hadiah pernikahan dari Raja Edward untuk Wallis. Romantisnya cerita di balik gelang panther ini kemudian menggugah keinginan setiap orang untuk memilikinya.

Cerita ini berbeda halnya dengan cerita di balik gelang zamrud ikonis milik Elizabeth Taylor, aktris cantik berkebangsaan Amerika yang melegenda.  Berbagai perhiasan mahal dan berharga telah menjadi koleksi Elizabeth Taylor di sepanjang masa hidupnya. Sebagai ikon fashion yang mendunia, berbagai koleksi perhiasan miliknya, termasuk gelang zamrud yang pernah dimiliki Liz Taylor, menjadi sangat berharga dan bernilai di mata para penggemarnya. Nilai ini yang kemudian menyebabkan gelang zamrud peninggalan Liz Taylor dikategorikan sebagai gelang emas termahal. Gelang lain dengan spesifikasi serupa pun belum tentu memiliki harga yang sama jika tidak memiliki sisi sejarah semacam ini.

Sebagai sebuah karya seni, nilai sebuah gelang emas sangatlah subjektif. Sebuah gelang dapat dianggap sebagai gelang emas termahal di dunia karena mempertimbangkan berbagai aspek berbeda, tentunya selain kualitas material yang digunakan untuk membuat gelang itu sendiri. Menjawab pertanyaan sebelumnya, “Apakah gelang emas termahal selalu menjadi gelas emas terbaik pula?”. Belum tentu. Namun, satu hal yang pasti, nilai sebuah gelang emas sebagai sebuah karya seni tidak selalu ditentukan oleh seberapa mahal harga gelang tersebut, melainkan dari cara gelang tersebut untuk “bercerita” dan merepresentasikan sisi pribadi serta jati dirimu.  Setuju, tidak?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *