Cincin kawin adalah benda yang menjadi simbol sebuah pernikahan. Apakah Anda tahu alasan mengapa cincin dipakai sebagai simbol pernikahan? Cincin kawin tidak hanya menjadi lambang sebuah pernikahan, tetapi juga menyimpan makna di dalamnya. Jika Anda tahu makna cincin kawin dan artinya, Anda akan lebih menghargai makna sebuah pernikahan.

Makna cincin kawin secara singkat adalah sebuah lambang atas janji pernikahan. Namun mungkin ada makna lain yang belum kamu ketahui. Nah, kira-kira apa saja ya makna dari cincin kawin? Simak artikel di bawah, yuk!

Makna Cincin Kawin

1. Cincin Kawin Berbentuk Lingkaran

Sejak zaman dahulu, cincin adalah perhiasan yang spesial. Cincin adalah perhiasan yang menjadi simbol sebuah lingkaran yang tidak akan pecah atau hancur. Dalam banyak budaya yang percaya pada keabadian, cincin adalah simbol keabadian itu sendiri atau “eternity”. Selain itu karena bentuk lingkaran tidak memiliki awal dan tidak memiliki akhir, maka cincin kawin juga punya arti tak terhingga atau tak terbatas “infinity”. Jadi bentuk lingkaran cincin pernikahan berarti ikatan cinta dan kesetiaan yang abadi dan tidak terbatas diantara kedua pasangan. Sedangkan bagi sepasang cincin pernikahan, arti itu akan menjadi kebersamaan yang abadi dan komitmen yang tidak akan hancur.

2. Saling Mengikat

Anda dan pasangan terikat oleh janji pernikahan, yang dilambangkan oleh cincin kawin. Janji ini adalah untuk hidup setia dengan pasangan. Dengan ikatan cinta yang kuat, maka Anda dan pasangan akan terus menjaga janji pernikahan Anda berdua. Makna cincin kawin satu ini sangat membekas, ya?

3. Kejayaan dan Kekuatan

Beberapa abad lalu, cincin adalah perhiasan mewah yang terbuat dari bahan yang sangat mahal. Hanya orang-orang tertentu dan berkedudukan tinggi yang bisa memakainya. Saat cincin sudah menjadi simbol sebuah pernikahan seperti saat ini, makna tersebut menjadi pencapaian kejayaan dan kekuatan yang dilakukan oleh dua orang yang saling menopang dan mengarungi kehidupan pernikahan.

4. Kesatuan Yang Saling Melengkapi

Cincin selalu memiliki bentuk bulat atau lingkaran, tanpa awal, dan juga tanpa akhir. Cincin menggambarkan kehidupan manusia sehari-hari yang terus berputar seperti roda. Ada kelahiran, kematian, kesedihan, kebahagiaan. Dalam cincin kawin, hal ini diartikan sebagai kesatuan hidup yang saling melengkapi. Saling menerima kekurangan, saling melengkapi kesempurnaan.

5. Bukti Cinta Tanpa Akhir dan Sebuah Komitmen

Makna cincin kawin telah lama menjadi simbol kesatuan. Mereka yang memakai cincin kawin menunjukkan status mereka sebagai orang yang telah menikah. Banyak orang yang percaya bahwa cincin kawin memiliki daya tarik untuk membawa kemenangan dan keberuntungan. Di luar keyakinan itu, memakai cincin kawin adalah bukti cinta tanpa akhir dan sebuah komitmen.

6. Langsung ke Hati

Pada zaman dahulu, orang Mesir dan Romawi berkeyakinan bahwa pembuluh darah dari jari keempat mengarah langsung ke jantung. Dengan demikian, mereka memutuskan bahwa jari manis merupakan jari yang tepat untuk dipakaikan cincin kawin. Meskipun teori ini telah dibantah, orang-orang pada zaman modern masih menganut kepercayaan ini. Hal ini melambangkan bahwa janji pernikahan kamu dan pasanganmu diucapkan tulus dari hati Anda.

7. Kekuatan Cinta

Cincin kawin dibuat dari logam mulia, yang akan bertahan untuk selamanya layaknya janji pernikahan. Logam cincin melambangkan kekuatan dan keseriusan pasangan untuk mematuhi janji pernikahan mereka. Logam mulia juga melambangkan ketahanan pasangan dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Meskipun banyak tantangan, pernikahan tersebut akan tetap utuh dan terjaga kelangsungannya.

8. Saling Menaati

Janji pernikahan menuntut kesetiaan dari kedua pasangan. Karena itu, cincin kawin digunakan sebagai tanda bahwa pasangan saling menaati dan takkan mengkhianati janji pernikahan mereka. Ketika pasangan saling menaati, maka pernikahan mereka pun akan menjadi seperti cincin yang bulat tanpa akhir.

9. Kekompakan Pasangan

Kesamaan desain cincin kawin akan menunjukkan kekompakan antara suami dan istri. Kebanyakan pasangan menikah memilih cincin kawin dengan desain yang simple. Cincin yang polos, yaitu lurus dan tanpa banyak lekukan menunjukkan bahwa pasangan berharap kehidupan pernikahan mereka akan simpel, sederhana, lurus-lurus saja, tidak ada hal-hal rumit yang mungkin menghadang mereka kelak. Kemudian permata yang menghiasi cincin biasanya juga hanya ada satu dan tidak banyak, ini menunjukkan bahwa cinta mereka satu dan akan berlangsung untuk selamanya.

10. Mengingat Pasangan

Cincin kawin menurut penggunaannya yang digunakan setiap hari yaitu dimaksudkan agar masing-masing mempelai akan selalu mengingat pasangannya kapanpun dan dimanapun mereka berada. Bagaimanapun juga, jari sering digunakan untuk melakukan aktivitas. Oleh karena itu, kamu dan pasangan akan sering melihat cincinnya. Hal tersebut akan membuat mereka selalu mengingat pasangan, mengingat hari indah pernikahan, juga masa-masa pernikahan yang sudah dilalui bersama. Dengan demikian, mereka akan selalu saling setia satu sama lain. Kemudian ada juga mitos yang mengatakan alasan mengapa menggunakan cincin kawin kebanyakan di jari manis. Ada yang mengatakan hal tersebut karena di jari manis terdapat sebuah pembuluh darah yang salurannya menuju langsung ke jantung.

Makna cincin kawin yang digambarkan terasa sangat filosofis, ya? Maka dari itu, pada zaman modern ini, cincin kawin merupakan sebuah keharusan bagi pasangan yang akan menikah. Sudah punya referensi cincin kawin untuk pernikahanmu? Kunjungi V&Co Jewellery, yuk!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin