Intip Harga Emas Hari Ini dan Faktor yang Mempengaruhinya

Intip Harga Cincin Emas Hari Ini dan Faktor yang Mempengaruhinya

Emas menjadi salah satu investasi dengan sistem klasik yang masih populer dan banyak peminatnya hingga saat ini. Investasi emas dapat menjadi pilihan kamu yang menginginkan investasi yang mudah dan relatif aman dengan resiko tidak terlalu besar. Segera intip harga cincin emas hari ini dan faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Karena keindahannya dan ketahanannya, saat ini emas juga digunakan untuk perhiasan. Sekitar 78% persen dari total penggunaan emas setiap tahunnya digunakan untuk membuat berbagai perhiasan cantik seperti cincin, kalung, dan anting.

Dan karena nilai emas yang tinggi dan cenderung meningkat setiap tahunnya membuat banyak orang tertarik untuk menjadikan emas sebagai alat investasi juga. Umumnya mereka akan berinvestasi dalam bentuk emas batang dan koin emas.

Bagi kamu yang sering membeli emas untuk berinvestasi, pasti tahu kalau harga emas naik dan turun setiap harinya. Tapi apa kamu tahu alasan mengapa harga emas hari ini dan kemarin bisa berbeda, simak ulasan di bawah ini.

Mengapa Harga Emas Sekarang dan Kemarin Bisa Berbeda?

Cara Investasi Emas yang Aman
Foto: Bestprofit Futures

Emas merupakan logam mulia yang dicintai dan diburu oleh manusia. Sehingga harganya selalu mengalami perubahan. Berikut faktor penyebab turun naiknya harga emas di pasaran.

1. Perubahan Kurs

Bisa dikatakan bahwa faktor paling utama yang memiliki peranan besar dengan naik atau turunnya harga emas adalah perubahan kurs mata uang dollar dari negara Amerika Serikat.

Semakin tinggi kurs dollar AS terhadap rupiah, atau semakin lemahnya rupiah terhadap dollar AS, maka harga emas akan semakin menguat atau tinggi. Jadi, ketika kurs dollar AS atas rupiah naik, maka harga emas akan melonjak naik.

2. Jumlah Permintaan dan Penawaran

Sama seperti harga barang lainnya dimana ketika jumlah peminat semakin tinggi maka harga akan semakin tinggi pula. Sebaliknya, jika jumlah peminat turun maka harga juga akan turun.

Hal ini berlaku juga untuk harga emas. Ketika peminat emas naik, maka harga naik dan sebaliknya ketika jumlah peminat emas turun, harga emas akan turun juga.

3. Kenaikkan Harga yang Terus Menerus

Laju inflasi yang kemudian membuat harga-harga barang semakin naik, maka inflasi yang tak terkendali akan membuat harga emas semakin mahal. Devaluasi mata uang juga dapat mempengaruhi harga emas, devaluasi adalah kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang negara asing. 

Nah, hal ini dapat berakibat pada investor yang merasa bahwa mata uang mereka tak ada artinya, maka mereka akan beralih ke emas dan juga masyarakat tidak mau menyimpan uang mereka dengan bentuk uang misal dengan investasi dollar melainkan mereka akan membeli emas yang memang harganya cenderung stabil dan lebih aman ketika inflasi.

4. Suku Bunga

Jika harga emas akan melonjak naik ketika kurs dollar Amerika Serikat atas rupiah yang semakin tinggi, maka harga emas akan turun ketika suku bunga naik.

Hal ini dikarenakan ketika suku bunga naik, banyak orang yang menarik uangnya dan menyimpan uang mereka dalam bentuk deposito yang memiliki bunga tinggi dari pada menyimpan emas. Suku bunga sendiri bisa naik dan turun karena beberapa faktor tertentu juga.

Selain faktor-faktor yang sudah disebut diatas, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi naik dan turunnya harga emas seperti kondisi politik, kondisi ekonomi dunia serta harga minyak mentah dunia. Ketiga hal tersebut bisa membuat harga emas semakin naik atau turun secara signifikan.

Bagaimana Cara Mengetahui Harga Cincin Emas Hari Ini?

Berikut beberapa cara untuk mengetahui harga emas hari ini yang mudah:

1. Menggunakan Aplikasi Sahabat Pegadaian
Aplikasi Sahabat Pegadaian menyediakan informasi harga emas yang paling baru dan terkini. Harga emas hari ini dapat kamu lihat langsung di handphone kamu setiap hari, dears.

Di aplikasi ini kamu bisa mendapatkan Informasi pergerakan harga emas dan paling update. Aplikasinya dapat diunduh gratis di Google playstore secara gratis.

2. Menggunakan Aplikasi Harga Emas Logam Mulia Antam
Aplikasi ini bukan hanya memberikan informasi tentang harga emas terkini, melainkan juga tersedia grafik harga emas berdasarkan lokasi pemasok emas. Infografik dalam aplikasi Harga Emas Logam Mulia diperbaharui setiap hari. Kamu bisa mengunduhnya di smartphone melalui Google Play Store kamu.

Harga emas rata-rata sejak tahun 1990 pun bisa kamu dapatkan infonya di dalam aplikasi ini. Aplikasi Harga Emas Logam Mulia juga menyediakan fitur kalkulator. Kamu bisa gunakan fitur kalkulator ini untuk dapat mengetahui harga emas batangan jika dikonversikan ke rupiah.

Aplikasi ini dapat memberikan pemberitahuan di ponsel kamu mengenai harga emas. Kamu akan mengetahui apakah harga emas sedang naik atau turun. Menarik dan bermanfaat, bukan?

3. Ke Toko Emas
Kamu bisa langsung mengunjungi toko emas untuk mendapatkan informasi mengenai harga emas terkini mulai dari cincin dan kalung. Jika kamu datang ke toko emas, kamu akan mendapatkan informasi yang akurat dan juga bisa melihat barang emasnya sekaligus.

Jika toko emas pilihanmu memiliki website dan media sosial, tidak ada salahnya untuk check harga disitu. Toko emas yang bisa kamu pilih adalah V&Co Jewellery menjadi market leader yang aman dan terpercaya, mempunyai situ website yang terkini dan media sosial untuk membantu kamu dalam melihat perhiasan yang kamu inginkan.

Tabel di bawah ini menunjukkan perkiraan harga perhiasan emas per 1 gram sesuai dengan harga pasar per 17 July 2021. Harga ini adalah acuan untuk harga buyback dan harga jual perhiasan di toko emas.

Kadar (%)Kadar (Karat)Harga Emas Perhiasan Per Gram (Rupiah)
3759 Karat267.511 – 417.986
42010 Karat284.231 – 459.785
70016,8 Karat493.224 – 685.498
75018 Karat526.663 – 752.376

Store V&Co Jewellery menyediakan berbagai macam perhiasan dan ada juga emas batangan Antam asli. Emas Antam disarankan untuk kamu yang ingin membeli emas sebagai investasi karena harganya lebih stabil dan produknya pun tidak mengalami erosi akibat pemakaian.

Dapatkan informasi tentang harga emas cincin hari ini dan emas lainnya di V&Co Jewellery untuk informasi lebih lengkap.


Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *