gold plated

Gold Plated dan Emas Murni, Apa Bedanya?

Perhiasan emas memang bisa mempercantik penampilan kamu. Namun sayangnya, harga perhiasan emas tidaklah murah. Tidak semua orang mampu untuk membeli perhiasan emas asli. Maka dari itu, perhiasan gold plated (lapis emas) ada. Perhiasan ini menjadi solusi untuk kamu yang ingin membeli emas namun tidak memiliki budget yang cukup banyak. Bagi banyak pecinta perhiasan, perhiasan gold plated ini merupakan pengganti perhiasan emas asli yang sempurna karena harganya termasuk terjangkau dan memiliki tampilan yang sama cantiknya. V&Co Jewellery akan membahas apa itu gold plated, simak artikel di bawah ini.

Apa itu Gold Plated?

Secara umum, proses pelapisan adalah saat perhiasan yang terbuat dari logam atau campuran tertentu ditutupi dengan lapisan logam lain. Contohnya, emas putih adalah paduan emas kuning dan logam putih, biasanya palladium. Karena paduannya masih tampak kekuningan, biasanya ia dilapisi dengan rhodium untuk memberi tampilan putih bersinar.

Nah, kalau gold plated sendiri adalah bentuk pelapisan perhiasan, tetapi dengan emas sebagai lapisan di bagian luar. Ketebalan lapisan emas dapat sangat bervariasi, namun Federal Trade Commission (FTC) memberi standar untuk perhiasan gold plated pada 0,5 mikron dan heavy gold plated sebesar 2,5 mikron.

Proses Pembuatan Gold Plated

Gold Plating adalah proses elektrik (elektrokimia) yang merupakan proses perubahan energi listrik menjadi energi kimia. Proses ini melibatkan elektroda (logam-logam yang dihubungkan dengan sumber listrik) dan elektrolit (cairan tempat logam-logam tadi dicelupkan).

Secara tradisional proses penyepuhan menggunakan emas 24 karat. Penyepuhan dilakukan pertama-tama dengan merendam logam (perak) di dalam air panas yang sebelumnya dibubuhi potasium, kemudian, logam dicuci dengan buah lerak dan disikat dengan seksama. Setelah benar-benar bersih, perhiasan dicelupkan dalam larutan potas dan emas yang dipanasi.

Gold Plated Tidak Termasuk Perhiasan Emas

Perhiasan lapis emas memang mengandung emas, tapi apa bisa disebut sebagai perhiasan emas juga? Jawabannya tentu saja tidak. Lapisan emas di bagian luar perhiasan adalah emas asli. Tetapi, karena seluruh perhiasan terdiri dari logam tidak mulia atau logam campuran yang bukan emas, perhiasan gold plated umumnya disebut emas palsu. Emas di permukaan adalah emas asli dengan berbagai kadar karat (10K hingga 24K), tetapi bagian tengah barang tersebut bukan emas.

Kelebihan Perhiasan Lapis Emas

1. Perhiasan gold plated lebih terjangkau harganya

Hal ini mungkin sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Karena emas hanya sebagai pelapisnya, harganya sangatlah rendah dibandingkan harga perhiasan emas murni yang lebih banyak kandungan emas.

2. Tampak seperti emas asli

Bagi orang-orang yang awam, perhiasan lapis emas terlihat sama persis seperti perhiasan emas asli. Karena tidak akan ada yang menyadari bahwa emas hanya sebagai pelapis. Kecuali perhiasan tersebut dipotong, barulah terlihat jika di dalamnya lebih banyak logam.

3. Menyempurnakan penampilanmu

Perhiasan yang melalui proses pelapisan emas cenderung memiliki hasil akhir yang sempurna. Karenanya, perhiasan berlapis emas dapat memberikan sentuhan yang cemerlang untuk gaya pakaian apa pun.

4. Mudah untuk mengikuti tren

Dengan memiliki perhiasan gold plated dengan gaya tertentu, kamu bisa menjadi bagian dari tren, tanpa khawatir akan membuang uang kamu untuk sesuatu yang akan terus berganti.

Kekurangan Perhiasan Lapis Emas

1. Gampang terkena noda

Perhiasan gold plated pasti akan ternoda seiring waktu. Alasannya adalah karena molekul-molekul logam dasar seperti perak dan tembaga akhirnya menempel ke lapisan tipis emas, menyebabkan lapisan emas menjadi rusak. Maka dari itu kamu harus lebih berhati-hati dalam menjaga perhiasan ini.

2. Lapisan emas akan tergores dan mengelupas

Ini adalah karena lapisan emas sangat tipis dan tidak terlalu tahan lama. Emas pada dasarnya bertekstur lunak, jadi lapisan emas yang tipis sangatlah rapuh.

3. Tidak tahan air

Mandi dengan memakai perhiasan lapis emas atau berada di dalam air untuk waktu yang lama dapat menyebabkan lapisan emas menjadi luntur.

Jadi Lebih Memilih Gold Plated atau Emas Murni?

Sekarang pertanyaan yang penting adalah, kamu lebih memilih gold plated atau emas murni? Itu semua tergantung dengan keputusanmu. Jika kamu menyukai tren perhiasan emas yang berjalan dari waktu ke waktu, kamu bisa menjatuhkan pilihan di perhiasan yang dilapisi emas. Karena harganya yang tidak terlalu mahal, hal itu tidak akan menguras dompetmu.

Berbeda jika kamu menjatuhkan pilihan pada emas murni. Jika kamu ingin mengikuti tren yang sedang berkembang, kamu perlu menyiapkan budget lebih besar. Boleh-boleh saja, bukan berarti tidak dianjurkan. Jika kamu memiliki budget lebih, boleh kok! Juga, kamu bisa membeli perhiasan emas dengan model yang timeless sehingga tidak tergerus dengan tren. Kedua jenis perhiasan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *