Berapa Harga Cincin Tunangan Emas Asli Sekarang

Berapa Harga Cincin Tunangan Emas Asli Sekarang?

Cincin tunangan emas tentunya dapat digunakan oleh pria dan wanita. Sebagian pasangan merasa, menggunakan cincin tunangan adalah tanda bahwa keduanya sudah terikat satu sama lain untuk menuju pernikahan. Namun, sudah tahukah kamu berapa harga cincin tunangan emas asli sekarang? yuk simak ulasan di bawah ini.

Jika kamu dan pasangan telah menjalani masa pacaran yang cukup lama dan melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, tunangan adalah langkah yang selanjutnya kamu persiapkan. Apa saja yang perlu dipersiapkan? Tentu saja komitmen kamu dan pasangan.

Dan satu hal yang tidak boleh terlewat yaitu cincin tunangan emas asli sebagai pertanda bahwa kamu dan pasangan telah memiliki komitmen. Cincin tunangan yang terbuat dari emas menjadi salah satu pilihan yang utama. Alasannya, emas merupakan logam mulia yang paling tinggi nilainya dibandingkan dengan logam lainnya.

Selain itu, emas memiliki sifat yang kuat dan tahan lama. Tentu, memilih cincin tunangan emas sendiri tidak bisa sembarangan. Kira-kira, hal-hal apa saja yang perlu diketahui saat memilih cincin tunangan dari emas?

Tips Dalam Memilih Cincin Tunangan Emas

Berapa Harga Cincin Emas 2 Gram

1. Harga

Harga cincin tunangan cukup terjangkau bagi pasangan yang sudah memiliki budget, emas adalah satu-satunya yang memiliki harga cenderung meningkat. Emas juga memiliki ketahanan yang lebih lama, kuat dan anti korosi. Memiliki cincin emas juga bisa dijadikan sebagai bentuk investasi jangka panjang untuk kamu.

Dengan harga emas yang cenderung selalu meningkat dan pasaran harga emas yang tidak pernah turun. Walaupun begitu, tentu saja kita semua berharap cincin tunangan yang terbuat dari emas tidak akan pernah dijual.

2. Kadar Emas yang di Miliki Cincin

Masih banyak pasangan yang belum memahami kadar emas dengan baik untuk digunakan dalam pembuatan cincin. Kadar emas sangat mempengaruhi harga dan cincin tunangan emas yang akan kamu beli, dears.

Semakin tinggi kadar emas yang digunakan maka akan semakin murni kandungan emas dan akan semakin mahal dalam sebuah perhiasan. Lalu, semakin rendah karat yang dimiliki oleh emas, maka kandungan emas juga akan berkurang.

Misal, jika kamu memiliki emas seberat 5 gram dengan kadar emas 22K, berarti cara menghitungnya adalah jumlah gram dikalikan jumlah karat/24K, sama dengan 5*(22/24). Jadi, kadar emas yang kamu miliki adalah 4.58 gram, dan sisanya merupakan campuran logam lain yang membuat kadar emas menjadi 22 karat. Kira-kira, seperti itulah cara menghitung kadar emas dalam sebuah perhiasan.

3. Memilih Material yang Tepat

Untuk menyesuaikan budget yang kamu dan pasangan miliki, kamu bisa memilih material cincin pertunangan yang ramah di kantong, kamu bisa memilih palladium atau emas kuning. Karena cincin akan dipakai dalam jangka waktu yang lama, kamu harus lebih mempertimbangan material terbaik sehingga kecil kemungkinan cincin rusak.

4. Toko Perhiasan

Tidak ada salahnya membeli cincin tunangan saat toko emas memberikan potongan harga. Biasanya toko emas menawarkan promo spesial menjelang akhir tahun dan hari-hari tertentu. Kamu wajib mencobanya untuk mendapatkan harga yang terjangkau karena adanya potongan yang besar.

Sebelum membeli cincin, kamu juga harus tahu toko perhiasan mana yang akan kamu tuju. Kamu bisa mencari informasinya melalui internet mengenai toko emas yang memiliki reputasi baik. Pastikan kamu tidak salah memilih toko perhiasan, karena tentunya ada banyak juga toko perhiasan yang memiliki reputasi buruk.

Dan saat mencari informasi mengenai toko perhiasan untuk membeli cincin tunangan, sebaiknya cari tahu juga apakah toko perhiasan tersebut menjual cincin emas mereka pada kisaran harga pasar yang berlaku pada saat itu atau tidak, jika toko yang kamu pilih menjual cincin emas di atas harga pasar lebih baik kamu jangan memilihnya.

Berapa Gram Emas untuk Cincin Tunangan

Sebenarnya tidak ada aturan harus berapa gram-nya dalam pemilihan cincin tunangan. Jika memiliki budget terbatas kamu bisa memilih cincin tunangan emas asli 1 gram atau jika kamu memiliki budget yang berlebih tidak masalah membeli cincin dengan berat 5 gram bisa sebagai investasi jangka panjang. Umumnya, cincin tunangan berkisar antara 2-3 gram.

Harga di Pasaran

Sebelum membeli cincin tunangan, sebaiknya kamu membandingkan harga di beberapa toko emas online dan offline. Berikut ini tabel berisi kisaran harga cincin tunangan emas asli :

MaterialKeteranganHarga
Emas putih dan berlian1,4gr, 18K, berlian 0,10 karatRp 5.250.000
Emas putih dan berlian3gr, 18K, berlian 0,02 karatRp 8.350.000
Emas kuning dan berlian1,7gr, 18K, berlian 0,10 karatRp 5.700.000
Emas putih dan Swarovski2,9 gr, 18KRp 2.700.000
Emas kuning dan Swarovski3,4gr, 18KRp 2.400.000
PalladiumPalladium, batu zirconia putihRp 1.500.000
Platinum4gr, Swarovski, platinum 25%Rp 3.500.000
Platidium4gr, Swarovski, Platidium 87,5%Rp 5.600.000
Silver5gr, silver 925, batu zirconia putihRp 450.000
Silver5gr, silver 925, SwarovskiRp 375.000

Mencari informasi sebelum membeli emas tentunya akan membantu kamu dalam menentukan cincin tunangan emas asli yang terbaik, tahan lama, dan sesuai keinginan. Pelajari terlebih dahulu dan selamat berbelanja, dears.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *