Harga Anting Emas

Inilah Faktor yang Dapat Memengaruhi Harga Anting Emas

Harga anting emas memang bervariasi, ada yang dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, tetapi ada pula anting emas yang dijual dengan harga yang setara dengan harga satu atau dua rumah di kawasan elit. Ada banyak hal yang bisa memengaruhi harga jual anting, dan tidak ada salahnya untuk mengetahui faktor-faktor tersebut karena dengan mengetahuinya, bisa jadi akan membantu untuk mengetahui mana anting emas yang harus dibeli, dan mana yang harus dihindari.

Mengetahui apa-apa saja yang dapat memengaruhi harga perhiasan yang satu ini juga akan membantu kita menyusun budget yang masuk akal saat hendak mencari anting emas, baik untuk keperluan acara formal yang ingin dihadiri maupun sekadar mencari anting emas yang sesuai dengan gaya busana sehari-hari.

Bagi kamu yang memang gemar mencari anting emas, atau sekadar penasaran dan ingin tahu saja, berikut beberapa faktor utama yang dapat memengaruhi harga anting emas:

Kandungan emas di dalamnya

Sama seperti perhiasan lain, harga anting emas tentu dipengaruhi oleh bahan dasar pembuatannya. Emas yang digunakan dalam anting emas sendiri secara garis besarnya terbagi menjadi tiga jenis, emas kuning, emas putih, dan juga emas rose gold. Tentunya masing-masing jenis emas ini memiliki harga yang berbeda, tetapi secara umum harga anting yang akan dibeli ditentukan dari seberapa banyak kandungan emas yang ada pada anting tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, emas merupakan salah satu logam alami yang paling lunak, sehingga ketika dijadikan perhiasan seperti anting atau cincin, emas murni akan dicampur dengan jenis logam lainnya yang lebih keras agar bentuknya tidak mudah berubah meski terkena benturan atau tekanan kuat lainnya. Oleh karena itu, harga anting emas akan dipengaruhi oleh banyaknya emas yang terkandung di dalamnya dibandingkan dengan jenis logam lainnya. Penghitungan kadar emas dalam sebuah perhiasan ini umumnya dicantumkan dalam bentuk karat. Sebagai ilustrasi, perhiasan emas 24 karat memiliki kandungan emas sekitar 99% dengan campuran 1% logam lainnya, sementara perhiasan emas 23 karat memiliki kandungan emas murni sekitar 95% dengan campuran 5% logam lainnya, dan perhiasan emas 22 karat memiliki kandungan emas murni sekitar 91% dengan campuran 9% logam lainnya, begitu seterusnya.

Selain kandungan emas murni yang digunakan, harga anting emas juga dipengaruhi oleh seberapa langka kandungan logam lainnya dalam perhiasan emas tersebut. Beberapa anting emas memiliki kandungan palladium atau titanium untuk membuat kilau yang dimiliki oleh emas tersebut semakin cerah dan cemerlang. Padahal, titanium merupakan jenis logam mulia dengan kelangkaan yang lebih tinggi dibanding dengan emas, sehingga harga jual akhirnya tentu akan lebih mahal dibanding emas yang dicampur logam dengan tingkat kelangkaan yang umum seperti perak atau tembaga yang kerap digunakan untuk menghasilkan perhiasan emas rose gold.

Bahan dasar pembuatannya

Selain kandungan emasnya sendiri, harga anting emas juga ditentukan dari bahan dasar pembuatannya. Tidak semua anting emas memilih emas sebagai bahan dasarnya. Ada beberapa anting emas yang sebenarnya terbuat dari nikel sebagai bahan dasar pembuatan, sementara emas hanya digunakan sebagai pelapis luar. Harga anting nikel dengan lapisan emas tentunya akan jauh lebih terjangkau dibanding anting yang sepenuhnya terbuat dengan emas sebagai bahan dasarnya. Pada awalnya, perhiasan yang dilapisi dengan emas, atau dikenal juga sebagai perhiasan emas sepuh, memang ditujukan bagi mereka yang ingin memiliki perhiasan emas dengan harga yang terjangkau. Jika budget yang kamu siapkan untuk membeli anting emas memang sangat terbatas sekali, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari anting emas sepuh yang harganya lebih sesuai.

Kerumitan desainnya

Harga anting emas tidak hanya ditentukan dari kandungan emas yang dimilikinya, tetapi juga kerumitan desainnya. Seperti kita ketahui, anting tergolong sebagai perhiasan kecil dengan ukuran yang jarang sampai melebihi genggaman tangan. Tentunya, dibutuhkan keahlian yang sangat tinggi untuk mengukir detail desain pada perhiasan sekecil itu. Jadi, jangan heran jika anting emas berukuran kecil kadang memiliki harga yang lebih tinggi dibanding anting dengan ukuran yang lebih besar, terutama jika desain yang dimilikinya memang cukup rumit dan mendetail. Anting emas dengan desain yang menawan tentunya akan tampak lebih mewah dan elegan, sehingga tidak aneh jika harga yang dimilikinya pun tergolong jauh lebih tinggi dibanding anting emas dengan desain yang generik dan sederhana.

Eksklusifitas

Sama seperti hukum kelangkaan, semakin sedikit suatu benda, harganya juga akan semakin melambung tinggi. Anting emas dengan desain serta model yang unik dan tak ada duanya, tentunya akan lebih tinggi dibanding anting emas dengan desain yang mudah ditemukan di mana saja karena ada prestise khusus saat mengenakan anting yang hanya ada satu di dunia atau tidak banyak orang yang memilikinya. Terkadang, antara harga dan eksklusifitas sebuah perhiasan saling mendukung di mana perhiasan dengan harga yang tinggi cenderung memiliki eksklusifitas yang tinggi pula, dan berlaku pula sebaliknya di mana anting emas yang paling eksklusif pun memiliki harga yang paling tinggi dibandingkan dengan anting emas lainnya.

Untuk alasan yang sama, terkadang beberapa rumah perhiasan juga mengeluarkan seri limited edition atau set perhiasan dengan jumlah yang sangat dapat dihitung jari untuk menjaga agar perhiasan tersebut tetap eksklusif. Harga anting emas dengan seri yang terbatas ini pun tentu akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan harga anting emas yang diproduksi secara massal meski mungkin dikeluarkan oleh rumah perhiasan yang sama. Nyatanya, beberapa anting termahal di dunia hanya memiliki satu item itu saja tanpa ada anting emas lain dengan desain yang serupa. Wah, siapa pun yang beruntung dapat mengenakannya pasti akan merasa sangat bangga sekali karena tidak akan ada orang lain yang bisa mengembari anting emas yang dikenakannya tersebut. Wajar jika harga anting tersebut sangat mahal sekali, bukan?

Nilai historis yang dimiliki

Anting Emas GWH0044

Terkadang, harga suatu anting emas tidak hanya ditentukan dari nilai intrinsik atau nilai materialnya semata. Anting emas dengan desain berlebihan yang cenderung dihindari di era modern yang serba sederhana ini pun bisa jadi memiliki harga yang di luar dugaan karena memiliki nilai historis yang cukup tinggi, misalnya saja anting emas yang dikenakan oleh tokoh terkemuka dunia di hari pernikahannya, tentu akan memiliki harga yang lebih tinggi dibanding anting emas yang dikenakan oleh selebritas lokal untuk momen yang sama. Nilai historis ini terkadang tidak dapat diukur secara materi dan tidak memiliki standar penghitungan yang jelas, sehingga tidak aneh jika harga yang dimilikinya pun menjadi tidak dapat diperkirakan. Namun, jelas, semakin tinggi nilai historis yang dimiliki oleh suatu perhiasan, bisa dipastikan harga jualnya pun akan semakin tinggi pula.

Ornamen yang digunakan untuk menghiasinya

Anting Emas GWS0014

Harga anting emas dengan desain polos yang sederhana tentunya akan berbeda jika dibandingkan dengan anting bertabur berlian. Sebagian besar harga anting paling mahal di dunia bahkan menjadi luar biasa tidak masuk di akal karena besarnya berlian yang digunakan sebagai ornamen utama atau center piece-nya. Selain berlian, beberapa ornamen lain seperti kristal Swarovski atau jenis batu tertentu juga memiliki harga yang luar biasa mahal. Jadi, tidak heran jika harga anting emas yang dihiasi dengan ornamen-ornamen tersebut kemudian melambung tinggi. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa ornamen-ornamen tersebut memang diperlukan untuk menambah kecantikan anting emas di mana ia diletakkan. Beberapa orang bahkan sengaja membuat anting berlian imitasi agar dapat mereplikasi keindahan tersebut, tetapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Faktor-faktor di atas bisa dibilang merupakan beberapa faktor utama yang sangat memengaruhi harga anting emas. Tentunya, berdasarkan penjelasan di atas, harga tersebut akan tetap terasa masuk akal meski tidak terjangkau karena memang faktor-faktor di atas tidak hanya berpengaruh pada harga antingnya saja, tetapi juga nilai estetika yang dimilikinya. Jika kamu tertarik untuk mengoleksi anting dengan harga yang luar biasa, kamu bisa menjadikan faktor-faktor di atas untuk membantumu menilai apakah harga mahal yang ditetapkan memang sesuai dengan nilai yang dimilikinya. Jangan sampai mau disuruh membeli anting berlian imitasi dengan emas sepuh yang tidak memiliki nilai historis sama sekali dengan harga yang terlampau mahal, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *