Ini Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Emas Tunangan

Ini Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Emas Tunangan

Saat memutuskan untuk tunangan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satu yang cukup memainkan peran penting adalah cincin tunangan. Jika kamu dan pasangan ingin memesan cincin, ketahui sederet faktor yang memberikan pengaruh terhadap harga cincin emas tunangan.

1. Bahan Cincin

Hal pertama menentukan harga cincin emas tunangan tentu dari bahannya. Kamu harus mengenal terlebih dahulu emas yang akan menjadi bahan cincin. Pastinya kamu penasaran mengapa emas begitu banyak dipakai sebagai bahan perhiasan. Emas sendiri merupakan sebuah logam transisi yang lembek, mengkilap, kuning, berat, malleable, dan ductile. Emas (Au: Aurum) tidak bereaksi pada zat kimia lain, namun dapat terganggu dengan klorin, fluorin, dan aqua regia.

Logam emas dapat melebur menjadi cair pada suhu sekira 1000 derajat Celsius. Adapun kekerasannya berkisar antara 2,5 sampai 3 Mohs. Sementara berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya.  Maka dari itu, emas tidak akan menjadi cincin jika kandungannya hanya emas. Melainkan perlu campuran logam lain seperti palladium, rhodium, atau lain-lain.

Emas sendiri terbentuk dari proses magmatisme, atau bisa dikatakan konsentrasi di permukaan bumi. Sementara generasi emas ada dua kategori, yaitu endapan primer dan endapan plaser. Selama perjalanannya, emas biasa biasa digunakan sebagai bahan pembuatan uang di banyak negara.

Selain itu, emas juga kerap diubah menjadi perhiasan, seperti cincin kawin emas. Tidak hanya itu, emas juga kerap dipakai untuk memperkuat unsur-unsur yang dibutuhkan kabel elektronik. Emas begitu berharga karena pengaruhnya yang cukup besar untuk kehidupan manusia.

Tidak hanya karena keindahannya, tapi juga kegunaannya yang sudah terlanjur untuk alat transaksi sejak dulu. Berdasarkan sejarah, banyak negara yang rela menjelajah bumi untuk mencari emas. Bahkan banyak dari mereka yang rela bertumpah darah demi sebuah emas. Sejak dulu, kedudukan emas begitu tinggi bahkan sampai sekarang. Namun, jika dinilai dari langkanya, emas masih kalah mahal dibanding platina.

2. Kandungan Emas dalam Cincin

Ini Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Emas Tunangan
Foto: Pixy

Berikutnya adalah pertanyaan mendasar dari calon pengantin. Sebenarnya berapa kadar emas untuk cincin tunangan. Tentu saja kadar emas ini sangat berpengaruh terhadap harga cincin emas tunangan. Biasanya kadar emas yang dipakai dimulai dari 18 karat, 22 karat, 23 karat sampai 24 karat. Pemilihan karat tersebut pastinya dilihat dari budget.

Semakin tinggi atau semakin banyak kandungan emasnya pasti semakin mahal harganya. Namun, kamu dan pasangan bisa melihat pertimbangan lain dari menentukan berapa kadar emas untuk cincin kawin. Misalnya emas 24 karat yang pada dasarnya bukan pilihan tepat untuk cincin kawin yang dipakai sehari-hari.

Emas 24 karat merupakan emas murni yang lebih banyak dipakai orang untuk berinvestasi. Bentuk investasi emas ini juga bukan dalam bentuk perhiasan melainkan emas batangan. Banyak orang yang memilih emas 24 karat tapi bukan dalam bentuk perhiasan.

Seperti yang sudah diinformasikan bahwa fisik emas murni sebenarnya lunak. Maka ketika campuran emas yang lunak sangat banyak bisa jadi perhiasan tidak akan tahan lama. Apalagi cincin kawin yang akan dipakai terus menerus. Tentu menjadi sayang ketika cincin tersebut tidak awet dan tidak tahan lama.

Sifat emas murni juga mudah tergores. Maka pemakaian sehari-hari memang sebenarnya jangan memakai emas yang terlalu murni. Perhiasan emas yang berkualitas bagus ada di kadar 75% sampai 90% alias 18 sampai 22 karat. Meskipun emas murni bernilai tinggi tetapi bukan berarti cocok dijadikan perhiasan.

3. Model Cincin

100+ Free Gold Ring & Ring Illustrations - Pixabay
Foto: Pixabay

Kamu tak boleh melupakan model yang turut berpengaruh terhadap harga cincin emas tunangan pilihanmu. Semakin rumit desain tentu akan semakin mahal pula harga cincin emas tersebut. Ada beberapa referensi model cincin tunangan yang bisa kamu dan pasangan coba.

Pertama adalah model inisial. Cincin tunangan yang satu ini sangat simple. Inisial pasanganmu akan menjadi model cincin tunangan, sedangkan inisial calon pengantin akan menjadi model cincin untuk pasangan. Sesuai dengan konsepnya yang sederhana, pasangan yang memilih cincin tunangan ini biasanya merupakan dua insan yang simple dan tidak rumit.

Kamu juga bisa mencoba model ukiran nama. Meskipun mirip dengan cincin tunangan inisial, model cincin yang satu ini dapat dikatakan lebih rumit. Mengapa demikian? Sebab, cincin ini mencantumkan nama dari pasangan. Mereka yang memilih cincin tunangan model ini merupakan pasangan yang cukup kreatif. Mereka cenderung suka melakukan eksperimen terhadap hal umum yang biasa mereka temui, salah satu contohnya adalah cincin tunangan ini.

Cincin tunangan dengan bentuk hati juga menjadi salah satu model yang kerap kita temui. Memang terkesan sederhana, tetapi model cincin tunangan yang satu ini tetap memiliki makna di dalamnya. Kepribadian dari pasangan dengan model cincin hati adalah pribadi yang setia. Hal ini digambarkan melalui simbol cincin yang akan melekat pada jari mereka.

Cincin tunangan dengan model unik lainnya adalah cincin kalender. Plat cincin ini lebih tebal dibandingan cincin tunangan lainnya karena memiliki beberapa lapisan. Lapisan-lapisan tersebut menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun dari prosesi pertunangan kalian.

Pasangan yang memilih model cincin tunangan ini cenderung menghargai setiap momen yang ada. Mereka tidak ingin melupakan dan melepaskan segala momen dalam kehidupan dengan begitu saja.

4. Karat Emas

Stacks of gold coins free image download
Foto: quoteinspector

Apakah karat dalam emas bisa menimbang bisa menentukan harga cincin emas tunangan? Tentu saja! Karat emas sendiri memang dilakukan guna menentukan tingkat kemurnian dari sebuah cincin emas. Darimanakah kemurnian emas tersebut bisa diukur? Pengukurannya bisa didasari oleh presentasi emas murni di dalam sebuah logam.

Sifat emas yang lembek ternyata membuat kemurnian dari sebuah emas bisa dinilai. Justru semakin lunak emas maka semakin tinggi kemurnian dari emas tersebut. Nah, dari sinilah karat dalam emas bisa diukur dan didapatkan. Meski demikian, kandungan dan karat dalam emas sendiri belum ada patokan umumnya.

Artinya setiap toko emas mungkin memiliki perbedaan penafsiran mengenai karat emas ini. Misalnya emas 22 karat berarti sekitar 80% kandungan emasnya. Namun saat dites di toko lain kandungan emas 22 karat tersebut hanya memiliki kadar emas 75%. Namun kamu tak perlu khawatir karena pada dasarnya kandungan emas dalam rupa karat memiliki hitungan tersendiri.

Bagaimana penghitungannya yang baik dan menar? Kadar 24 karat dalam emas dihitung sebagai emas murni. Artinya ketika ada cincin kawin dengan kadar 23 karat berarti rumus menghitung kemurniannya adalah sebagai berikut 23/24 x 100%. Bila dihitung kandungannya sekitar 95,8%.

Ini bila kita menghitung berupa prosentase. Kamu juga bisa menghitung kadar emas dalam sebuah perhiasan atau cincin kawin dengan menggunakan satuan berat. Misalnya ada emas 22 karat dengan berat 15 gram. Maka, kandungan emasnya 22/24 x 15 gram = 13,75 gram. Artinya kandungan emas di dalam cincin tersebut sekitar 13,75 gram.

Itulah sedikit ulasan mengenai faktor apa saja yang menentukan harga cincin emas tunangan. Dengan mengetahui hal-hal berikut, kamu jadi bisa paham bagaimana mendapatkan cincin tunangan dengan harga yang sesuai budget-mu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *